Inilah Harga Mobil Innova Diesel Terbaru Venturer di Indonesia

  • Whatsapp

Harga Mobil Innova Diesel Terbaru Venturer di Indonesia

Toyota Astra Motor (TAM) harus terus berinovasi agar semua produk mereka dapat bersaing dengan kompetitornya. Nah, meskipun Kijang Innova di sini bisa dibilang tanpa kompetitor yang sepadan, namun TAM tetap berusaha agar Innova terbaru mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Generasi terakhir dari Innova memang belum lama meluncur, tapi di awal tahun 2017 kemarin, TAM sudah menghadirkan varian baru bagi MPV yang dulunya menjadi mobil sejuta umat ini. Namanya Innova Venturer tanpa ada embel-embel Kijang lagi.

Sepertinya TAM memang bermaksud untuk menghilangkan citra mobil sejuta umat yang dulu disandang oleh Toyota Kijang. Ya, sejak generasi terakhir Kijang Innova ini memang sudah tak murah lagi, harga untuk tipe tertingginya yaitu Q Diesel mencapai Rp 400 jutaan, nyaris mendekati Toyota Fortuner. Sekarang varian Q Diesel hilang dan diganti oleh Innova Venturer ini. Harganya pun lebih fantastis, untuk Innova Venturer tipe tertinggi yaitu mesin diesel dengan transmisi otomatis yang menjadi unit tes kami ini mencapai Rp 445,6 juta. Lalu apa saja yang membuatnya dibanderol dengan harga fantastis? Toyota Innova Venturer mendapat sentuhan ringan di bagian eksterior. Lebih miripmirip dengan Yaris Heykers yang mendapat otot plastik, Venturer pun demikian. Di bagian depan grille besarnya kini dilapis warna hitam dengan sentuhan sedikit chrome. Bagian bumper juga begitu, bawahnya mendapat tambahan plastik hitam dengan aksen chrome.

Baca Juga  Cara Pasang Lampu LED di Mobil

Konon katanya aksen chrome ini menambah nilai elegan dan mewah dari sebuah mobil. Tapi kembali lagi tergantung persepsi Anda masing-masing. Bagian samping hingga belakang pun mendapat bagian plastik hitam seperti over fender dan side skirt. Sementara bagian velg yang berukuran 17 inci, desainnya masih sama seperti Innova Q diesel namun kini dilapis warna hitam. Bagian buritan pun hanya sekedar mendapat tambahan plastik hitam dengan aksen chrome di bagian bawah bumper. Oh iya, logo Kijang tak lagi tampak di belakang, hanya ada emblem Innova Venturer saja. Sebenarnya ubahan yang signifikan ada di dalam kabinnya, jok berbahan fabric dengan motif loreng kini hilang berganti dengan material kulit berwarna hitam. Di baris kedua, Anda masih akan menemukan kursi tengah captain seat baik untuk mesin bensin dan mesin Diesel.

Baca Juga  Ban Mobil Apa sih yang Irit BBM ?

Selebihnya sama seperti versi Q diesel pendahulunya. Head unit sama dengan Q diesel, layar sentuh 8 inci dengan fitur mirroring, air gesture, voice command, sistem koneksi USB, Bluetooth dan port HDMI. Fitur Smart Entry Key juga masih ada di Innova Venturer ini jadi ada tak perlu repot mengeluarkan anak kunci, menyalakan mesin pun via tombol Start-Stop. Dari balik kap mesinnya, Innova Venturer diesel masih mengusung mesin yang sama dengan tipe Q, yaitu 2GD FTV, 4-silinder 2,4 liter dengan turbocharger bertenologi VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga puncak hingga 147 hp pada 3.400 rpm dan torsi puncak 342 Nm mulai 1.200 hingga 2.800 rpm. Trasmisinya pun masih sama seperti pendahulunya yaitu otomatis 6-speed sequential, belum mengadopsi teknologi CVT. Mode berkendara juga masih tersedia, ada tiga pilihan mode pengendaraan yang tersedia yaitu Eco, Normal dan Power. Hal paling dapat dirasakan adalah ketika berakselerasi. Perbedaan antara mode pengendaraan Eco dan Power begitu terasa signifikan.

 

Saat menghadapi tanjakan panjang, transmisi otomatis dengan mode perpindahan sekuensial membuat pemilihan gear lebih cepat. Cukup menjaga putaran mesin tetap berada di kisaran 1.200 hingga 2.800 rpm menyuguhkan torsi maksimal untuk melesat saat menyusul kendaraan di tanjakan. Kelebihan lain pada varian Venturer diesel ini adalah telah tersematnya Vehicle Stability Control (VSC) yang menjamin pengendalian lebih baik saat menikung. Selain kehadiran rem dengan ABS dan EBD di semua varian, pada Venturer ini juga telah dilengkapi dengan VSC serta Hill Assist Control (HAC). Yang terlengkap, varian diesel ini juga mendapatkan empat set airbags, yaitu dual SRS airbags dan knee airbags serta curtain shield airbags dan side airbags. Sayangnya masalah pada bobot putaran kemudinya yang masih terasa berat ini cukup menyulitkan saat parkir atau berkendara di kecepatan rendah. Tampaknya hal ini belum diatasi oleh Toyota pada Innova Venturer.

Baca Juga  Mobil Sedan Mewah dengan Fitur Canggih 2019

 

Kesimpulan : Pilihan bagi Anda yang berjiwa petualang namun tetap mengedepankan sisi elegan dan mewah

Harga Rp. 445,6 juta
Mesin 4-silinder, 2.393 cc, VNT Intercooler
Tenaga 147 hp @ 3.400 rpm
Torsi 342 Nm @ 1.200 – 2.600 rpm
Transmisi Otomatis, 6-speed
Rem Cakram berventilasi (depan),
tromol (belakang)
Ban & Velg 215/55 R17

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.