Apa Itu Seni Melukis Cahaya Beserta Contohnya

 Kamera, News

Apa Itu Seni Melukis Cahaya Beserta Contohnya

Apa itu melukis cahaya?

Pada teknik ini, digunakan cahaya artifisial, biasanya senter, untuk menerangi objek kondisi gelap gulita. Objeknya bisa apa saja, mulai dari still life kecil sampai objek besar seperti jembatan atau pohon.



Senter apa yang saya perlukan?

Apa saja bisa dipakai tapi alau ingin memberi pencahayaan pada objek yang lebih besar, dibutuhkan sumber cahaya yang lebih kuat.

 

Bagaimana cara menyiapkan kamera?

Kamera harus dipasangkan pada tripod, karena shutter speed akan beroperasi selama beberapa detik. Cara terbaiknya adalah mengatur kamera pada Bulb dan menggunakan cable release agar dapat mengunci shutter pada posisi terbuka. Setelah selesai melukis pemandangan dengan cahaya senter, tekan cable release untuk mengakhiri eksposur. Gunakan ISO rendah untuk kualitas terbaik dan rekam dalam raw agar white balance dapat disesuaikan dengan mudah.

Baca Juga  Daftar Urutan Processor Terbaik Mediatek

 

Bagaimana memfokuskan dalam gelap?

Penting untuk melakukan pra-pemfokusan pada objek dengan mengarahkan cahaya pada objek, lalu mengunci fokus tersebut. Biasanya, fokus manual cara paling efektif untuk melakukan ini.

 

Bagaimana cara mengetahui durasi eksposur yang dibutuhkan?

Anda tidak bisa mengetahuinya dengan pasti, hanya dengan coba-coba saja. Eksposur akhir akan tergantung pada area yang dilukis cahaya dan kekuatan senter yang digunakan.

 

Jadi saya hanya perlu mengarahkan senter ke objek?

Gerakkan senter ke sekeliling pemandangan agar menerangi area-area yang diinginkan dan benar-benar ‘melukis’ pemandangan dengan sorotan cahaya. Jangan menagarahkan cahaya pada satu titik terlalu lama agar area tersebut tidak mengalami over-expose.

Baca Juga  Tips / Cara Menyelesaikan Misi Game Hitman Sniper Agar Menang

 

Apa yang terjadi kalau akhir pencahayaan saya terlihat pada foto?

Menunjukkan ‘jejak’ cahaya dari senter pada frame bisa jadi salah satu opsi untuk memberi tampilan seru dan surreal pada foto. Misalnya, Anda bisa melukis frame dengan cahaya senter terlebih dahulu kemudian menunjukkan jejak cahaya senter dengan sengaja pada background atau bergerak di sekitar tepi objek dalam area frame.

 

Bagaimana melukis cahaya yang memberikan efek yang tidak biasa diberikan oleh cahaya konvensional?

Anda bisa mengarahkan dan mengelola pencahayaan dengan sangat akurat dan teknik ini mengijinkan Anda untuk melukis objek secara kreatif dengan alat yang berukuran kecil. Tambahan lagi, tentunya dibutuhkan kondisi gelap gulita agar dapat memperpanjang waktu perekaman.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Data di Flashdisk yang Terhapus Tanpa Software

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply