Mobil SUV Terbaik dengan Fitur HSA Hill Start Assist 2019

  • Whatsapp

Mobil SUV Terbaik dengan Fitur HSA Hill Start Assist

Chevrolet Trax, Harga Bekas Tahun 2017 230 jutaan

Memang, Chevrolet Trax belum akan dijual dalam waktu dekat, kemungkinan paling besar adalah sekitar awal 2016 ia baru akan dijual di Indonesia. Meski masih lama untuk mobil ini berperang dengan para rivalnya, ia sudah punya senjata andalan yaitu pada sektor mesin yang terbilang bertenaga dikelasnya. PT General Motors Indonesia memilih mesin dengan turbo sebagai senjata andalan mereka untuk “membunuh” Honda HR-V yang memimpin pasar di kelas Compact SUV. Apalagi Chevrolet Trax menjadi satu-satunya mobil di kelas ini yang menggunakan turbo. Dengan mesin yang hanya berkapasitas 1.364 cc, Chevrolet Trax mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 dk, lebih besar dari Honda HR-V 1.8 yang bertenaga 139 dk. Untuk torsi, Trax juga lebih baik dengan menghasilkan angka 200 Nm di putaran mesin sangat rendah di 1.850 rpm. HR-V dengan mesin lebih besar hanya mampu meraih torsi sebesar 169 Nm di putaran mesin tinggi, 4.300 rpm.

Baca Juga  Mobil Sport Mewah punya Hotman Paris

Jika hanya melihat torsi, jelas Trax memiliki keuntungan dalam hal konsumsi bahan bakar. Dengan torsi besar dan diraih pada putaran mesin sangat rendah, otomatis membuat Anda hanya perlu menginjak sedikit saja pedal gas untuk melajukan mobil ini. Hasilnya adalah, konsumsi bahan bakar yang seharusnya bisa irit. Mesin memang menjadi unsur penarik utama di mobil ini, karena memang jika melihat desain eksterior Chevrolet Trax, ia tampak kurang sensasional. Desainnya terlihat konservatif dengan aura mengotak yang kental. Dengan begitu, Trax justru terlihat gagah daripada sporti. Kesan gagah hadir berkat penggunaan desain “ala” overfender yang sangat terlihat pada mobil ini. Pada bagian depan, Chevrolet Trax sebenarnya menggunakan desain khas Chevrolet yang jamak ditemui pada model lainnya. Contohnya gril dua bagian yang dibatasi oleh logo Bow Tie besar khas Chevrolet. Pada bagian lampu, Trax belum menggunakan model proyektor. Ia hanya menggunakan jenis reflektor biasa dengan porsi yang lumayan besar. Sekarang mari rasakan impresi berkendara dari mesin turbo milik Chevrolet Trax. Karena keterbatasan area pengetesan, kami sebenarnya belum bisa memberikan gambaran performa mesin Trax secara utuh.

Baca Juga  Pabrik Mobil Eropa di Inggris yang Produksi McLaren

Baca Juga : Mobil Diesel Terbaik Ternyaman dan Paling Irit 2019

Yang cukup terasa adalah, limpahan torsi yang begitu terasa pada rpm rendah. Jadi Anda tidak perlu menginjak pedal gas dalamdalam untuk bisa melaju. Ternyata ringannya Trax dalam melaju di kecepatan rendah adalah selain torsinya besar, rasio gigi pertama cukup ringan dengan angka 4,584. Hal yang cukup disayangkan adalah timbulnya suara dengungan ketika mobil ini dikendarai. Kami belum bisa memastikan darimana asal suara itu, yang pasti cukup mengganggu kenyamanan khususnya pada kecepatan rendah. Untuk karakter suspensi, Trax terasa sedikit keras na-mun masih dalam tahap “fair”. Bobot setir terasa pas, sehingga tampaknya akan terasa mantap ketika harus bermanuver cepat di kecepatan tinggi. Chevrolet Trax menggunakan transmisi otomatis konvensional 6-percepatan yang terasa cukup halus. Perpindahan antar gigi pun terasa cukup rapat. Desain dasbor terlihat biasa saja dengan material yang juga terkesan kurang mewah. Hal menarik hanya terlihat dari tampilan head unit touchsreen 7-inci menyerupai smartphone, yang dinamakan layar Bring Your Own Media (BYOM). Layout pada instrument cluster, sepintas mirip dengan tampilan milik Chevrolet Spin.

Baca Juga  Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Hal yang cukup menarik perhatian adalah hadirnya fitur hill descent control. Dengan fitur ini, Chevrolet Trax ingin mengesankan bahwa ia adalah mobil Compact SUV yang mampu sedikit diajak bermain di medan offroad ringan. Terdapat pula soket power outlet 220 V AC di bagian belakang konsol tengah, yang bisa dipergunakan untuk mengisi daya komputer jinjing, atau bahkan untuk menghangatkan nasi di rice cooker ketika berkendara jauh. Honda HR-V, bersiaplah!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.