VPN untuk Game: Apakah Benar-Benar Dibutuhkan?

  • Whatsapp

VPN untuk Game: Apakah Benar-Benar Dibutuhkan?

Semua aktivitas yang dilakukan di dunia maya mengandung risiko tersendiri yang melekat dengan alamat IP yang digunakan. Ini adalah sidik jari digital yang mengidentifikasi aktivitas daring maupun apa saja yang dilihat selama menelusuri internet. Misalnya saja, demi alasan hukum, praktis, dan bisnis layanan situs web, streaming, dan gim akan menampilkan konten yang berbeda tergantung negara asal orang yang mengakses layanannya. Untuk itu VPN adalah opsi yang banyak disukai ketika bermain gim di PC.

Jadi jika ada orang yang memilih untuk menggunakan VPN ketika bermain gim daring, tentu saja dia ingin menghindari berbagai batasan dan bahaya yang ada. Batasan yang dimaksud misalnya adanya gim tertentu, terutama MMORPG, yang hanya dapat diakses dari sejumlah negara saja, bonus atau even dalam gim yang disediakan untuk wilayah yang terbatas, atau sekadar ingin pindah ke server di negara lain yang lebih asyik.

Sedangkan bahaya yang mengancam pemain gim daring ketika menggunakan alamat IP aslinya tanpa lapisan pengaman antara lain adalah serangan iklan bertubi-tubi ketika terhubung ke server. Karena informasi dari alamat IP juga dibagikan ke situs web lainnya dan algoritmanya akan menampilkan iklan yang dianggap relevan dengan profil pemain tersebut. Atau ancaman privasi klasik ketika bermain gim online di tempat umum dengan fasilitas Wi-Fi yang tersedia untuk semua orang yang berkunjung.

Baca Juga  Informasi Harga Kamera Air Fujifilm FinePix XP80

Risiko Menggunakan VPN untuk Bermain Gim

Tentu saja ada risiko yang menyertai keamanan perlindungan alamat IP dengan mengunakan VPN online. Di antaranya adalah waktu respons PC dan Internet yang bisa jadi melambat akibat adanya lapisan pelindung antara perangkat pemain dengan server. Jika terjadi lag dalam bermain gim online, tentunya ini sangat memengaruhi pengalaman bermain yang ada dan itu pasti sangat mengganggu.

Untuk itu layanan yang dipilih haruslah sejauh mungkin dari risiko macet dan lambat. Tidak ada satupun pemain gim daring yang menyukainya. Pastikan memilih opsi terbaik yang dapat melindungi lalu lintas data tanpa mengorbankan kecepatan Internet.

Manfaat Menggunakan VPN untuk Bermain Game

Berikut adalah sejumlah manfaat utama menggunakan VPN ketika bermain gim daring:

  1. Bebas bermain di mana saja

Gamer dapat mengakses gim yang disukainya dari mana saja. Meskipun dia sedang bepergian ke Turki, Malaysia, atau Argentina. Tidak akan ada masalah dalam mengecek perkembangan terbaru, membeli rilis terkini, ataupun mengunduh pembaruan. Pastikan menggunakan layanan yang waktu pingnya paling rendah sesuai kondisi ISP setempat.

  1. Konten eksklusif tanpa batasan negara

Ada even gim yang hanya tersedia di beberapa negara saja? Atau bonus keren yang tidak dapat diklaim dari lokasi setempat? Server yang dapat diakses dipenuhi oleh pemain yang tidak asyik? Kini hal-hal semacam itu tidak perlu dikhawatirkan lagi. Layanan VPN membuka pintu gerbang ke dunia baru dalam hal pengalaman bermain gim. Ikuti even apa saja yang diluncurkan oleh pengembang gim. Dapatkan DLC, skin karakter baru, atau konten-konten pre-order. Pilih saja server paling keren di negara yang disukai, dan nikmati semua manfaat spesial yang tersedia.

  1. Keamanan lalu-lintas data
Baca Juga  Kamera ProSumer Superzoom Terbaik Termurah Harga 2 3 Jutaan

Lalu lintas data dari perangkat PC atau laptop ke server gim kini berada dalam proteksi keamanan yang meyakinkan. Siapa yang pernah menyangka kalau ada tetangga usil yang meretas jaringan Wi-Fi rumahan? Apalagi Wi-Fi i tempat umum, siapa saja harus berhati-hati dengannya. Dengan menggunakan layanan VPN yang tepat, bermain online di kafe, kamar hotel, atau bandara tidak lagi perlu diliputi kekhawatiran akan privasi dan peretasan.

  1. Menembus akses Wi-Fi yang dibatasi

Seringkali admin jaringan di sekolah atau kampus membatasi akses internet sehingga tidak dapat digunakan untuk membuka situs atau layanan tertentu, terutama gim online. Selama digunakan secara bertanggung jawab, tidak ada batasan yang tidak dapat dilewati oleh layanan VPN. Bermain gim dengan teman sekelas dapat dilakukan dengan bebas kapan saja.

  1. Menghindari serangan tidak bertanggung jawab

Mungkin ini jarang terdengar atau tidak terlalu sering terjadi. Namun ada saja pemain lawan yang terprovokasi atau tidak terima lalu menemukan alamat IP dan melacaknya hingga ke dunia nyata. Perilaku ini kelihatannya aneh dan hanya dilakukan oleh orang-orang kurang kerjaan. Namun akan jauh lebih nyaman dan menenangkan pikiran jika alamat IP terlihat seakan jauh dari kedalaman hutan Amazon dibandingkan alamat yang sebenarnya.

  1. Aman dari Spam dan Iklan yang Mengganggu
Baca Juga  Cara Blokir Nomor Telepon Tak Dikenal di Android Ios

Server di negara tertentu seringkali terkait dengan situs web lainnya yang menyediakan gim atau layanan lainnya yang berhubungan. Mengakses gim melalui server ini berarti mengundang tampilan iklan yang mengganggu keasyikan bermain. VPN yang andal akan melindungi dengan memblokir iklan atau memungkinkan pemain menggunakan server di lokasi yang lebih baik.

Kesimpulan

Secara umum menggunakan VPN untuk menyembunyikan alamat IP yang asli ketika bermain gim memberi banyak manfaat. Ada tiga cara untuk menggunakan VPN di PC atau laptop, yakni melalui halaman konfigurasi jaringan Windows, mengunduh perangkat lunak dari situs terpercaya untuk kemudian dipasang dan diaktifkan di PC, atau menggunakan software internal yang sudah ada di router. Cara kedua adalah yang paling umum dan hampir semua perangkat PC dapat menggunakannya.

Tentu saja tidak ada garansi pasti dan anti kesalahan yang sepenuhnya menjamin kerahasiaan dan keamanan ketika bermain gim. Menggunakan layanan gratis tidak direkomendasikan karena penyedia layanan VPN tersebut tentu butuh dana untuk melanjutkan pekerjaannya dan informasi pengguna mungkin saja dibagikan pada mereka yang berkepentingan atau negara asal penyedia. Selalu gunakan layanan VPN dari penyedia yang memberikan koneksi yang stabil, siap untuk gim online, dan lalu lintas data yang cepat sambil melakukan fungsi utamanya.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.