NewsPendidikan

Marketing Mix Adalah, 4P/PS 7P Contoh dan Pengertiannya

Marketing Mix Adalah, 4P/PS 7P Contoh dan Pengertiannya – mungkin istilah marketing mix bagi kalian yang sudah mengenali sejak di bangku perkuliahan tidak akan asing dengan istilah ini. Atau bahkan kalian adalah seorang pebisnis yang sangat serius mengembangkan bisnisnya, marketing mix adalah salah satu hal yang sering ditemukan. Marketing mix di dalam perkembangan zaman saat seperti ini telah mengalami banyak perubahan, sama halnya dengan teori-teori dari berbagai ilmu pengetahuan lainnya, terlebih dengan adanya ilmu ekonomi yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Mungkin bagi kalian yang sudah mempelajari ilmu ini pasti kalian sudah hafal penggunaan teknik 4P yang ada di teorinya tersebut. Dan saat ini teori tersebut mengalami perkembangan dengan bergantinya menjadi teknik 7P yang ada di dalam marketing mix, dan teknik 7P ini adlah salah satu pengembangan dari teknik 4P. Pada dasarnya teknik tersebut sangat mudah untuk dihafalkan namun yang sulit adalah penerapan dan pengimplementasian dengan menggunakan teori yang bagus dan baik. Pemahaman mengenai teknik 4P atau 7 P tersebut sangatlah diperlukan.

Maka dari itu di dalam artikel ini kami akan membantu bagi kalian yang belum mengenali dengan jelas peran atau penjelasan dari 7P, setelah itu kalian bisa langsung memahami atau mengimplementasikan ilmu tersebut di dalam bisnis yang kalian jalani.

Pengertian Marketing Mix

Marketing mix adalah suatu kumpulan dari beberapa variabel marketing yang dapat digunakan agar bisa mencapai suatu tujuan tertentu dalam bidang marketing di dalam pasar yang ditargetkan. Istilah tersebut juga pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden, professor marketing di Harvard, 1948.

Disaat itu Neil Borden mengenalkan istilah tersebut tanpa menyusun beberapa konsep di dalamnya, dan di tahun 1960 E. Jerome McCarthy mengenalkan empat variabel marketing mix yaitu product, price, place, dan juga promotion.

Marketing mix yang sudah lama digunakan akan efektif menjadi pemilik bisnis di banyak negara yang nantinya digunakan untuk menyusun strategi marketing yang jauh lebih efektif untuk menggunakannya di bidang bisnis. Selain itu marketing mix juga sudah sangat lama digunakan di banyak negara dengan tujuan untuk menyusun strategi marketing mix yang efektif untuk bidang bisnis. Konsep tersebut juga bisa digunakan oleh para pebisnis yang baru memulai atau bahkan para pebisnis yang sudah lama.

Manfaat Marketing Mix

Apabila kalian menggunakan teknik marketing mix ini tentu saja akan menjadi satu hal yang sangat berguna dan juga bermanfaat untuk mendapatkan berbagai peluang bisnis yang akan kalian jalankan, selain itu juga kalian akan memiliki tingkat kontinuitas mengenai pelaksanaan yang sangat bagus. Keberlanjutan tersebut nantinya menjadi salah satu strategi yang dapat terus-menerus kalian terapkan.kalian juga bisa melakukan hasil evaluasinya lagi, memperbaikinya lagi dan sebagainya, hingga kalian mendapatkan tingkat keuntungan yang kalian inginkan selama ini.

Perusahaan apapun yang ada baik perusahaan yang memiliki operasi di dalam skala besar atau bahkan perusahaan yang memiliki operasi dengan skala kecil tentu saja memiliki target yang sama yaitu keuntungan yang akan didapatkan di dalam bisnis. Hal tersebut juga memiliki hal yang sama yang terdapat dari berbagai segi jenis produksi. Hal tersebut dibuktikan saat banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memiliki penghasilan atau bahkan keuntungan yang sangat banyak dari para konsumen atau para pelanggannya.

