Xiaomi vs Samsung Bagus Mana 2019

 Compare, Daftar Harga, News, Samsung, Xiaomi



[Total: 0    Average: 0/5]

Xiaomi vs Samsung Bagus Mana

Samsung Galaxy On7 vs Xiaomi Redmi 3 Prime

(Harga Bekas dua Smartphone ini ada di Kisaran 1 Jutaan)

Desain dan layar

Jika dibanding secara headto-head, desain keduanya memiliki bentuk yang mirip. Desain kotak dengan sudut-sudut membulat terlihat sederhana. Kebetulan kedua smartphone yang kami uji memiliki warna sama yaitu gold, membuatnya terkesan lebih mewah dibanding warna hitan di bagian bezel depan. Yang menjadi pembeda adalah dimensi keduanya dimana Samsung memiliki layar berukuran 5,5 inci sedangkan Xiaomi berukuran 5 inci. Penempatan tombol juga sama yaitu berada di luar layar sehingga tidak mengganngu tampilan. Semuanya tidak dibekali backlit dan tombol Home pada Samsung menggunakan model hard touch dan dilapisi dengan list metal disekelilingnya. Dua smartphone ini merupakan varian dari seri yang sama. Jika Samsung Galaxy On7 merupakan versi besar dari Samsung Galaxy On5, maka Xiaomi Redmi 3 Prime merupakan versi kecil dari Xiaomi Redmi Note 3. Dengan ukuran berbeda, desain keduanya terbilang cukup tipis dan ramping sehingga nyaman digenggam.

Untuk yang bertangan lebih kecil, Xiaomi memang terasa lebih pas. Uniknya keduanya menggunakan baterai dengan kapasitas besar namun tidak membuat desainnya menjadi tebal. Bahkan Xiaomi yang memiliki kapasitas baterai 4100 mAh masih terbilang tipis. Keduanya menggunakan bezel yang terbuat dari aluminium. Namun bagian belakang Samsung menggunakan bahan plastik dengan motif kulit sehingga tidak licin saat dipegang. Cover ini bisa dilepas sehingga Anda bisa memasang kartu SIM dan microSD di bagian belakang. Xiaomi sendiri menggunakan bahan metal sehingga menambah kesan kokoh. Dengan desain unibodi, cover ini jelas tidak bisa dibuka. Untuk penempatan kartu-kartu, terdapat kompartemen yang berada di slot sebelah kiri yang bisa dikeluarkan menggunakan pin ejector bawaan. Pada bagian belakang, Xiaomi menambahkan fi tur sensor fi ngerprint, sedangkan Samsung menempatkan kamera utama, lampu kilat, serta spiker bersebelahan. Meski berukuran besar, layarnya sama-sama memiliki resolusi 720 x 1280 HD sehingga tampilan konten maupun font pada Samsung terlihat lebih besar. Samsu ng terlihat tidak terlalu mengutamakan fi tur pada layarnya. Ini terlihat pada fi tur multitouch yang hanya mendukung sampai 2 titik sentuhan serta jumlah sensor yang hanya dua jenis saja. Berbeda dengan Xiaomi yang royal dalam menyertakan fi tur pada layarnya. Disini Xiaomi menyediakan 11 jenis sensor dan sudah mendukung hingga 10 titik sentuhan.

Kinerja

Dengan spesifi kasi yang jauh berbeda, tentu saja kinerja yang ditunjukkan skor pengujian akan jauh berbeda. Dari sisi prosesor menggunakan chip dari kelas berbeda, Samsung menggunakan Snapdragon 410 dan Xiaomi Snapdragon 616. RAM-nya juga terlihat timpang, jika Samsung hanya sebesar 1,5 GB maka Xiaomi memiliki kapasitas 3 GB. Untuk urusan multitasking terlihat bahwa Xiaomi lebih nyaman digunakan. ROM sebagai media simpan internal pada Samsung hanya sebesar 8 GB yang tentu saja kurang bagi Anda yang sering memasang aplikasi. Untuk solusi penyimpanan tambahan, Samsung sudah mendukung micro SD hingga berukuran 128 GB. Sedangkan Xiaomi, Anda bisa dengan puas me ngisi berbagai aplikasi hingga fi le lain karena memori internalnya 32 GB dan mendukung micro SD hingga 256 GB. Dari sini sudah pasti skor yang dihasilkan keduanya berbeda jauh. Namun kami menampilkan skor keduanya untuk sekadar membandingkan sejauh mana perbedaannya. Khusus untuk game, keduanya sudah cukup mumpuni dalam menjalankan game-game standar. Untuk game kelas berat, Samsung terlihat mengalami lag di beberapa situasi. Melihat daya tahan baterainya, Xiaomi yang juga memiliki kapasitas lebih tinggi yaitu 4100 mAh terlihat superior. Menggunakan PCMark for Android yang mensimulasikan aktivitas pada smartphone, Xiaomi mampu bertahan hingga 14 jam 13 menit. Semua pengujian kami lakukan dalam kondisi brightness maksimal. Waktu tersebut merupakan terlama selama pengujian yang kami pernah lakukan. Samsung yang memiliki kapasitas 3000 mAh juga tampil cukup baik dengan torehan waktu 5 jam 33 menit, meski tidak terlalu istimewa.

