Processor Laptop Terbaik yang Hemat Daya

  • Whatsapp

Processor Laptop Terbaik yang Hemat Daya

Haswell vs Prev Gen

Hal paling menarik dari Intel Haswell ada pada sisi harga. Untuk saat ini, bahkan dengan kondisi nilai tukar rupiah yang anjlok, harga yang ditawarkan untuk sebuah notebook dengan prosesor Intel Haswell relatif terjangkau. Selisih harga yang dimiliki oleh notebook berprosesor Intel Ivy Bridge dan Intel Haswell tidak terpaut jauh. Bahkan, pada beberapa tipe notebook tertentu, harga yang dimiliki notebook dengan prosesor Intel Haswell lebih terjangkau dibanding generasi sebelumnya. Sebagai contoh, saat artikel ini ditulis, harga notebook besutan Acer dengan tipe E1-472G dengan spesifikasi Intel Haswell Core i5-4200U, RAM 4 GB, dan GPU NVIDIA 720M 2 GB berada di kisaran Rp6,5 juta. Bandingkan dengan notebook Intel Sandy Bridge atau Ivy Bridge yang saat pertama kali diluncurkan juga dibanderol seharga enam jutaan, namun masih menggunakan prosesor Core i3, bukan Core i5. Hal ini membuktikan bahwa secara keseluruhan harga yang ditawarkan untuk notebook Haswell lebih terjangkau dibandingkan para pendahulunya saat pertama kali dirilis.

Baca Juga  Harga Samsung Galaxy J7 Duo dan Spesifikasi

Baca Juga : Bagaimana Masa Depan Bitcoin di Tahun 2019 dan 2020

Irit Baterai

Secara arsitektur, Prosesor Intel Ivy Bridge dan Haswell sebenarnya tak banyak berubah.Kedua prosesor beda generasi ini sama-sama mengusung fabrikasi 22 nm. Hanya saja, prosesor Intel Haswell rata-rata memiliki TDP (thermal design power) yang lebih rendah. Walaupun Haswell juga tersedia dalam versi desktop dengan soket 1150, versi mobile-nya lebih menggiurkan. Pasalnya, dengan arsitektur baru, daya yang dikonsumsi oleh prosesor menjadi lebih efisien. Hal ini berimbas pada kebutuhan daya yang kini menjadi lebih irit dan tentu saja bisa memaksimalkan daya tahan baterai notebook. Ini artinya, dengan teknologi processing lebih baru, performa yang dihasilkan dapat meningkat hingga 15%, namun konsumsi daya justru semakin irit. Satu hal lainnya yang membedakan Intel Haswell dengan generasi sebelumnya yakni perbaikan dari sisi grafis. Intel HD Graphics 4xxx series dan Intel Iris Graphics pada Haswell memiliki performa lebih baik dari Intel HD Graphics 4000 yang ada pada Intel Ivy Bridge.

Baca Juga  Pengaruh Dampak Positif dan Negatif Gadget untuk Anak

CPU pada Haswell

Ada enam seri prosesor dalam keluarga Intel Haswell. Masing-masing varian tersebut dibedakan dengan sistem penamaan berupa huruf di belakang angka atau serinya. Huruf M untuk menandakan Mobile processor, huruf Q untuk menandakan quad-core processor, dan huruf X untuk menandakan extreme processor. Ada dua jenis prosesor yang memiliki konsumsi daya rendah yang ditandai dengan huruf U dan Y. Huruf U untuk prosesor ultra low power dan huruf Y untuk prosesor extreme low power. Sedangkan jenis terakhir ditandai dengan huruf H, yaitu BGA 1364 packaging. BGA (Ball Grid Array) yaitu prosesor yang sudah tertanam secara paten (disolder) pada sebuah board sehingga penempatannya serupa dengan sistem embedded.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.