Apa Itu Javascript?

  • Whatsapp

Apa Itu Javascript?

Berbicara soal website, pasti tak jauh dari bahasa pemrograman yang digunakan. Sampai sekarang ini, terdapat banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat suatu website. Salah satunya adalah Javascript. Dalam dua puluh tahun terakhir, Javascript menjadi bahasa pemrograman yang paling sering digunakan. Tentu karena kelebihan yang dimilikinya. 

Jika Anda bekerja di bidang pengembangan website, tentu sudah tidak asing dengan bahasa pemrograman HTML, CSS dan Javascript. Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda sehingga Anda harus memastikannya terlebih dahulu agar bahasa pemrograman yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan target. Sebelum menggunakan Javascript untuk website yang hendak Anda buat, ada baiknya menyimak ulasan mengenai Javascript berikut ini. 

Pengertian Javascript

Hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian dari Javascript. Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman website agar lebih menarik dan hidup. Namun, Javascript berbeda dengan CSS maupun HTML. Bahasa pemrograman dari Netscape ini ini mudah dipelajari, bahkan sudah digunakan oleh 92% website di internet. Javascript dapat digunakan di bermacam perangkat dan browser. 

Javascript dapat dipelajari dengan mudah dan cepat untuk berbagai tujuan, mulai dari mengembangkan fungsi website hingga mengaktifkan software berbasis web dan permainan (games). Anda juga bisa menemukan ribuan aplikasi dan template Javascript, baik gratis maupun berbayar. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Fungsi Javascript pada Website

Pada umumnya, bahasa pemrograman ini secara langsung di-embbed menuju halaman website atau file .js secara terpisah. Bahasa dari sisi klien ini mengharuskan Anda mengunduhnya terlebih dahulu, kemudian baru bisa diproses. Berbeda dengan bahasa dari sisi server. Jadi, sebelum bahasa pemrograman mengirimkan file ke pengunjung website, server akan dijalankan. 

Sejumlah web browser memberikan pilihan bagi user, apakah ingin meng-aktifkan Javascript atau menon-aktifkannya. Sebelum memberikan keputusan, pastikan Anda telah mengetahui konsekuensi terhadap event yang diunduh pada mesin yang tidak kompatible. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem karena bahasa pemrograman tidak men-support-nya.

Kelebihan Javascript 

Jika Anda masih ragu untuk menggunakan Javascript sebagai bahasa pemrograman, maka penting untuk menyimak beberapa kelebihan Javascript dibanding bahasa pemrograman lainnya. Salah satu kelebihannya adalah bisa menggunakan HTML untuk menginterpretasikan bahasa pemrograman sehingga tidak membutuhkan compailer. Bahasa pemrograman ini juga bisa digunakan untuk berbagai platform, browser dan lainnya. 

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan adalah deteksi masalah yang lebih mudah, website menjadi lebih interaktif dan menarik, bahasa pemrograman yang lebih ringan dan cepat, lebih mudah dipelajari, dapat digunakan untuk memvalidasi input dan mengurangi keinginan untuk mengecek data manual hingga dapat dipindahtugaskan ke event atau elemen halaman web tertentu. 

Baca Juga : 5 web hosting terbaik indonesia

Kekurangan Javascript

Selain kelebihan, bahasa pemrograman ini tentu tidak sesempurna itu sehingga masih ada kekurangan di sana sini yang harus Anda perhatikan. Dengan mengetahui kekurangan Javascript, Anda bisa melakukan antisipasi demi berkembanganya website atau aplikasi Anda. 

Beberapa kekurangannya adalah risiko tinggi terhadap eksploitasi, JS code snippet cukup banyak, dapat digunakan untuk mengaktifkan kode bahaya, dapat di-render pada tiap perangkat yang inkonsistensi, dan tidak selalu di-support oleh berbagai perangkat dan browser sehingga untuk menggunakan Javascript, Anda harus memilih perangkat atau browser yang kompatible. 

Perbedaan Javascript dengan Bahasa Pemrograman Lainnya

Selain Javascript, mungkin Anda sudah mengenai beberapa bahasa pemrograman yang lainnya. Setiap bahasa tentu memiliki ciri khas yang berbeda, begitu juga dengan Javascript yang memiliki perbedaan dibanding bahasa pemrograman lainnya. Berikut ini adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan selain Javascript beserta perbedaan fungsinya. 

Tujuan utama dari Javascript adalah membuat website menjadi lebih interaktif. Script dijalankan di browser user, bukan server. Untuk menyediakan fungsionalitas tingkat lanjut tanpa melakukan coding dari awal, biasanya harus masuk ke library pihak ketiga terlebih dahulu. Ciri khas inilah yang membedakan Javascript dengan bahasa pemrograman yang lain. 

Berbeda dengan HTML (Hypertext Markup Languange) yang juga menjadi bahasa pemrograman yang sering digunakan pada web. HTML sering digunakan untuk membentuk building block dari suatu halaman website. 

Javascript juga memiliki perbedaan dari PHP karena PHP merupakan bahasa pemrograman server-side. Biasanya, bahasa ini sering digunakan pada sistem manajemen konten berbasis PHP. Selain itu, bahasa ini menyediakan jalan terbaik untuk memberikan fasilitas pada proses transfer informasi sehingga sering digunakan untuk mengembangkan back-end. 

Bahasa pemrograman terakhir yang dibandingkan dengan Javascript adalah CSS (Cascading Style Sheets). Dengan bahasa ini, web master dapat menentukan jenis konten dan mengatur style yang ingin ditampilkan. Anda tidak perlu menentukan tiap elemen dalam HTML berulang kali ketika ingin menampilkan suatu konten. 

Itulah tadi informasi mengenai apa itu Javascript. Sebagai salah satu bahasa pemrograman, Javascript sering digunakan dalam bidang pembuatan dan pengembangan website. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan selamat berkarya!

Baca Juga  Harga Smartwatch Samsung Gear Fit 2 Murah Terbaru

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.