Baca Juga  Netbook 11 inch Terbaik Layar Sentuh dari Dell
Kamera

Jika dari spesifi kasi yang disebut sebelumnya Samsung terlihat ketingga lan namun tidak dari sisi kamera. Samsung Galaxy On7 memang mengedepankan fi tur kamera yang ditujukan bagi kawula muda yang gemar jeprat jepret. Jika melihat pengaturan yang tersedia pada aplikasi kamera masingmasing, kamera Samsung memiliki pilihan lebih beragam. Namun pada pilihan mode Xiaomi menyediakan 8 piihan dan Samsung hanya 5 mode. Namun jika digabung, Samsung tidak kalah banyak karena mode pada Samsung terpisah dalam menu yang berbeda. Jika mode otomatis dirasa kurang mendapatkan gambar yang memuaskan, keduanya menyediakan pilihan Manual/Pro. Xiaomi hanya menyediakan dua pengaturan pada mode Manual yaitu White balance dan ISO. Sedangkan Samsung menyediakan 3 pilihan pengaturan yaitu Exposure, White balance dan ISO. Guna melihat kemampuannya dengan adil, kami coba membandingkan hasil jepretan dari kedua smartphone tersebut menggunakan pengaturan otomatis (default). Hasilnya pun Kami bandingkan head-to-head melalui layar komputer. Untuk kualitas gambar yang dihasilkan, keduanya mampu menampilkan ga mbar yang tajam dan baik dalam kondisi cahaya terang maupun outdoor. kami coba mengambil gambar di siang hari dengan objek dedaunan serta warna langit. Disini terlihat hasil kamera utama Samsung lebih alami dan terang. Warna-warna yang ditampilkan lebih sesuai dengan aslinya. Untuk Xiaomi, hasil gambar terlihat lebih gelap namun terkesan tajam. Untuk warnanya terlalu berlebihan sehingga warna tidak seperti aslinya. Dalam kondisi minim cahaya, Xiaomi lebih mampu menangkap gambar dengan sedikit lebih baik. Hal ini dikarenakan kamera utama Xiaomi memiliki bukaan yang sedikit lebih lebar yaitu f/2.0 sedangkan Samsung memiliki bukaan f/2.1. Sedikit banyak ini terlihat pada hasil pemotretan di kondisi remang maupun gelap. Untuk kamera depan bagi pecinta selfi e, terlihat kamera depan Xiaomi mampu menampilkan gambar lebih detail dan mampu meminimalisir cahaya berlebih. Hal ini berguna saat memotret dengan latar yang memiliki cahaya. Sedangkan pada Samsung, kamera depannya menghasilkan gambar yang lebih halus layak nya sudah diolah secara digital, sehingga terlihat tidak alami.

