12 Ciri2 Hp Kena Virus

 News



[Total: 0    Average: 0/5]

Ciri2 Hp Kena Virus

Ponsel teranyar telah memiliki berbagai kemampuan yang menyaingi sebuah komputer desktop atau pun laptop. Dengannya, Anda hampir bisa melakukan semua aktivitas yang dulunya dilakukan oleh dua perangkat tersebut. Sayangnya, hal ini juga terjadi pada ancaman pada sistem yang digunakan. Jika komputer dan laptop rentan terhadap serangan virus, spyware, dan sejenisnya, begitu pula dengan ponsel. Oleh karena itu, pengamanan pada ponsel Android harus dilakukan sebelum Anda terkena ancaman tersebut. Bisa jadi ancaman tersebut sebenarnya telah terjadi pada ponsel Anda. Bagaimana mengetahuinya, berikut beberapa gejala yang mesti Anda waspadai.

12 Ciri Hp Kena Android / IOS / iPhone / iPad mu Kena Virus

 

  • Perhatikan perilaku aneh

Ponsel Salah satu hal paling umum dalam mendeteksi spyware adalah dengan memeriksa perilaku aneh ponsel Anda. Jika ada spyware atau aplikasi pengintai yang terpasang di ponsel, ada kemungkinan ponsel Anda akan menunjukkan hal aneh. Contohnya, lampu led yang menyala padahal tidak ada notifkasi, restart secara otomatis, atau menimbulkan bunyi tertentu meski notifkasi tidak ada.

  • Baterai lebih boros dari biasanya

Yang dimaksud di sini adalah baterai yang cepat habis padahal Anda tidak melakukan aktivitas yang memungkinkan hal tersebut. Bagi pengguna ponsel, biasanya sudah hafal dengan kemampuan baterai ponselnya. Nah, jika baterai lebih cepat habis dibanding biasanya, waspadalah, bisa jadi hal ini karena ada aplikasi pengintai atau spyware yang tersembunyi dan sedang bekerja tanpa Anda ketahui.

Baca Juga  HP Samsung dengan Kamera Setara DSLR

Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root dan Dengan Root



  • Suara aneh saat menelepon

Perhatikan pula suara bising yang terjadi saat melakukan telepon. Jika mendengar bunyi bip atau suara aneh lainnya, bisa jadi aktivitas Anda sedang dipantau atau sedang direkam. Aplikasi perekam suara telepon biasanya suka menimbulkan suara-suara aneh tersebut. Gejala lain yang terjadi bisa berupa perubahan kualitas suara secara tiba-tiba saat melakukan telepon.

  • Sering restart dan shut down

Spyware atau aplikasi pengintai juga bisa menyebabkan sering ponsel melakukan restart atau mati tanpa sebab. Jika Anda yakin sebelumnya ponsel sedang tidak bermasalah, bisa jadi hal tersebut karena telah ‘terganggu’ oleh serangan spyware dan sejenisnya. Bisa jadi pula aplikasi pihak ketiga yang bermasalah lainnya telah terpasang di Android Anda. Jika yakin dengan aplikasi bermasalah tersebut, segera hapus sebelum hal mengganggu lainnya terjadi pada ponsel. Jika gejala masih terjadi, hal terakhir yang mesti dilakukan adalah lakukan reset. Jangan lupa untuk menyelamatkan terlebih dahulu data penting yang ada.

  • Suara asing saat ponsel tidak digunakan

Perhatikan jika Anda mendengar suara aneh saat ponsel sedang tidak digunakan atau dalam kondisi idle. Jika ini terjadi bisa jadi ponsel Anda sedang diintai melalui aplikasi spyware atau lainya.

  • Penggunaan data yang tinggi

Aplikasi spyware sering menggunakan banyak data untuk mengirim informasi ke server mereka. Hal ini menyebabkan penggunaan data yang meningkat tanpa disadari. Pastikan Anda memantau penggunaan data secara berkala guna mencari tahu apakah ada penggunaan tersebut yang tidak wajar.

  • Terdapat delay saat shut down

Pernahkan proses shut down ponsel Anda memakan waktu cukup lama dibanding biasanya. Jika Anda lakukan hal ini berulang kali dan hasilnya sama, bisa jadi ini salah satu gejala ponsel sudah terintai spyware.

  • Perhatikan aplikasi aneh

Buka app drawer dan perhatikan apakah ada aplikasi baru yang terpasang padahal Anda tidak pernah memasangnya. Jika iya berhati-hatilah menjalankannya karena bisa jadi aplikasi ini telah disertai spyware yang akan menyerang dan mengintai ponsel secara tersembunyi. Jika dari app drawer tidak terlihat aplikasi aneh, coba Anda periksa melalui Application Manager yang terdapat pada pilihan Settings.

  • Panas saat kondisi idle

Jika ponsel Anda terasa panas yang tidak wajar padahal dalam kondisi idle atau tidak terpakai, bisa jadi aplikasi pengintai atau spyware sedang bekerja tanpa Anda ketahui.

  • Ponsel menjadi lambat

Kombinasi antara hardware dan software (Android) saat ini telah dirancang agar mampu berjalan lancar. Jika tiba-tiba ponsel mengalami lag atau kinerjanya melambat padahal sebelumnya tidak demikian, bisa jadi ponsel telah terpasang spyware atau terintai melalui aplikasi berbahaya lainnya.

  • File atau folder asing

Jika Anda memasang File Manager, perhatikan fle atau folder yang ada. Pantau keberadaan fle atau folder mencurigakan yang ada secara tiba-tiba. Jika menemukannya, bisa jadi ponsel Anda telah terpasang pengintai atau spyware.

  • SMS atau pesan aneh

Meski jarang terjadi namun dilaporkan bahwa beberapa spyware juga mengirim pesan melalui SMS yang di dalamnya terdapat kode atau simbol-simbol aneh. Jika Anda menemukan hal ini, segera lakukan pembersihan dan perlindungan untuk pencegahan selanjutnya.

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.