Tindakan tersebut dilihat dari upaya para pelaku bisnis mengembangkan produk dan juga melakukan berbagai layanan yang memiliki inovasi yang dapat didasarkan untuk kebutuhan para pelanggan, selain layanan para pelaku bisnis juga mengembangkan strategi bisnis yang paling baik, dan paling jitu agar produk atau layanan yang dimilikinya dapat sukses. Di dalam marketing mix itu sendiri juga sangat tergolong di dalam salah satu strategi pemasaran. Strategi bisnis tersebut juga sangat penting untuk bisa kalian lakukan di dalam bisnis yang kalian jalani,

karena sebenarnya marketing mix ini adalah pokok pertimbangan konsumen saat mengambil suatu keputusan apakah para konsumen akan membeli atau menyewa produk yang kalian tawarkan. Apabila perusahaan tersebut tidak memiliki kepekaan terhadap perkembangan dan kemauan yang dimiliki oleh para konsumennya maka dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut akan kehilangan para pelanggan setia kalian. Maka produk yang akan kalian tawarkan juga akan terlihat sia-sia.

Dengan begitu maka kalian diharuskan untuk memiliki banyak wawasan mengenai marketing mix. Marketing tersebut adalah suatu proses yang dilakukan dengan menyambungkan penyusunan komunikasi dengan tujuan untuk,memberikan beberapa informasi yang digunakan sebagai informasi mengenai barang atau bahkan jasa. Pemasaran tersebut juga dapat dimulai dengan memenuhi semua kebutuhan manusia yang nantinya akan bertumbuh menjadi suatu keinginan manusia.

Marketing tersebut juga sangat mempengaruhi berbagai keberhasilan dan juga kesuksesan yang dihasilkan dari suatu perusahaan. Selain itu juga digunakan untuk mempertahankan keberhasilan yang sudah dimiliki oleh pemilik bisnis tersebut. Dan strategi marketing tersebut juga dilakukan untuk membuat pemasaran yang akan membuat para konsumen kalian memikirkan saat melihat barang atau jasa yang kalian tawarkan “wah saya butuh barang ini”.

Marketing biasanya dianggap sebagai ujung tombak dari suatu perusahaan, dengan artian apabila strategi marketing tersebut dilaksanakan dengan baik atau bahkan berhasil maka hal tersebut akan mempengaruhi keberlangsungan perusahaan tersebut, dan juga apabila marketing suatu perusahaan disebutkan telah gagal menjual atau menawarkan produk yang dimiliki, maka perusahaan tersebut juga akan semakin menurun omset pemasukannya yang dapat mengakibatkan para pelaku bisnis tersebut gulung tikar.

Fungsi Marketing Mix Untuk Bisnis Yang Kalian Miliki

Apabila kalian terlalu optimis terhadap barang atau layanan yang kalian tawarkan maka sebenarnya hal tersebut belum cukup. Kalian harus memiliki banyak strategi marketing lainnya yang lebih efektif agar semakin banyak orang yang mengenal produk kalian, selain itu juga dengan manfaat yang dapat kalian dapatkan dari berbagai produk tersebut.

Apabila kalian memiliki strategi marketing yang efektif maka tentu saja hal tersebut akan memudahkan komunikasi yang kalian ciptakan kepada target pasar yang lebih tepat, dan dengan menggunakan pesan yang dapat kalian sesuaikan dengan konsumen yang kalian targetkan. Selain itu juga kalian perlu mengetahui bahwa sebuah kegagalan dalam memasarkan produk adalah salah satu faktor utama kebangkrutan suatu bisnis atau perusahaan tertentu. Nah untuk menghindari kegagalan tersebut maka kalian harus mengerti mengenai konsep marketing mix.

Teknik 4P dan 7P Marketing Mix

Bagi kalian yang sudah pernah mendapatkan mata kuliah mengenai marketing  tentu saja sudah mengetahui apa saja istilah 4P (Product, Price, Promotion, dan Place). Nah bagi kalian yang belum mengetahui sama sekali mengenai marketing mix maka tenang saja karena kami juga akan mengupas tuntas mengenai 4P dan 7P marketing mix, yuk simak informasi di bawah ini :

  1. Produk di Marketing Mix

Produk adalah apapun yang para pelaku bisnis produksi untuk nantinya memenuhi kebutuhan orang lain, atau para pelanggannya, entah itu dalam bentuk jasa, barang atau bahkan suatu produk virtual.

