Laptop Terbaik 2019

  • Whatsapp

Laptop Terbaik 2019

MSI Prestige PS42 8RB, Harga 14 Jutaan

MSI MenghaDIRKan notebook dengan tampilan menarik melalui seri Prestige dengan kode PS42 8RB. Membidik pengguna yang aktif, notebook ini dirancang MSI agar mudah dibawa dan digunakan di mana saja. Fisiknya terbilang ramping dan tipis. Bobotnya sendiri hanya sekitar 1,19 kilogram. Tidak hanya itu, desainnya juga terlihat modern yang dibalut dengan warna perak. Namun, penulis kurang menyukai tampilan brushed aluminium yang digunakannya. Fisik yang ringkas ini sedikit banyak berkat desain layar yang memiliki bezel tipis di tiga sisinya. Hal tersebut turut berimbas pada penempatan webcam yang berada di sisi bawah layar. Layarnya menggunakan panel IPS yang memiliki sudut pandang luas dengan ukuran 14 inci dan resolusi Full HD. Sebagai notebook dengan desain tipis, konektivitas yang tersedia cukup beragam. Meski sayangnya, Anda tidak akan menjumpai port Thunderbolt 3 padanya. Kami menyukai papan tuts yang memiliki ukuran tombol besar dengan jarak satu sama lain yang tidak terlalu rapat. Tombolnya ini cukup clicky dan nyaman digunakan. Papan tuts tersebut juga memiliki backlight berwarna putih, dan terdapat tiga tingkat kecerahan yang bisa diatur melalui kombinasi tombol FN serta PGUp dan PGDown.

Karena di bagian atas terdapat lubang udara berukuran besar, otomatis posisi tombol papan tuts agak bergeser ke bawah. Dampaknya, touchpad posisinya jadi lebih mepet dengan papan tuts dan ukurannya jadi lebih kecil. Ini membuat penggunaan jadi sedikit kurang nyaman. Apalagi pada area touchpad masih terdapat sensor sidik jari di sisi kiri atas, sehingga ukurannya jadi lebih terbatas. Notebook ini menyertakan speaker stereo yang diletakkan di bagian bawah pada sisi kiri dan kanan. Kualitasnya sendiri bisa dibilang kurang memuaskan. Pada volume maksimal, keluaran suaranya memang cukup kencang dan masih terdengar pada ruang berukuran sedang. Namun, suaranya terdengar agak cempreng. Hal ini terasa saat mendengar lagu ataupun menonton flm. Untungnya, MSI menyertakan aplikasi Nahimic sehingga Anda masih bisa melakukan pengaturan untuk mendapatkan suara yang lebih baik. MSI Prestige PS42 8RB menggunakan prosesor seri U yang lebih hemat daya, yang juga memiliki suhu lebih “dingin”. Notebook ini menghasilkan suhu yang terbilang standar ketika kami coba melakukan stress test menggunakan AIDA64. Pengujian selama kurang lebih 15 menit, suhunya stabil di kisaran 80 derajat celcius.

Baca Juga  HP SMartphone Oppo RAM 3gb Processor Octacore Terbaik

Meski demikian, MSI sudah mempersiapkan ftur pendingin tambahan agar suhu menjadi lebih rendah yang disebut Cooler Boost. Fitur ini bisa diaktifkan pada aplikasi bawaan bernama Dragon Center yang disertakan. Berdasarkan pengujian, kinerja yang dihasilkan MSI Prestige PS42 8RB terbilang baik Skor uji mendapatkan nilai yang sesuai dengan spesifkasinya (lihat tabel). Yang menyenangkan, ternyata grafs tambahan NVIDIA GeForce MX150, masih mampu menjalankan beberapa game dengan cukup nyaman. Kami mencoba menjalankan game e-sport yang cukup populer yaitu CS: GO dan Dota 2. Untuk CS:GO sendiri pada resolusi natif dengan detail grafk very low, notebook ini berhasil mendapatkan skor rata-rata sekitar 144 fps. Sementara untuk Dota 2 dengan konfgurasi yang sama, hasilnya mencapai 68 fps. Sebagai kartu grafs kelas entry-level, hasil NVIDIA GeForce MX150 sudah cukup baik

Spesifikasi :

  • Prosesor Intel Core i5-8250U (quad core HT 1,6 GHz, turbo 3,4 GHz)
  • RaM 8 GB DDR4-2400 Chipset Terintegrasi pada prosesor kartu Grafs Intel UHD Graphics 620 + NVIDIA GeForce MX150 2 GB GDDR5
  • Media simpan SSD PCI-Express 256 GB
  • Fasilitas Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.2, 2 x USB 3.1 Type-C, 2 x USB 3.1, HDMI, webcam, audio, card reader
  • Layar 14” IPS 1.920 x 1.080 pixel
  • kartu suara/speaker Realtek ALC298/ stereo
  • Sistem operasi Windows 10 Home 64 bit Single Language
  • Baterai LiPo 4-cell 50 Wh
  • Dimensi/bobot 32,2 x 22,2 x 1,59 cm/ 1,19 kg
  • Garansi 2 tahun
  • Situs www.msi.com

Dell XPS 13 9370

Detail & Fitur

Meski layarnya hanya berukuran 13,3 inci, Dell XPS 13 9370 yang kami uji memiliki resolusi 3.840 x 2.160 pixel berbasis layar sentuh SaaT ini tren notebook tipis memang sedang marak. Bidik pengguna yang aktif dan produktif, notebook ini jadi pilihan ideal karena mudah dibawabawa, tetapi tetap bertenaga menjalankan beragam kebutuhan berbasis produktivitas. Ini pula yang dihadirkan Dell XPS 13 melalui seri 9370. Masih mengusung desain khas notebook keluaran Dell yang sederhana, XPS 13 9370 hadir dengan dua pilihan warna, yaitu hitam dengan kombinasi perak, serta rose gold pada cover dengan bagian dalam warna putih. Dan unit yang kami uji memiliki warna yang kedua. Kombinasi warna rose gold dan putih ini terlihat cantik dan sangat pas untuk kaum hawa, meski kaum adam juga sah-sah saja menggunakannya. Sebagai notebook premium, cover-nya menggunakan bahan magnesium alloy yang kuat. Begitu pula pada bagian dalam berwarna putih yang dilapisi dengan fberglass atau serat kaca, yang tahan goresan dan lebih kuat serta tidak mudah kotor. Meski bukan yang tertipis, tetapi Ultrabook ini cukup ringkas dan ringan serta sudah dirancang agar nyaman digunakan. Ketebalan yang dimilikinya 1,16 cm dengan bobot sekitar 1,2 kg.

Baca Juga  Kamera Digital Terbaik Andalan Fotografer Profesional

Demi mengejar desain tipis, tidak terdapat port seperti HDMI, LAN, ataupun USB 2.0/3.0. Dell memilih untuk menyertakan port USB 3.1 Type-C yang memiliki ukuran lebih kecil. Di sisi kanan terdapat selot micro-SD, USB Type-C dengan DisplayPort, dan audio. Sementara di sisi kiri tersedia dua port Thunderbolt 3 yang salah satunya juga bisa berfungsi sebagai port untuk mengisi baterai, serta tombol mungil yang berfungsi sebagai indikator baterai. Untuk pengguna yang masih membutuhkan port USB Standard-A, dalam paket disertakan satu adapter Type-C to Standard-A. Ukurannya yang tidak besar berkat penggunaan bezel layar yang tipis sehingga membuat dimensi notebook 13 inci ini layaknya berukuran 11 inci. Imbasnya, webcam terpaksa ditempatkan di bagian bawah layar, yang bagi sebagian orang kurang nyaman saat berinteraksi saat menggunakan video call atau video conference. Meski kecil, layarnya memiliki resolusi 3.840 x 2.160 pixel yang populer disebut 4K dan berbasis layar sentuh yang sudah terlindungi Gorilla Glass 4. Keunggulan lainnya berupa dukungan sampai sepuluh titik sentuhan serta memiliki viewing angle sampai 178 derajat.

Baca Juga  Laptop Gaming 7 Jutaan Terbaik dari Lenovo

Layar dengan teknologi InfnityEdge ini mampu menampilkan warna yang akurat dengan tingkat sRGB 100% serta kontras yang tinggi. Namun jika Anda tidak terlalu butuh resolusi ini, ada baiknya menurunkannya ke resolusi Full HD. Menurunkan resolusi akan lebih menghemat penggunaan baterai. Unit yang kami uji menggunakan prosesor Intel Core i7-8550U (generasi kedelapan). Untuk memori utamanya sendiri terpasang LPDDR3 8 GB dengan mode dual channel. Sebagai notebook untuk kebutuhan produktivitas, grafsnya mengandalkan grafs terintegrasi yaitu Intel UHD Graphics 620. Media simpannya sudah menggunakan SSD NVMe M.2, meski hanya berkapasitas 256 GB. Spesifkasi yang dimilikinya sudah cukup kencang untuk multitasking atau produktivitas intensif CPU jangka pendek, yang cocok untuk pengguna kantoran. Hanya saja, saat digunakan notebook ini mengalami peningkatan suhu yang membuatnya kurang nyaman jika digunakan dengan memangkunya.

Spesifikasi :

Prosesor Intel Core i7-8550U (quad core HT 1,8 GHz, turbo 4 GHz) raM 8 Gb DDR3-1866 (dual channel) Chipset Terintegrasi pada prosesor kartu Grafs Intel UHD Graphics 620 Media simpan SSD PCI-Express 3.0 x4 256 Gb Fasilitas Wi-Fi 802.11ac (2×2), Miracast, bluetooth, 2 x Thunderbolt 3, USb 3.1 Type-C, webcam, selot micro-SD, audio Layar 13,3” 3.840 x 2.160 pixel, InfnityEdge touch display, sRGb 100% Sistem Operasi Windows 10 Pro 64 bit baterai 52 Wh Dimensi/bobot 30,2 x 19,9 x 0,78~1,16 cm/1,21 kg Garansi 2 tahun (Priority Commit) Situs www.dell.com/id

Hasil Uji

Harga :

24 Jutaan

Kesimpulan :

Dell XPS 13 9370 merupakan notebook mewah, keren, ramping, mudah dibawa, yang memang bukan untuk semua orang. bukan karena dari sisi harga saja, tetapi penggunaan layar sentuh dengan resolusi 4k, memang lebih membidik pengguna dengan kebutuhan lebih khusus.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.