Modifikasi Audio Honda HR-V yang Mantab

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Modifikasi Audio Honda HR-V yang Mantab

Tommy Chandra sudah sering mendengar audio mobil dengan kualitas prima. Istilahnya telinganya sudah terasah dengan suara ciamik. Memori tentang suara bagus ini membuatnya bertekad melahirkan sistem audio yang berkualitas di mobilnya. “Ketika punya HR-V baru, langsung saya bawa ke Dynamics Autosound karena referensi teman,” bilang Tommy. Suryadi, instalatur audio Dynamics langsung merekomendasikan untuk pasang speaker 3 way Crescendo Opus 1 Anniversary Edition. Speaker 3 way Crescendo Anniversary Edition dipilih lantaran kualitasnya prima. “Jadi Crescendo khusus buat speaker ini dalam rangka ulang tahun Dynamics Autosound ke-15, dibuat cuma 30 set. Dengan harga RP 4,5 juta sangat sepandan. Suaranya detail, keluar. Midbass empuk,” ungkap Suryadi.

Baca Juga  Penyebab Motor Terasa Limbung

Dengan speaker 3 way ini suara yang dihasilkan bakal lebih harmonis untuk semua tingkat frekuensi. Untuk melakukan tuning di HR-V tak begitu mudah. “Karena dasbor kanan dan kiri tak sejajar, yang kiri lebih dalam dan kanan lengkungan,” bilang Suryadi. Untuk itu pemasanganya speakernya, tweeter dan midrange mesti berada di atas lengkungan dikit. “Tak terlalu atas banget, kalau ke atas nanti terlalu dekat telinga,” kata Suryadi. Yang menarik juga, untuk dudukan speaker midbass di pintu punya ruang yang cukup besar. Hal ini membuat penempatan speaker Crescendo tak ada kendala untuk pembuatan boksnya. Buat tuning speakernya, mengandalkan x-over aktif di head unit Pioneer AVH 4550 DVD. “Cutting speaker 63 Hz midbass ke sub. Tweeter dan midrange sudah dipotong dari x-over pasif standarnya,” kata Suryadi. Biar suara speaker 3 way bisa kerja optimal, Suryadi gunakan power amplifier Crescendo Sonata Four 4×100 watt. “Untuk 3 channel untuk speaker 3 way Crescendo di depan, 1 kanal untuk speaker Focal coaxial,” tukas Suryadi

Baca Juga  Begini Sejarah Awal Munculnya Mobil Toyota Kijang

JELAS DAN EMPUK

Selain andil speaker 3 way, peranan dari subwoofer sebagai penghasil nada rendah juga tak kalah penting. Ketika saya dengar, suara bass-nya terdengar datang dari arah depan. Jelas dan empuk saat instrumen dimainkan. Untuk dapat bass yang mantap itu, Suryadi membuatkan boks sealed 28 liter memakai kayu MDF 18 mm. “Ukuran boks 28 liter rekomendasi dari pabrikan,” kata Suryadi. Biar suaranya bisa bersinergi dengan midbass, cutting frekuensi subwooofer 63 Hz.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.