Di dalam era digital seperti saat ini produk tidak hanya sebatas produk fisik atau jasa, para pelaku bisnis tersebut juga dapat menciptakan beberapa produk yang bersifat seperti aplikasi, atau bahkan suatu website.

Kalian juga harus memproduksi produk yang dapat kalian sesuaikan dengan permintaan pasar, maka dari itu kalian harus melakukan sebuah riset mengenai kebutuhan pasar yang saat ini sedang dibutuhkan masyarakat, selain itu juga kalian harus memikirkan solusi apa yang dapat kalian tawarkan saat menjalani suatu bisnis.

Untuk memudahkan kalian dalam melakukan suatu riset pasar, maka pertanyaan-pertanyaan di bawah ini harus dapat kalian jawab :

  • Masalah apa yang sedang dihadapi oleh konsumen?
  • Solusi produk apa yang akan kalian tawarkan?
  • Bagaimana nantinya konsumen akan menggunakan produk yang kalian hasilkan?
  • Keunikan apa yang akan ditawarkan kepada para konsumen kalian.

Dan perlu kalian ketahui bahwa saat ini banyak bisnis yang “mogok” ditengah jalan karena buruknya kualitas produk yang dihasilkan di awal. Selain itu juga banyak sekali pelaku bisnis yang terjebak untuk menciptakan suatu produk yang hanya mengandalkan ide tanpa melakukan suatu riset terlebih dahulu.

Dan kalian juga patut untuk mengetahui bahwa membuat produk yang tidak diinginkan para konsumen adalah salah satu hal faktor dari kegagalan pelaku bisnis dalam mengembangkan strategi bisnis, hanya karena menciptakan produk yang salah.

Maka dari itu kalian harus memastikan agar bisa membuat suatu produk yang akan dibutuhkan dan juga diinginkan oleh para konsumen setelah kalian melakukan riset dan juga menemukan berbagai data yang kalian temukan di lapangan, bukan hanya menyalurkan ide tanpa menggunakan strategi dan juga sebuah riset.

marketing mix

  1. Price di Marketing Mix

Price atau dalam bahasa indonesianya harga, adalah sejumlah uang yang sudah dikeluarkan para konsumen agar bisa menggunakan produk yang kalian tawarkan. Harga tersebut juga tidak boleh terlalu rendah, yang dapat membahayakan keberlangsungan bisnis yang dimiliki. Dengan begitu harga tersebut juga tidak boleh terlalu tinggi karena akan merendahkan minat para pembeli.

Kalian akan menemukan titik harga yang paling tepat agar konsumen tidak merasa keberatan, dan setelah itu bisnis yang kalian miliki juga akan tetap berjalan. Selain itu di dalam ilmu ekonomi terdapat istilah yaitu Break Even Price, yaitu suatu harga terkecil yang dapat kalian pasang di dalam produk agar hal tersebut tidak membuat bisnis yang kalian jalankan rugi.

Bagaimana cara untuk membuat nilai break even price? Terdapat rumusnya yaitu (Total Fixed Cost/Production Volume) + Variable Cost Per Unit = Break Even Price. Total Fixed Cost adalah biaya dari keseluruhan pembuatan produk.

Yang di dalamnya termasuk ongkos material, tenaga, dan ongkos lainnya. Production Volume adalah jumlah keseluruhan produk yang sudah dibuat. Variable Cost Per Unit adalah biaya pembuatan satu buah produk. Kalian perlu memperhatikan bahwa break even price belum bisa dikatakan adalah suatu hal yang akan mendatangkan keuntungan bagi bisnis yang kalian jalani.

Namun hal tersebut adalah titik aman yang tidak akan mendatangkan suatu kerugian bisnis yang sedang kalian jalani. Maka kalian juga perlu menambahkan beberapa jumlah uang lagi agar bisa mendapatkan keuangan.

