ParentingPendidikan

Ciri Ciri Hamil Muda, 1 Minggu Pertama yang Sehat

Ciri Ciri Hamil Muda, 1 Minggu Pertama yang Sehat –  Sahabat, jika Anda sudah merencanakan kehamilan, maka sebaiknya tidak perlu menunggu telatnya menstruasi untuk mengetahui bahwa diri Anda tengah mengandung. Anda dapat segera memeriksa diri agar perawatan janin dapat dilakukan sedini mungkin.

Selain menggunakan testpack atau metode lain, beberapa ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid dapat dilihat melalui gejala sebagai berikut.

Ciri Ciri Hamil Muda, 1 Minggu Pertama yang Sehat

Mudah merasa lelah adalah Ciri Ciri Hamil Muda

Wanita hamil mengalami peningkatan kadar hormon progesteron. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik menjadi lebih lemah dan tidak berenergi. Seseorang yang hamil mungkin saja merasa lelah tanpa melakukan apa-apa. Hl itu adalah ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid yang paling mudah dikenali.

Sering ingin buang air kecil adalah Ciri Ciri Hamil Muda

Kondisi yang terjadi pada wanita hamil adalah lebih cepatnya darah terpompa menuju ginjal. Hal ini masih dipengaruhi oleh hormon progesteron. Akibatnya, ginjal juga akan bekerja ekstra untuk menyaring cairan tubuh menjadi urin. Karena kerja cepat dari ginjal itulah urin akan menumpuk di kandung kemih dan memicu rasa ingin buang air kecil.

Beberapa indera menjadi sensitif adalah Ciri Ciri Hamil Muda

Pada wanita hamil, beberapa indera akan menjadi lebih sensitif, terutama pada indera penciuman. Bahkan, indera penciuman wanita hamil tidak hanya pada bau-bauan yang memang menyengat tetapi juga pada benda-benda yang memiliki bau netral, bahkan aroma tubuh seseorang.

Sensitifnya penciuman tersebut yang membuat seorang wanita hamil mudah merasa mual dan mungkin saja muntah.

Baca Juga : Apa Itu ADHD dalam Psikologi

Mudah mual dan muntah adalah Ciri Ciri Hamil Muda

Mualnya seorang wanita hamil bukan hanya dipengaruhi indera penciumannya yang sensitif, tetapi juga karena meningkatnya asam lambung. Hormon esterogen yang meningkat adalah penyebabnya.

Peningkatan asam lambung ini umumnya terjadi pada pagi hari dan dikenal dengan sebutan morning sickness.

Mual dan muntah juga dapat disebabkan oleh kadar Human Chorionic Gonadotropin oleh plasenta yang menyebabkan perasaan tidak nyaman. Namun, hal itu akan segera hilang seiring bertambahnya usia kehamilan.

Sering mengalami kram perut

Mirip ketika seorang perempuan sedang datang bulan, ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid juga bisa diketahui dari rasa kram yang sama. Hal ini yang terkadang membuat seseorang justru menganggap dirinya tidak hamil karena mengira akan segera menstruasi.

Gejala kram pada perut ini akan terjadi hingga trisemester kedua dan mereda saat rahim sudah berada di tengah atau disangga panggul.

Untuk mengurangi kram ini, Anda dapat menggunakan handuk hangat atau pun botol yang berisi air hangat. Gunakan itu sebagai kompres perut. Hal tersebut akan membuat otot menjadi rileks dan peredaran darah akan lancar.

Selain itu, tidur dengan posisi meringkuk juga dapat dilakukan sebagai peredam rasa nyeri akibat kram pada perut.

Ciri Ciri Hamil Muda

Mood yang sering berubah-ubah

Wanita yang mengandung biasanya memiliki perasaan yang sensitif. Perasaan sensitif itu membuatnya mudah merasa sedih, marah, atau bahagia jika menemukan suatu hal yang sepele.

Memiliki nafsu makan yang meningkat

Meskipun dibarengi rasa mual, tetapi umumnya wanita yang hamil akan merasa ingin makan banyak. Untuk itu sebaiknya menahan diri mengkonsumsi junkfood dan memilih makanan sehat kaya vitamin.

Perut kembung dan sakit pinggang

Peningkatan kadar hormon akan membuat wanita hamil merasa sakit di bagian pinggang. Selain itu, bagian perut juga akan terasa kembung, sakit, dan tidak nyaman. Selain itu, hormon juga akan membuat tubuh menjadi lebih mengembang, seperti pada bagian paha, lengan, dan leher.

Mengeluarkan flek dan keputihan

Wanita yang hamil akan mengeluarkan flek mirip darah haid. Flek tersebut dapat dibedakan dengan mudah dengan darah haid, seperti misalnya warnanya yang lebih pucat dan tidak sebanyak darah menstruasi.

Hal tersebut disebabkan oleh proses implantasi embrio di dinding rahim sehingga pembuluh darah sekitar dinding rahim pecah. Hal tersebut juga menjadi ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid yang paling mudah diamati.

Selain itu, wanita hamil juga akan mengalami keputihan. Jangan khawatir, hal ini normal terjadi. Hal tersebut menandakan adanya pembersihan vagina, selama cairan yang dikeluarkan bening dan tidak berbau busuk.

Payudara membesar dan terasa nyeri

Seperti ketika sedang menstruasi, payudara perempuan hamil akan terasa nyeri. Selain itu payudara juga akan membesar seiring tubuh mempersiapkan kelenjar susu untuk menyusui sang anak.

Nah, itu tadi adalah uraian singkat mengenai ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid. Dengan mengetahui kondisi kehamilan sedini mungkin maka tentu saja kita dapat melakukan perawatan sedini mungkin.

Tips Menjaga Kehamilan Muda

Ingin janin anda sehat ? Nah jangan khawatir, teknorus.com akan berikan tipsnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kehamilan Anda yang masih muda:

  1. Berolahraga secara teratur: Olahraga teratur dapat membantu Anda merasa lebih sehat dan membantu menjaga kesehatan Anda selama kehamilan.
  2. Konsumsi makanan bergizi: Pastikan untuk makan makanan yang sehat dan bergizi selama kehamilan Anda. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, protein, dan sumber karbohidrat sehat.
  3. Hindari rokok dan alkohol: Rokok dan alkohol dapat merugikan kesehatan Anda dan janin Anda selama kehamilan. Oleh karena itu, hindarilah keduanya selama masa kehamilan.
  4. Gunakan pengaman saat melakukan aktivitas fisik: Jangan lupa untuk menggunakan pengaman, seperti sabuk pengaman atau tiang pengaman, saat melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan banyak gerakan.
  5. Bersikap tenang dan rileks: Berusaha untuk tetap tenang dan rileks selama kehamilan dapat membantu menjaga kesehatan Anda dan janin Anda.
  6. Konsultasikan dengan dokter: Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang kehamilan Anda. Dokter Anda akan memberikan saran yang tepat untuk menjaga kesehatan Anda dan janin Anda.

 

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Ciri Ciri Hamil Muda
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Ciri Ciri Hamil Muda
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^