Cara Kerja Charger Tanpa Kabel | Charger Nirkabel | Wireless Charging

  • Whatsapp

Cara Kerja Charger Tanpa Kabel | Charger Nirkabel | Wireless Charging

Kini beberapa smartphone tidak lagi membutuhkan kabel untuk mengisi daya. Palm adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan charging nirkabel melalui Touchstone Wireless Charging Dock pada 2009. Sejak itu, ratusan perangkat dari Microsoft Lumia 930 hingga Samsung Galaxy S6 hadir dengan kemampuan pengisian daya nirkabel. Terdapat dua tipe teknologi charging nirkabel yang umum digunakan: Induktif dan Resonansi.

Pengisian Induktif

Pengisian induktif elektromagnetik bekerja dengan menggunakan ruang elektromagnetik untuk memindahkan energi antara dua obyek: plat charging dan perangkat. Plat charging terhubung ke power supply, dengan kumparan kabel di dalamnya. Saat arus listrik mengalir melalui kabel, tercipta ruang magnetik di sekitar kabel. Kumparan kabel tersebut memperkuat ruang magnetik – semakin banyak gulungan pada kumparan, semakin besar pula ruang magnetik. Perangkat yang akan diisi juga dilengkapi kumparan kabel lebih kecil. Listrik dihasilkan saat kabel diletakkan pada ruang magnetik yang dihasilkan plat charging. Listrik yang dihasilkan dapat diubah menggunakan komponen elektrik sederhana untuk memghasilkan suplai daya stabil sehingga dapat mengisi daya baterai. Keterbatasan metode ini adalah kumparan pengisi dan penerima harus berdekatan, dikarenakan ruang magnetik yang sempit. Sebagian besar smartphone dengan pengisian daya nirkabel menggunakan metode ini.

Baca Juga : Urutan Mediatek | Daftar Urutan Prosesor Mediatek Tercanggih

 

Baca Juga  Harga Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Spesifikasi

Cara Kerja Charger Tanpa Kabel

 

pengisian smartphone

 

Pengisian Resonansi

Pada 2007, tim di MIT melaporkan penemuan cara efisien untuk memindahkan daya secara nirkabel antar kumparan yang terpisah sejauh beberapa meter. Tim menjelaskan bahwa jarak antar kumparan dapat diperluas dengan menambahkan resonansi serupa. Resonansi adalah frekuensi spesifik yang dihasilkan oleh getaran alami obyek tertentu. Frekuensi resonan menyebabkan gelas anggur bergetar dan bahkan pecah saat frekuensi nada tertentu dimainkan di sebelahnya. Tim MIT menemukan bahwa induksi dapat terjadi jika kedua kumparan pengisi dan penerima menggunakan resonan yang sama. Dengan prinsip ini, tim MIT mampu mendayai bola lampu hingga jarak dua meter dari kumparan. Resonansi pengisian pada smartphone berprinsip sama dan dapat memperluas jangkauan pengisian nirkabel. Memungkinkan resonansi plat pengisian melalui meja atau obyek padat lain. Jangkauan tambahan ini juga dapat mengisi beberapa perangkat dengan frekuensi resonansi yang sama secara bersamaan. Pengisian resonansi terbilang teknologi baru, namun diperkirakan dapat menggantikan pengisian induksi dalam beberapa tahun lagi.

Baca Juga  Smartphone HP Android Terbaik Harga 1 Jutaan

pengisian smartphone 2

Video Penjelasan Cara Kerja Charger Tanpa Kabel | Charger Nirkabel | Wireless charging

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.