Kesehatan dan Gaya HidupParentingPendidikan

Penyebab Mimisan Pada Anak Secara Tiba Tiba Saat Tidur

Penyebab Mimisan Pada Anak Secara Tiba Tiba Saat Tidur – Sering melihat anak-anak atau balita mimisan? Atau anda juga pernah mimisan? Kenapa ya anak-anak dan balita itu bisa mimisan?

Mimisan yang terjadi pada setiap anak berbeda-beda. Beberapa anak menglaminya hamper setiap hari, beberapa juga hanya mengalaminya saat sakit, ada yang mengalaminya hanya sekali bahkan ada juga yang belum pernah mengalami mimisan sama sekali. Bagaimana bisa berbeda-beda? Mari simak penjelasannya.

Apa sebenarnya mimisan itu? Mimisan atau epistaksis adalah keluarnya darah dari hidung bagian dalam karena pecahnya pembuluh darah pada hidung. Mimisan bisa menyerang siapa saja. Sebagian orang menganggap bahwa mimisan adalah hal yang berbahaya, namun ternyata umumnya mimisan adalah gangguan kecil.

Mimisan seringkali terjadi pada kita, baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Namun mimisan lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Anak-anak usia 3 sampai 10 tahun adalah yang paling sering terkena mimisan, hal ini disebabkan karena pembuluh darah pada anak-anak lebih rapuh dan mudah pecah.

2 Faktor Penyebab Mimisan Pada Anak

Ada dua faktor penyebab mimisan pada anak-anak atau balita, faktor organik atau gangguan kesehatan bayi dan faktor gangguan medis.

Faktor organik ini disebabkan karena terdapat kelainan organ bawaan sejak lahir terutama pada hidung atau karena pembuluh darah yang rapuh dan juga terlalu tipis sehingga ketika melakukan aktivitas yang berlebihan maupun stres dan juga karena iritasi dapat menyebabkan mimisan.

Faktor gangguan medis terjadi karena gagalnya pembekuan darah saat proses penutupan luka yang kemudian menyebabkan mimisan pada anak.

Waspada, Inilah 5 Penyebab Mimisan Pada Anak

Berikut adalah beberapa hal selain dua faktor diatas yang sering menjadi penyebab mimisan pada anak-anak dan juga balita, lalu apa sajakah itu?

1. Cuaca yang ekstrim (suhu udara yang ekstrim) merupakan Penyebab Mimisan Pada Anak

Suhu udara ekstrim yang dimaksud disini adalah suhu udara yang terlalu panas atau suhu udara yang terlalu dingin. Suhu udara yang ekstrim ini membawa udara kering yang menyebabkan hidung menjadi kering dan akan mudah mengalami iritasi sehingga pembuluh darah kecil pada hidung akan mudah pecah jika mengalami gesekan yang kemudian mengakibatkan mimisan pada anak-anak ataupun balita.

Untuk mencegah mimisan karena suhu udara ekstrim dapat menggunkan masker pada cuaca dingin dan mengeluarkan ingus dengan perlahan.

2. Kelelahan adalah Penyebab Mimisan Pada Anak

Jika anak-anak atau balita mengalami kelelahan maka sebagian besar pembuluh darah akan tegang termasuk pembuluh darah kecil pada hidung. Bagi anak-anak atau balita yang memiliki pembuluh darah lemah, pembuluh darah yang tegang akan lebih mudah pecah yang kemudian menyebabkan anak-anak atau balita mimisan.

3. Terlalu sering mengorek lubang hidung

Di ujung rongga hidung terdapat anyaman pembuluh darah yang disebut plexus kieselbach. Pada beberapa orang anyaman pembuluh darah inicenderung sensitive sehingga jika kita memasukkan jari ke dalam hidung dengan tidak hati-hati hingga menyentuh anyaman pembuluh darah ini maka pembuluh darah tersebut akan mudah pecah dan menyebabkan mimisan.

Nah karena itu jika ingin membersihkan hidung lebih baik menggudakan obat pembersih hidung atau jika ingin menggunakan jari lebih baik pakai jari kelingking dan pastinya dengan hati-hati ya guys.

