Review Spesifikasi Harga Notebook Bisnis 13 inch Terbaik, Notebook Dell XPS 13 9380

  • Whatsapp

Review Spesifikasi Harga Notebook Bisnis 13 inch Terbaik, Notebook Dell XPS 13 9380

KURang lebih setahun yang lalu, Dell meluncurkan notebook tipis melalui seri XPS 13 9370. Unggulkan desain keren yang sempat mendapatkan penghargaan pada ajang CES, Dell kembali memperbarui seri tersebut yang diberi nama XPS 13 9380. Sedikit perbedaan nama pada Dell XPS 13 tahun 2019 ini menegaskan bahwa perubahan yang ada minor alias tidak banyak. Seri terbaru ini masih menggunakan desain serta material yang sama. Kovernya menggunakan magnesium alloy dan bagian dalam dilapisi dengan fberglass atau serat kaca. Kombinasi keduanya membuat fsiknya lebih kuat serta tahan goresan. Dengan balutan warna putih yang disebut Dell dengan Frost White, tampilan kerennya makin terlihat premium. Meski menggunakan warna putih—dan berhubung menggunakan bahan bermotif—notebook tersebut tidak mudah kotor. Ketebalan yang dimilikinya adalah 1,16 cm dengan bobot sekitar 1,2 kg Notebook yang kami uji kali ini dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7-8565U berbasis quad core dengan HyperThreading.

Baca Juga  Harga Fujifilm FinePix S4800, Kamera SLR Fitur 30X Zoom

Untuk menopang kinerja, dipasangkan memori utama kanal ganda LPDDR3 dengan kapasitas total 16 GB yang sudah tersolder pada mainboard. Media simpannya juga sudah tidak menggunakan HDD dan hanya menyertakan sebuah SSD NVMe yang memiliki konektivitas PCI Express 3.0 x4 yang lebih kencang. Mungkin dengan alasan mengejar dimensi yang tipis, kecuali audio dan card reader, Dell XPS 13 9380 hanya menyertakan porta USB Type-C. Anda tidak akan menjumpai porta seperti HDMI, LAN, atau USB Standard-A. Untungnya, dari 3 porta yang ada, 2 di antaranya sudah mendukung koneksi modern seperti Thunderbolt 3 dan satunya lagi mendukung DisplayPort. Untuk yang butuh porta USB Standard-A, pada paket sudah disertakan satu adaptor Type-C ke Standard-A. Yang menarik, notebook ini juga menyertakan sensor sidik jari yang ditempatkan pada tombol power untuk keamanan tambahan. Meski bentuknya mungil, layar yang digunakan tidak main-main. Dengan ukuran 13,3 inci, resolusi yang dimanfaatkan adalah 3.840 x 2.160 piksel yang populer disebut 4K. Tidak hanya sampai di situ, layarnya pun merupakan layar sentuh yang membuatnya makin menarik.

Baca Juga  Harga Samsung NX20, Kamera Prosumer dengan Viewfinder Harga Murah

Meski memiliki bezel tipis, Dell berhasil menyematkan kamera web ke posisi ideal. Itu menjadi poin penting karena pada generasi sebelumnya, Dell menempatkan kamera web di posisi yang cukup aneh yaitu di sisi bawah layar. Kami coba melakukan stress test menggunakan AIDA64 sambil memantau clock prosesor menggunakan CPU-Z. Dengan base clock 1,8 GHz, prosesor bekerja cukup kencang pada awal di kisaran 3,3 GHz. Selang dua menit, suhu terlihat tinggi yang mencapai 90-an derajat. Namun tidak lama, clock prosesor turun dan stabil di angka 2,7 GHz. Di sini suhu terpantau pula lebih adem dan stabil pada 70-80 derajat. Jadi, ketika suhu sudah cukup panas, otomatis clock-nya diturunkan untuk meredam panas berlebih. Namun, penurunan clock tidak drastis dan masih jauh di atas base clock-nya sehingga kinerjanya tetap optimal. Bermodal prosesor hemat daya, baterai dengan kapasitas 52 Wh yang digunakan mampu bertahan sampai 5 jam 42 menit. Angka itu kami peroleh menggunakan PCMark dengan skenario Work Accelerated. Kami juga menguji dengan menjalankan video Full HD secara looping dan baterainya mampu bertahan sampai 4 jam. Waktu tersebut secara umum terbilang bagus, meski bukan yang terbaik

Baca Juga  Tahap untuk Membangun Startup

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.