  1. Place di Marketing Mix

Place atau yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah suatu lokasi fisik dimana berjalannya bisnis tersebut mencari target pasar. Sebuah bisnis juga memerlukan beberapa lokasi penjualan yang sangat ideal agar bisa menjangkau beberapa target pasar dengan cara yang lebih mudah.

Place atau tempat bisnis ini juga bisa mencakup beberapa kantor pusat, gudang, sebuah pabrik, toko, kantor cabang, toko, dan lain sebagainya. Kalian juga tidak perlu menempatkan kantor pusat, pabrik, dan toko fisik di satu lokasi. Kalian juga bisa memilih lokasi yang cukup ideal, dengan mempertimbangkan biaya, dan kegunaannya.

Saat ini tempat tidak hanya terbatas kepada lokasi fisik, kalian juga bisa menjalankan sebuah bisnis marketplace yang dapat kalian kerjakan hanya dari rumah atau dimana saja, namun kalian harus memiliki sinyal internet yang mumpuni, dan perangkat lainnya seperti komputer, laptop, dan sebagainya.

Namun, yang perlu kalian ketahui bahwa dengan melakukan bisnis lewat internet memiliki kelebihan, dan juga kekurangannya. Seperti halnya marketplace yang akan memungkinkan kalian untuk menjangkau berbagai konsumen menjadi lebih banyak. Namun, masih ada banyak regulasi yang harus kalian patuhi, dan terdapat pembagian keuntungan di dalamnya.

  1. Promotion di Marketing Mix

Promotion atau promosi adalah semua upaya yang dilakukan untuk meningkatkan brand awareness, dan juga penjualan produk. Promosi tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam media, entah itu dari website, sosial media, surat kabar, radio, televisi, dan lain sebagainya.

Dan di era digital ini maka kalian dituntut untuk bisa menjangkau calon konsumen yang ada dengan melalui ranah dunia maya. Entah itu dengan melalui media sosial, trafik organik, content marketing, dan sebagainya.

  1. People

Salah satu faktor sumber daya manusia akan sangat menentukan kemajuan suatu bisnis yang sedang dijalani di dalam suatu perusahaan. Kita tidak bisa memungkiri bahwa faktor tersebut sangat memiliki peran yang penting untuk membuat suatu kemajuan atau malah kemunduran dari perusahaan tersebut.

Hal tersebut yang membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mencari banyak kandidat pekerja yang terbaik, yang memiliki kemampuan multitalenta, dan perusahaan juga tidak akan segan membayar dengan bayaran tinggi untuk para kandidat yang memiliki kemampuan yang sangat mumpuni.

Selain itu juga pihak perusahaan juga berani membayar atau menyewa para pihak pencari kerja independen yang sangat ahli untuk mencari kandidat pekerja untuk perusahaan tersebut. Dan yang perlu kalian ketahui adalah persaingan pasar yang semakin hari semakin kuat maka banyak perusahaan yang memperlakukan para pegawai yang dimiliki sebagai salah satu aset perusahaan yang sangat berharga.

Dengan kultur kerja yang menarik, maka hal tersebut akan cenderung bekerja dengan lebih santai biasanya dijadikan sebagai salah satu nilai lebih yang di bangga-banggakan oleh perusahaan, agar bisa membuat pekerjaannya terlihat royal dan semakin konsisten dalam bekerja. Beberapa hal di bawah ini adalah perlakuan yang diterapkan oleh para perusahaan yang memiliki kultur dengan kerja yang sangat baik, diantaranya adalah :

  • Perusahaan menyediakan berbagai sarana, dan juga pimpinan tim yang dapat meningkatkan atau bahkan mengembangkan kemampuan kerja tiap individu.
  • Perusahaan memiliki sifat adil kepada setiap karyawan tanpa terkecuali.
  • Perusahaan juga melakukan kewajibannya, selain itu juga menghargai hak para karyawan.
  • Perusahaan akan memberikan apresiasi yang tinggi mengenai karyawan yang sudah bekerja dengan sebaik mungkin.

Semua hasil yang sudah didapatkan oleh setiap perusahaan akan dijadikan karyawan tersebut sebagai aset yang sangat berharga karyawan tersebut akan memiliki performa yang baik atau bahkan loyalitas tanpa adanya batas dari para karyawan.

