Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Menurut Islam

Posted on 18 views

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Menurut Islam– Mual dan muntah seringkali dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Kondisi mual dan muntah ini paling sering muncul pada pagi hari, sehingga dikenal dengan istilah morning sickness.

Meskipun disebut morning sickness, mual ini bisa terjadi pada pagi hari, sore hari maupun pada malam hari. Kondisi ini bisa terjadi karena dipicu adanya perubahan hormonal pada saat hamil. Rasa mual muncul karena peningkatan hormon progesteron, estrogen, dan hCG yang kemudian mempengaruhi fungsi organ tubuh.

Wahai Bunda, Ini 6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Kondisi mual dan muntah pada ibu hamil ini terkadang disertai juga dengan pusing, tak ayal kondisi ini membuat aktivitas sebagian besar wanita yang sedang hamil menjadi terganggu. Untuk mengatasi mual saat hamil muda, maka bunda bisa menyimak cara-caranya berikut ini.

1. Menghindari Hal yang Membuat Mual

Rasa mual bisa timbul karena Anda mencium aroma masakan atau aroma – aroma tertentu. Nah, hal – hal yang menimbulkan munculnya rasa mual ini bisa berbeda untuk tiap ibu hamil. Jika Anda merasakan mual saat mencium aroma sesuatu, Anda bisa menghindari aroma tersebut.

2. Mencium Aroma yang Segar

Umumnya indra penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif dibandingkan dengan kondisi saat tidak hamil. Hal ini dikarenakan hormon estrogen memicu terjadinya sensitivitas indra penciuman.

Jika Anda mencium aroma yang membuat Anda mual dan muntah, Anda bisa mengalihkannya dengan mencium aroma segar seperti aroma rosemary atau aroma lemon. Anda bisa juga mengalihkannya dengan mencium aroma – aroma yang Anda sukai sebagai cara mengatasi mual saat hamil

3. Cukup Istirahat

Kondisi mual dan muntah pada ibu hamil muda terkadang disertai keluhan lain seperti pusing dan sakit kepala. Cara mengatasi mual saat hamilbisa dilakukan dengan mengurangi aktivitas dan memperbanyak istirahat. Menurut para ahli, tidur menjadi cara yang paling tepat untuk meredakan morning sickness.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

4. Banyak Mengonsumsi Buah – Buahan

Mengonsumsi buah – buahan yang mengandung antioksidan dapat digunakan sebagai cara mengatasi mual saat hamil.Anda bisa mengonsumsi buah – buahan seperti jeruk, apel, mangga, buah naga, alpukat dan buah – buahan lainnya

Namun, Anda perlu menghindari beberapa buah – buahan seperti nanas, nangka, dan durian karena bisa menyebabkan panas pada tubuh ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

5. Mengatur Pola Makan

Kondisi mual dan muntah pada ibu hamil muda, terkadang membuat ibu hamil menjadi kehilangan nafsu makannya. Namun kondisi tersebut tidak boleh menghalangi ibu hamil untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

Cara mengatasi mual saat hamil bisa Anda lakukan dengan mengatur pola makan, makanlah dengan porsi yang sedikit tetapi lebih sering. Cara ini bisa membantu mengurangi mual dan muntah yang dirasakan ibu hamil.

Selain itu, ibu hamil juga harus mencukupi kebutuhan cairan untuk mengganti cairan yang hilang pada saat mual dan muntah.

6. Mengonsumsi Makanan atau Minuman Dingin

Makanan panas akan mengeluarkan aroma yang dapat memicu timbulnya rasa mual. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakan makanan dingin atau pada suhu kamar. Makanan atau minuman yang dingin aromanya tidak terlalu kuat sehingga dapat mengurangi munculnya rasa mual pada ibu hamil muda.

Anda juga bisa meminum lemon tea sebagai cara mengatasi mual saat hamil muda. Lemon tea dingin akan terasa menyegarkan ketika dikonsumsi saat siang hari.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Menurut Islam

Itu tadi berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa mual saat hamil muda. Jika frekuensi mual dan muntah yang Anda alami menjadi lebih sering, Anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.