Laptop ASUS 6 Jutaan untuk Gaming, ASUS VivoBook X505ZA-BR301T

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Laptop ASUS 6 Jutaan untuk Gaming –¬†Meski untuk kebutuhan komputasi ringan, tetapi Ryzen 3 2200U juga masih cukup nyaman digunakan untuk menjalankan gim-gim Esport seperti Dota 2 atau CS:GO.ASUS MeMiliKi banyak varian notebook yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Salah satunya melalui seri VivoBook X505ZA yang diuji kali ini. Seri tersebut hadir dalam beberapa varian yang dibedakan oleh penggunaan prosesor dan memori utamanya. Berbasis AMD Ryzen Mobile, seri yang kami uji ini, X505ZA-BR301T, memiliki spesifkasi paling rendah dibanding seri X505ZA lainnya. VivoBook X505ZA-BR301T dipersenjatai dengan Ryzen 3 2200U. Prosesor, tepatnya APU (Accelerated Processing Unit), ini sendiri merupakan seri Ryzen Mobile paling rendah yang ditujukan untuk kebutuhan komputasi ringan. Ryzen 3 2200U memiliki 2 core dengan 4 thread yang berjalan pada base clock 2,5 GHz dan memiliki boost clock alias turbo sampai 3,4 GHz.

Baca Juga  Game Horror Seram Terbaik di iPhone IOS

Baca Juga : Laptop Kerja 6 Jutaan

Sebagai APU, Ryzen 3 2200U sudah dilengkapi dengan pengolah grafs Radeon Vega 3 Graphics. Sesuai peruntukannya, notebook ASUS ini memiliki memori utama dan media simpan yang terbilang biasa. VivoBook X505ZA-BR301T memiliki memori utama berkapasitas 4 GB dan media simpan berupa HDD berkapasitas 1 TB. Menariknya, komponen VivoBook X505ZA-BR301T masih bisa ditingkatkan pada bagian memori utama dan media simpan. Tersedia pula dukungan M.2. Hal ini tentu berguna untuk Anda yang ingin memaksimalkan kemampuannya menjalankan aplikasi yang lebih berat atau kompleks. Untuk memori utama masih tersedia satu slot kosong, sedangkan untuk media simpan 2,5 inci bisa diganti dengan kapasitas lebih besar. Sementara, satu slot M.2 tersedia bagi Anda yang ingin menambah SSD yang menawarkan kinerja lebih cepat dari HDD. Notebook ini memiliki dimensi cukup besar karena menggunakan layar berukuran 15,6 inci. Meski besar, bobotnya relatif tidak berat dengan hanya 1,6 kg beserta baterai.

Baca Juga  Harga Bekas iPad Pro Tablet Terbaik untuk Pebisnis

VivoBook X505ZA-BR301T menggunakan desain minimalis, tetapi kover dan area palm rest menggunakan motif garis-garis kesat. Ini sedikitbanyak membuat tampilannya lebih elegan dibanding desain minimalis polos. Sebagai notebook entry-level, layarnya menggunakan panel TN (Twisted Nematic) dengan tampilan yang nyaman saat dipandang dari depan. Seperti panel TN lainnya, tampilan warna dan gambar akan memudar saat dilihat dari samping, atas, atau bawah. Namun, keunggulan panel ini adalah harganya yang lebih terjangkau dan paling tepat untuk bermain game FPS (frst person shooter) yang membutuhkan gerakan serba cepat. Meski tidak dirancang untuk memainkan gim-gim berat, VivoBook X505ZA-BR301T masih bisa digunakan untuk memainkan gim-gim ringan, misalnya Esport maupun gim daring tertentu seperti Dota 2 ataupun CS:GO. Kami coba menjalankan dua gim tersebut pada pengaturan grafs paling rendah, dan hasilnya, keduanya cukup nyaman dimainkan. Berdasarkan pengujian kami, skornya mencapai sekitar 70-an fps berdasarkan aplikasi Fraps.

Baca Juga  Xiaomi Redmi 2 4G, Pilihan Smartphone 4G Harga 1 jutaan

Untuk urusan suhu, notebook ini cukup adem. Tidak heran karena prosesornya menggunakan seri U yang hemat daya dan otomatis memiliki suhu lebih rendah. Kami coba melakukan stress test menggunakan AIDA64 untuk melihat suhu yang dihasilkan. Suhu berada di kisaran 80-an derajat Celsius dan tidak terjadi pelambatan. Sementara, untuk daya tahan baterai, Anda masih bisa bekerja dengannya selama kurang lebih 3 jam 38 menit. Jika digunakan untuk menonton flm defnisi tinggi, baterainya mampu bertahan sekitar 2 jam 59 menit

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.