4. Terkena benturan dengan keras

Pembuluh darah yang terkena benturan akan pecah dan mengakibatkan pendarahan, tidak terkecuali pembuluh darah pada hidung. Sebagian besar orang yang menerima benturan keras di hidung akan mengalami mimisan karena pecahnya pembuluh darah pada hidung.

Namun untuk beberapa anak yang memiliki pembuluh darah hidung lemah akan lebih mudah mengalami mimisan karena sedikit benturan terjadi pada hidung akan menyebabkan pembuluh darah pecah.

5. Stress

Bagaimana bisa stres menyebabkan mimisan? Apa hubungannya dengan hidung? Apabila kita sedang stres sirkulasi darah akan naik begitu juga dengan tekanan darah kita, tekanan darah kita juga akan ikut naik. Karena tekanan darah yang naik itu menyebabkan pembuluh darah mengalami gangguan terutama pembuluh darah pada hidung.

Pembuluh darah pada hidung sangat rapuh sehingga jika tekanan darah naik maka pembuluh darah akan mudah pecah. Karena itulah stres sedikit saja dapat menyebabkan mimisan.

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Sebenarnya mimisan bukanlah hal yang berbahaya, namun jika mimisan terjadi secara terus menerus dan tidak mau berhenti hingga lebih dari 30 menit sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit karena bisa saja berakibat fatal untuk anak-anak.

Namun kita juga tidak boleh panik dalam mengatasi anak yang sedang mimisan. Jika sedang menghadapi orang mimisan sebaikya dibantu dengan cara sederhana seperti duduk tegak dan tidak berbaring, condongkan tubuh kedepan agar darah keluar melalui hiding dan tidak masuk ke tenggorokan, gunakan ibu jari untuk memencet hidung agar darah berhenti dan juga kompres dingin pada pangkal hidung untuk memperlambat pendarahan.

Kesimpulan Faktor Penyebab Mimisan Pada Anak dan Solusinya

Mimisan pada anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

  1. Infeksi – mimisan dapat disebabkan oleh infeksi pada hidung atau sinus, seperti sinusitis atau rinitis.
  2. Allergi – mimisan dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap debu, bulu hewan, atau makanan tertentu.
  3. Polip hidung – mimisan dapat disebabkan oleh adanya polip hidung, yaitu benjolan yang tumbuh di dalam hidung.
  4. Radang selaput lendir hidung – mimisan dapat disebabkan oleh radang selaput lendir hidung, yaitu peradangan yang terjadi pada lapisan tipis yang menutupi hidung.
  5. Tekanan darah tinggi – mimisan dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

Penyebab Mimisan Pada Anak

Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi mimisan pada anak:

  1. Mengatasi infeksi – jika mimisan disebabkan oleh infeksi pada hidung atau sinus, maka solusinya adalah dengan mengobati infeksi tersebut dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
  2. Menghindari alergen – jika mimisan disebabkan oleh reaksi alergi, maka solusinya adalah dengan menghindari alergen yang menyebabkan reaksi alergi tersebut.
  3. Mengobati polip hidung – jika mimisan disebabkan oleh polip hidung, maka solusinya adalah dengan mengobati polip tersebut dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter atau dengan melakukan operasi.
  4. Mengobati radang selaput lendir hidung – jika mimisan disebabkan oleh radang selaput lendir hidung, maka solusinya adalah dengan mengobati radang tersebut dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
  5. Mengontrol tekanan darah tinggi – jika mimisan disebabkan oleh tekanan darah tinggi, maka solusinya adalah dengan mengontrol tekanan darah tersebut dengan mengikuti diet yang sehat dan olahraga teratur, serta menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter

Nah jadi jangan panik lagi ya kalau lagi mimisan atau sedang bersama orang yang mimisan dan semoga saja artikel mengenai penyebab mimisan pada anak ini dapat menambah wawasan Kita semua yah

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Penyebab Mimisan Pada Anak
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Penyebab Mimisan Pada Anak
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^