Inilah Headphone yang dipakai Artis Korea

  • Whatsapp

Inilah Headphone yang dipakai Artis Korea

Di akhir era ’80-an, Sony membuat headphone berjuluk MDR-R10. MDR-R10 hadir dengan desain tertutup dengan ear cup terbuat dari kayu Zelkova berusia 200 tahun yang berasal dari wilayah Aizu, Jepang. Ia juga menggunakan driverbio-cellulose 50 mm yang revolusioner di masanya. Tak kalah menarik adalah harganya, saat itu headphone MDR-R10 ditawarkan dengan banderol US$2500. MDR-R10 hingga kini masih dianggap sebagai salah satu headphone terbaik yang pernah dibuat dan Sony belum menghadirkan penerusnya hingga MDR-Z1R tiba. Diumumkan di IFA 2016, Sony MDR-Z1R merupakan salah satu headphone terbaik yang pernah mampir ke lab pengujian kami. Komponen headband dibuat menggunakan material beta titanium untuk bobot ringan dan kekuatan. Headband tersebut dilapisi pula dengan kulit dan bantalan untuk kenyamanan saat digunakan. Headband akan bergeser untuk mengakomodasi beragam ukuran kepala dan mekanisme gesernya memiliki nomor sehingga pengguna bisa mengatur ukuran headphone sesuai ukuran favorit. Mekanisme geser dan metal di mana ear cup berada terbuat dari aluminium. Terakhir, ear pad, yang memiliki sudut dan dilapisi dengan kulit domba, terlihat besar dan mewah. Di segi kenyamanan, hanya segelintir headphone yang mampu menandingi MDR-Z1R. Berkat ear cup yang diusungnya, MDR-Z1R juga terlihat bagus. Bentuk ear cup tidak hanya membuat penampilan headphone menjadi mewah; tapi juga dirancang dengan fungsi karena membantu mengurangi resonansi tak diinginkan. Di dalamnya, terdapat flter akustik yang terbuat dari serat halus kayu Kanada yang meningkatkan penyerapan dan pengurangan resonansi.

Baca Juga  Proyektor Home Theater Murah Full HD untuk Karaoke

MDR-Z1R hadir dengan kabel yang bisa dilepas. Bagian belakang pengait ear cup menyediakan jack 3,5 mm sehingga menyediakan opsi mudah penggantian kabel. Sony menyediakan dua kabel: satu kabel 3,5 meter yang memiliki ujung jack 3,5 mm dengan adaptor 6,3 mm dan satu kabel 1,2 meter yang memiliki konektor berimbang terbaru Sony yakni Pentacon 4,4 mm. Sayangnya, tidak banyak amplifer yang menawarkan konektor berimbang besutan Sony tersebut. Jika ingin menggunakan konektor berimbang, Anda mesti memiliki amplifer kelas atas Sony seperti TAZH1ES atau pemutar audio portabel seperti Sony NW-WM1Z dan NW-WM1A. MDR-Z1R juga hadir dengan kotak kemasan besar yang berisi ruangan terpisah untuk headphone dan kabel. Kotak kemasan tersebut sangat mewah dengan lapisan kulit di bagian luar dan material satin lembut di bagian dalam. Sayangnya, kotak kemasan tersebut memiliki ukuran besar dan tidak terlalu portabel. Mengingat harga premium yang ditawarkannya, kami berharap Sony menyediakan kotak penyimpanan portabel. Meski demikian, ftur terbesar dari MDRZ1R ada pada unit driver. Menggantikan driver bio-cellulose, MDR-Z1R menggunakan kubah magnesium 70 mm yang dikelilingi oleh polimer kristal cair berlapis aluminium.

Baca Juga  Tiga Pilihan Laptop Bagus untuk Pekerjaan Kantoran

 

Bisa dibilang ini adalah driver terbesar yang diusung sebuah headphone. Sony mengklaim driver tersebut mamp umereproduksi frekuensi mulai 4 Hz hingga 120.000 Hz. Memang terdengar memikat, tapi perlu diingat bahwa telinga manusia hanya bisa menengar frekuensi hingga 20.000 Hz, sehingga angka tersebut hanyalah upaya pamer teknologi. Untungnya, MDR-Z1R menyuguhkan suara fantastis. Salah satu kualitas terbaik dari suaranya adalah bass. Kami tidak menyebut MDR-Z1R sebagai headphonebass, tapi yang jelas ada penekanan kuat terhadap bass. Hentakannya kuat, bersih, dan memuaskan. Resolusi suara juga tak kalah memikat karena vokal dan instrumen terdengar sangat bertekstur dan mendetail. Sound stage juga sangat lebar dan mengungguli tipe headphone terbuka. Meski demikian, MDR-Z1R memiliki beberapa kendala. Suara treble tidak seimbang sehingga bisa membuat suara vokal wanita dan instrumen tertentu terdengar sedikit tidak alami. Secara keseluruhan kualitas nada suara juga kurang tepat, suara vokal terdengar terlalu terpendam dan berjarak sehingga suara seperti berbentuk V. Secara keseluruhan, jika netralitas dan akurasi yang dicari, sebaiknya memilih opsi headphone lainnya. Sony MDR-Z1R tidak bisa dibilang sebagai headphone “rujukan”, tapi ia mampu menyuguhkan suara menyenangkan yang ringan di telinga dan cocok untuk musik kontemporer. Jika lebih memilih musik dance, trance, rock, dan popmusic daripada oldies, akustik atau musik klasik, maka Sony MDR-Z1R pantas dimiliki.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.