Bagaimana Masa Depan Bitcoin di Tahun 2019 dan 2020

  • Whatsapp

Bagaimana Masa Depan Bitcoin di Tahun 2019 dan 2020

Awal tahun lalu, saya tertarik pada mata uang kripto, Bitcoin (BTC). Ada beberapa cara memiliki Bitcoin: membeli lang- sung dari penjual BTC, menjual jasa atau barang dengan mata uang BTC, atau menambang sendiri koin BTC dengan menggunakan mining software. Saya memilih menambang BTC menggunakan graphics card 3D. Setelah sebulan melakukan penambangan, saya hanya mendapatkan sekitar 0,2 BTC (setara dengan US$20)

Baca Juga : Mouse Terbaik untuk Windows 10.

Uang Elektronik

Bitcoin merupakan mata uang kripto (cryptocurrency) yang menggunakan kriptografi dalam semua transaksi dananya. Data transaksi seperti jumlah dana, tanggal transaksi, pengirim dan penerima tercatat dalam sebuah blockhain yang dicatat dan terdistribusi pada semua pihak yang terlibat dalam jaringan Bitcoin. Penambahan data transaksi ke dalam blockhain hanya dapat dilakukan dengan melakukan komputasi pada data transaksi sebelumnya. Dengan cara ini, setiap aliran dana yang menggunakan Bitcoin bisa ditelusuri dari transaksi terbaru sampai awal mula mata uang tersebut diciptakan. Bitcoin berbeda dengan uang elektronik biasa.

Baca Juga  Inilah Total Jumlah Data di Internet

Uang elektronik yang masih menggunakan mata uang resmi, misalnya e-Money Bank Mandiri atau Flazz BCA, adalah deposit dana yang tersimpan di dalam chip. Sedangkan Bitcoin merupakan uang elektronik yang benar-benar mandiri. Jika uang tunai masih punya nilai pada material pembuatnya, baik uang kertas maupun uang logam, dan nilai intrinsiknya ditanggung oleh negara dalam bentuk simpanan emas negara misalnya, nilai intrinsik Bitcoin adalah nol. Lalu, mengapa Bitcoin bisa menjadi mata uang yang punya nilai tukar terhadap mata uang lainn? Dalam perekonomian, sesuatu yang tidak bisa didapatkan dengan mudah bisa mempunyai nilai tukar, selama ada yang membutuhkannya. Bitcoin dibuat untuk mensimulasikan hal tersebut. Alat Tukar Masa Depan Bitcoin bukanlah satu-satunya mata uang kripto yang ada di dunia. Ada turunan lain yang meniru konsep Bitcoin seperti Litecoin, Namecoin, Freicoin dan masih banyak lagi. Semuanya menggunakan konsep kriptografi seperti Bitcoin dan menawarkan kelebihan khusus yang membedakannya dengan mata uang kripto yang lain. Sudah ada beberapa nama besar yang menerima BTC sebagai alat tukar, seperti WordPress, Reddit, dan OkCupid. Bahkan beberapa produsen alat penambang BTC menerima Bitcoin sebagai alat tukar. Patut disadari, walau BTC sudah mulai diterima sebagai alat tukar, jumlah dana BTC yang dipergunakan untuk transaksi barang dan jasa relatif kecil ketimbang volume jual-beli BTC yang dilakukan para spekulan mata uang. Namun seorang rekan pernah berkata bahwa uang tunai dipergunakan sebagai alat tukar karena selain praktis, nilainya terus turun, sehingga lebih baik dipergunakan selama masih ada nilainya. Harapan saya, segala kelebihan Bitcoin bisa membuatnya lebih luas diterima sebagai alat tukar yang lebih aman di masa depan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.