Baca Juga  Game Android Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang
Interface dan Multimedia

Keduanya masih menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang dibalut dengan user interface masing-masing. Samsung dengan tampilan antarmuka TouchWiz yang khas memiliki App Drawer. Beberapa aplikasi bawaan disertakan namun jumlahnya tidak banyak. Bahkan kami melihat bahwa aplikasi bawaan ini cukup berguna dan Anda tidak perlu repot lagi mencarinya di Play Store. Aplikasi yang terpasang diantaranya kumpulan aplikasi Microsoft serta aplikasi Samsung. Xiaomi menggunakan tampilan antarmuka MIUI. Xiaomi Redmi 3 Prime yang kami terima menggunakan antarmuka MIUI Global 7.5.2.0 yang artinya sudah mendukung update. Bahkan saat kami menggunakannya, update ke MIUI versi 8.0.2.0 sudah tersedia dan bisa diunduh. Tampilan Homescreen terlihat sederhana tanpa App Drawer seperti tampilan khas Xiaomi lainnya. Kesederhanaan ini memang membuatnya menjadi ringan dan tidak memberatkan sistem. Berbagai aplikasi bawaan juga tidak b anyak, diantaranya dikelompokkan dalam kumpulan aplikasi Google dan bawaan Xiaomi. Menariknya ada aplikasi remote yang bisa digunakan untuk mengendalikan beragam peralatan rumah tangga, mulai dari TV, AC, hingga multimedia player. Untuk urusan multimedia, meski tidak menyematkan chip khusus audio, keduanya tetap menyertakan pengaturan keluaran suara berupa equalizer untuk mendapatkan pengaturan suara yang lebih bervariasi. Seperti pada umumnya, pengaturan ini akan lebih terasa bedanya saat menggunakan earphone maupun headphone. Sedangkan untuk keluaran suara spiker bawaan, kualitasnya standar saja.

Daya Saing

Di segmen entry-level dan menengah, Samsung Galaxy On7 memiliki daya tarik dari sisi desain, fi tur kamera yang lumayan, serta layar lebar. Namun dengan kisaran harga tersebut, Samsung memang harus bersaing dengan banyak kompetitor yang menawarkan spesifi kasi lebih tinggi daripada itu. Ketersediaan kapasitas RAM dan ROM yang kami rasa terlalu kecil bisa menjadi kekurangan yang paling terasa. Xiaomi se ndiri menawarkan spesifi kasi serta fi tur menarik yang membuat harga jualnya lebih sebanding dengan apa yang didapat. Beberapa kompetitor di rentang harga 2,5 juta keatas, diisi dengan nama-nama seperti Infi nix Zero 3, Oppo A37, Lenovo Vibe K5 Plus, ataupun Asus Zenfone Selfi e. Kesemuanya menawarkan daya tarik berbeda dengan plus minus yang beragam.

 

Xiaomi Mi4 vs Samsung Galaxy S5. Perbandingan Xiaomi vs Samsung

Memilih smartphone sepertinya gampang, namun bila kita salah memilih, bisa bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang kurang memuaskan. Dengan budget yang sama, bisa jadi kita mendapatkan smartphone dengan kualitas yang lebih baik. Kamera DSLR Canon untuk Pemula Terbaik



Kali ini teknorus.com akan membandingkan duel smartphone flagship tahun lalu, yakni Xiaomi Mi4 vs Samsung Galaxy S5. Meskipun secara harga dua smartphone ini bisa dibilang terpaut cukup jauh. Langsung aja simak perbandingannya gan. Cara Mengupdate Xiaomi ke ROM MIUI

 

Xiaomi-Mi4-vs-Samsung-Galaxy-S5

 

 

Layar :

Xiaomi Mi4 menggunakan layar dengan luas 5 inch resolusi 1080p dengan kepadatan layar sebesar 441 ppi. Sedangkan Samsung Galaxy S5 menggunakan layar yang sedikit lebih lebar yakni seluas 5.1 inch, resolusi fullHD 1080p dan kepadatan layar 432ppi.

samsung galaxy s5 foto

 

Hardware :

Xiaomi Mi4 gahar dari sisi hardware, sebut saja menggunakan processor Quadcore Krait dengan kecepatan 2.5 GHz dari Snapdragon 801 di tandem dengan RAM yang cukup besar yakni 3Gb serta GPU adreno 330 untuk urusan grafisnya, untuk penyimpanan file, Mi4 menggunakan kapasitas penyimpanan 16gb atau 64gb. Sayangnya Xiaomi Mi4 tidak dibekali dengan slot MicroSD untuk penyimpanan tambahan. Untuk menopang kegiatannya Xiaomi Mi4 menggunakan baterai dengan kapasitas 3080 mAh

Baca Juga  5 Tablet Terbaik untuk Gaming Makin Seru

 