Dan hal tersebut juga akan menjadi salah satu kekuatan teamwork, dan mendapatkan citra yang baik di mata masyarakat. Selain itu juga memiliki kultur kerja yang sangat baik, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pekerja nantinya yang lebih potensial.

  1. Process

Process adalah salah satu prosedur, mekanisme, atau bahkan alur yang harus dilakukan konsuen agar bisa menggunakan layanan atau produk yang kalian miliki. Proses juga dapat disebutkan sebagai pengalaman konsumen dari awal mengetahui produk kalian sampai akhirnya mereka membeli produk yang kalian produksi.

Selain itu proses tersebut dapat diawali dengan melihat bagaimana konsumen mengetahui produk yang kalian miliki, entah itu dari sosial media, blog, atau media lainnya yang bersifat publik. Saat konsumen menyukai barang yang kalian produksi, maka konsumen akhirnya tertarik untuk membeli produk yang kalian hasilkan, sebelum itu para pembeli juga harus melakukan order sampai akhirnya barang tersebut sampai di tangan pelanggan dan menggunakan barang atau bahkan jasa yang sudah dibeli.

Hal terpenting yang harus ada di dalam elemen ini adalah bentuk konsistensi. Produk atau layanan yang kalian tawarkan harus konsisten. Apa yang sedang kalian iklankan maka harus konsisten dengan apa yang nantinya akan didapatkan oleh konsumen tersebut.

Tanpa adanya konsisten tersebut maka hal tersebut akan merusak reputasi, pengalaman konsumen, atau bahkan kemungkinan buruknya konsumen tidak mau menggunakan produk atau layanan yang kalian tawarkan lagi.

Baca Juga

Bokeh Full Bokeh Lights Bokeh Video HD 2023

1111.90 l50 204 Bokeh Full Bokeh Lights Bokeh Video HD

 

  1. Packaging

Selanjutnya adalah packaging, kalian bisa meninjau kembali dengan cara yang lebih kritis mengenai semua hal yang bersifat visual yang perusahaan kalian miliki. Kebanyakan orang memiliki kesan pertama dan juga tertarik akan satu hal hanya dalam 30 detik pertama melihat kalian atau produk yang kalian tawarkan kepada para konsumen. Apabila terdapat perbaikan terhadap tampilan eksternal dari produk atau bahkan layanan yang kerap kali bisa menyebabkan suatu reaksi yang bisa berbeda dari pelanggan kalian, dan reaksi tersebut dapat menjadi penentu.

Para pelaku bisnis tersebut juga harus memikirkan semua hal yang dapat dilihat pelanggan sejak saat kontak pertama konsumen berikan kepada produk kalian, maka kalian harus memikirkan bagaimana kemasan yang ada dapat mengacu kepada cara produk atau layanan yang akan kalian berikan akan muncul dari luar.

Kemasan tersebut juga mengacu kepada orang-orang yang ada di perusahaan kalian, dan bagaimana nantinya mereka akan berpakaian, dan juga berperilaku saat berinteraksi dengan pihak luar.

Hal tersebut juga akan mengacu kepada kantor kalian, ruang tunggu, brosur, dan juga korespondensi kalian mengenai setiap elemen visual mengenai perusahaan kalian. Semua hal tersebut adalah penting, kalian bisa menentukan kesuksesan marketing yang kalian gunakan, dan juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan pelanggan kalian dengan brand yang kalian miliki.

Contoh Marketing Mix

Setelah kalian mengetahui apa saja fungsi, manfaat, pengertian, dan teknik 4P dan 7P, saya akan memberikan contoh mengenai contoh marketing mix, Codeva Phone.

  • Menentukan Produk yang Dibutuhkan Oleh Banyak Orang.

Codeva Phone sudah melakukan berbagai macam riset pasar, dan setelah itu menemukan berbagai fakta seperti halnya masalah apa yang akan dihadapi konsumen? Orang Indonesia memiliki kekurangan pilihan dalam memiliki handphone yang memiliki triple camera.

Solusi apa yang dapat kalian tawarkan? Codeva Phone dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan cara menghadirkan Handphone dengan triple camera, dengan harga yang sangat relatif terjangkau, dan fitur yang sangat lengkap, tanpa harus menurunkan kualitas dari handphone tersebut.

Bagaimana para konsumen akan menggunakan produk kalian? Cara penggunaannya pun sama dengan penggunaan handphone touchscreen seperti biasa. Dengan menggunakan fitur lengkap yang sering ada di handphone canggih pada umumnya.

Keunikan apa yang dimiliki produk kalian? Keunikannya adalah memiliki triple camera, selain itu memiliki fitur stabilizer, dan auto fokus yang sangat memudahkan para konsumen untuk membidik gambar dengan lebih jelas. Selain itu baterai yang dimiliki oleh Codeva Phone ini sangat tahan lama.

  • Menetapkan Harga Produk

Codeva Phone adalah suatu perusahaan yang memproduksi handphone canggih mode saat ini. Untuk menetapkan harga produknya maka kalian dapat menghitung perhitungan seperti yang sudah dijelaskan di atas, total fixed cost dibagi oleh jumlah produksi lalu ditambah dengan biaya pembayaran per unit produk tersebut, dengan menggunakan rumus tersebut maka kalian akan dimudahkan untuk mengetahui break even price produk atau jasa milik kalian.

  • Menentukan Tempat Berjualan

Agar bisa memudahkan para konsumen untuk melakukan pembelanjaan, Codeva Phone juga menjual produk dengan cara online, jadi para konsumen bisa membeli produk Codeva Phone dengan cara online tidak perlu datang lagi ke tempat dimana Codeva Phone dijual. Maka Codeva Phone membuat suatu website toko online sebagai tempat berjualan. Konsumen juga dengan mudah memilih produk bahkan checkout atau mengorder di website tersebut. Namun tetap saja untuk menjaring berbagai masyarakat yang ada maka tidak hanya toko online saja, namun Codeva Phone juga memiliki toko offline di beberapa kota di daerah Indonesia.

  • Merancang Strategi Promosi

Dikarenakan target pasar produk ini adalah para anak muda, dan juga berbagai lapisan orang, maka Codeva Phone harus bisa merancang strategi promosi yang dapat menjangkau anak muda dan masyarakat lainnya dengan lebih mudah.

Salah satu strategi utama tersebut adalah untuk menggalakkan promo besar-besaran di sosial media. Codeva phone juga melakukan promosi diskon di berbagai platform sosial media seperti facebook, instagram, Twitter, YouTube, dan platform sosial media lainnya. Selain itu juga Codeva Phone memilih blog untuk media promosi, agar nantinya konsumen percaya terhadap produk yang dimiliki agar nantinya trafik organik dari website Codeva Phone muncul di hasil pencarian Google.

  • Memberikan Physical Evidence

Untuk memberikan bukti bahwa adanya keberadaan Codeva Phone maka salah satu physical evidence yang diberikan oleh Codeva Phone adalah menyiapkan logo, brosur, souvenir, dan juga berbagai bentuk physical evidence lainnya.

  • Merekrut SDM

Tentu saja pihak Codeva Phone membutuhkan banyak SDM yang dapat menunjang keberlangsungan perusahaan. Beberapa posisi lowongan yang nantinya akan dibuka adalah tim IT, Programmer, berbagai teknisi, engineer perangkat, tim customer service, tim marketing, HR, dan banyak lainnya.

  • Membuat Standar Operation System Milik Perusahaan

Agar nantinya proses perencanaan produk sukses hingga di tahap produksi dapat digunakan oleh para pelanggan, maka Codeva Phone harus memiliki Standard Of Procedure (SOP). SOP tersebut rupanya sangat penting, agar bisa memastikan semua produk yang akan atau sudah dihasilkan di Codeva Phone memiliki kualitas yang lebih tinggi, dari produk lainnya.

Maka semua karyawan di Codeva Phone harus bisa memahami SOP tersebut agar bisa memberikan banyak pengalaman yang lebih baik untuk kepada para konsumen.

 

 

 

 

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Marketing Mix
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Marketing Mix
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^