Sedangkan Samsung galaxy S5, dari sisi chipset bisa dibilang sama dengan Xiaomi Mi4 yakni menggunakan processor quadcore krait 2.5 GHz dari snapdragon 801, RAM sebesar 2gb, cukup disayangkan RAM nya kurang besar layaknya Xiaomi Mi4, serta Adreno 330 untuk urusan grafisnya. Sedangkan untuk penyimpanan nya Samsung Galaxy S5 menggunakan memori interneal sebesar 16gb atau 32gb serta mampu diperluas dengan MicroSD. Untuk menopang kegiatannya Samsung Galaxy S5 menggunakan baterai dengan daya sebesar 2800 mAh

 

Xiaomi mi4 foto

 

Kamera :

Kamera Xiaomi Mi4 menggunakan Sensor buatan sony dengan resolusi 13 megapixels, aperture f 1.8 LED Flash, mampu merekam video dengan kualitas 4k dengan kecepatan 30fps. Sedangkan kamera Selfie nya menggunakan resolusi sebesar 8 megapixels serta mampu merekam video dengan kualitas fullHD 1080p

Berikut Fitur Kamera Xiaomi Mi4 : 

kamera mi 4 1

 

kamera mi 4 2

 

kamera mi 4 3

 

kamera mi 4 4

 

kamera mi 4 5

 

 

Sedangkan Samsung Galaxy S5 menggunakan kamera dengan Resolusi 16 megapixels & aperture f 2.2, dengan isoCell kamera, auto focus, LED Flash, mampu merekam video 2k dengan kecepatan 30fps, video fullHD dengan kecepatan 60fps & video HD dengan kecepatan 120 fps. Sayangnya untuk kamera selfie hanya mengandalkan kamera dengan resolusi 2 megapixels saja.

 

Berikut Fitur Kamera Samsung Galaxy S5

 

 

 

kamera s5 2

 

kamera s5 3

 

kamera s5 4

 

 

User Interface :

Xiaomi Mi4 menggunakan MIUI versi 7 yang memberikan bermacam macam fitur

Sedangkan Samsung Galaxy S5 menggunakan TouchWiz UI

 

Fitur Premium :

Xiaomi Mi4 dibekali fitur infrared, yang bisa dimanfaatkan untuk remote TV, AC, dan lain lain

 

Sedangkan Samsung Galaxy S5 cukup banyak fitur premiumnya, diantaranya adalah :

  • FingerPrint Scanner
  • Anti air dan tahan debu dengan sertifikat IP67
  • NFC
  • Sensor detak jantung
  • Smart gestures

 

Harga :

Ini yang paling di tunggu tunggu. Meski kedua smartphone ini dari sisi spesifikasi hampir seimbang, namun ternyata harganya terpaut cukup jauh

Untuk mendapatkan Xiaomi Mi4, kamu bisa membelinya dengan harga 2.5 jutaan hingga 3.5 jutaan. Sedangkan Samsung Galaxy S5 harganya masih di atas 5.5 juta, tepatnya antara 5.8 juta hingga 6.6 juta rupiah

 

Benchmark :

 

Diantara Xiaomi Mi4 vs Samsung Galaxy S5, manakah yang performanya paling mantab? Langsung simak datanya dibawah gan

 

mi4 vs s5 benchmark 1

 

mi4 vs s5 benchmark 2

 

 

Kesimpulan :

 

Untuk kamu yang mencari spesifikasi yang mumpuni dengan harga terjangkau, fitur, sensor yang lengkap kamu bisa memilih Xiaomi Mi4, memang secara resmi belum hadir di Indonesia, namun kamu bisa mendapatkannya dengan garansi distributor. Namun bila kamu menginginkan kepastian, kualitas,fitur yang lengkap, security yang aman dengan adanya fingerprint sensor serta after sales yang baik, kamu bisa memilih Samsung Galaxy S5, dengan konsekuensi harga yang cukup mahal. Bagaimana? Pilih yang mana?

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

Halo gan, selamat datang di teknorus.com. Teknorus merupakan salah satu website yg menyediakan informasi terbaru seputar perkembangan gadget terbaru. Meski kami bukan situs terbaik yg ada di jagat internet ini. Namun kami berusaha memberikan informasi yang terbaik. Kalau ada pertanyaan, konsultasi, bisa tinggalkan komentar di halaman tanya jawab dan request

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.