Daftar HP Android Samsung, LG , Sony, yang dapat Marshmallow

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Fitur-fitur Android Marshmallow Yang Patut Ditunggu

 

Read More

Mulai oktober 2015 Google menggulirkan Android 6.0 Marshmallow. Jajaran smartphone dan tablet Nexus menjadi perangkat pertama yang menerima pembaruan ini. Barulah  selanjutnya vendor ponsel Android akan mulai mengirimkan ke perangkat besutanya.

 

Nah sembari menanti kedatangan Android Marshmallow di perangkat Anda. Berikut sejumlah perubahan dan fitur yang patut ditunggu kehadiranya

.

hp android yang dapat update marshmallow

 

  • Menu Baru

salah satu perubahan yang terlihat jelas pada Android Marshmallow adalah tampilan menu aplikasi. Pada lollipop, transisi layar ke kanan dan kiri. Sementara di Marshmallow transisi menu aplikasi ke atas dan bawah. Urutan aplikasi masih berdasarkan abjad. Di bagian pinggir kanan terdapat scroll, yang bila ditahan dan digulirkan akan muncul abjad untuk mempermudah menuju ke aplikasi.

Dibagian atasnya, Google menempatakan bar pencarian dan area yang menampilkan aplikasi yang sering digunakan.

  • Clock

Google melakukan desain ulang pada tampilan jam di lock screen. Bagian angka jam dibuat lebih langsung namun dibuat tebal. Sedangkan huruf pada bagian tanggal dibuat kapital.

Sementara itu dibawah tanggal dan hari terdapat bagian untuk menempatkan pesan. Kita bisa menulisakan sesuai keinginan. Caranya, buka settings > Security > Lock Screen > Message.

  • Memory Manager

Menjawab keluhan di Android Lollipop yang menguras cukup banyak RAM. Sehingga membuat kinerja sedikit menurun. Google lantas menghadirkan pengaturan memori sehingga pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kita bisa memonitor penggunaan RAM. Bahkan dimungkinkan melihat penggunaan RAM pada 3, 6, 12, 24 jam sebelumnya. Membantu pengguna mengidentifikasi masalah. Untuk menggunakannya, buka Settings > Memory.

  • Doze

Android Marshmallow membawa fitur power saving terbaru yang bernama Doze. Dengan fitur ini, baterai smartphone Android dijanjikan akan irit. Fitur ini berjalan ketika perangkat tidak lagi digunakan dan akan dimasukan kedalam tidur. Alhasil, baterai akan lebih irit. Google mengklaim pemakaian daya bisa di tekan dua kali dibanding Android Lollipop. Fitur Doze ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan tergantung kebutuhan pengguna.

  • Optimalisasi Battery

Selain Doze, Google turut melengkapi 6.0 dengan fitur Battery Optimisation. Kita dapat memantau bagaimana aplikasi mengkonsumsi baterai. Sehingga bisa mengatur pengunaan agar baterai semakin lebih awet

  • Pengaturan Volume

Kontrol volume kini didukung dengan sistem ganular yang terpisah dengan volume dering, alarm, dan volume multimedia. Selain itu Android 6.0 kini memiliki tombol baru yaitu Do not disturb yang muncul di menu notifikasi. Do not disturb terdiri dari tiga mode, yaitu Total Silence, Alarm Only dan Priority Only. Pengguna dapa menyesuaikan opsi ini dari menu notifikasi atau Pengaturan (Settings) aplikasi.

  • Fingerprint

Fitur sensor sidik jari sudah tersedia di perangkat Android dari beberapa tahun lalu. Hanya saja baru Android Marsmallow yang mendukung secara sistem. Sebelumnya, software untuk memindai dibuat oleh manufaktur pengusungnya.

  • Google Now

Google membuat asisten pribadi virtualnya di Android Marshmallow makin cerdas dan kian mengerti penggunanya. Selain itu, terdapat fitur baru bernama Now on Tap. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengakses Google Now dari aplikasi apapun, tanpa meninggalkan aplikasi tersebut.

Semisal, ketika tengah bercakap dengan teman di aplikasi Line yang mengajak menonton. Masih di aplikasi Line, pengguna bisa menekan dan menahan tombol Home untuk menampilkan Google Now. Seketika Google Now langsung menampilkan card berisikan informasi mengenai film yang dimaksud dalam percakapan tadi. Dari sana pengguna bisa melihat detail informasi secara lebih rinci.

  • App Permissions

Ketika akan ingin meninstal aplikasi atau game yang diunduh dari Google Play Store. Ada semacam persetujuan untuk aplikasi maupun game tersebut agar dapat mengakses apa saja di sistem Android. Di Android Marshmallow, Google membawa sedikit perubahan dimana setiap aplikasi akan melakukan permintaan izin sebelum dibuka atau bahkan pada saat keadaan tertentu. Kita nantinya dapat menyetujui atau bisa juga menolak permission terebut.

  • USB Type C

Android Marshmallow mendukung USB-C. Konektor USB-C dapat meningkatkan kecepatan pengisian daya baterai 40 kali dibanding MicroUSB. Selain itu dapat dipakai lebih mudah karena bisa ditancapkan dalam posisi terbalik, dengan USB-C dapat mengisi daya smartphone lain.

  • App Link

Apps Link memberikan kemudahan bagi developer untuk menghilangkan disambiguasi aksesibilitas untuk masuk ke sebuah tauta. Ambil contoh ketika pengguna mendapatkan pesan yang berisi tautan ke Facebook atau Twitter.

Ketika mereka mengklik tautan tersebut, maka akan langsung masuk ke aplikasi tersebut. Jadi tidak perlu memilih terlebih dulu mau mengaksesnya lewat aplikasi atau web browser.

  • Rotasi Home Screen

Android Marshmallow membawa dukungan untuk mengubah rotasi tampilan home screen dan  aplikasi. Tak perlu memiliki ponsel berlayar lebar untuk menggunakan fitur ini. Cukup ubah rotasi ke landscape aja.

  • Screenshoots

Setiap melakukan screenshoot akan muncul di notifikasi. Di Android Marshmallow kita diberikan menghapus langsung dari bagian notifikasi.

  • Kostomisasi Quick Settings

Tidak seperti Android Lollipop yang tidak bisa menyesuaikan pengaturan cepat. Namun, pada Android M, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan cepat sesuka hati. Sehingga, pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

  • Android Pay

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan proses pembayaran menggunakan perangkat Android. Dengan menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC) dan Host Card Emulatio, android pay dapat melakukan proses pembayaran dengan cepat,mudah dan aman.

 

  Daftar Perangkat yang Mendapat Android Marshmallow

SamsungGalaxy Note 5, Galaxy S6 Edge Plus, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Galaxy Note 4, Galaxy Alpha, Galaxy S5, Galaxy A8, Galaxy A7Galaxy A5, Galaxy A3, Galaxy E-Series

 

HTCOne M8, One M9, HTC M9 Plus, One E9, One E9 Plus, One E8Desire Eye, Desire 820
SonyXperia M5, Xperia C5 Ultra, Xperia Z3 Plus (Z4), Xperia Z3v, Xperia Z3 Compact, Xperia Z2, Xperia Z Ultra GPE (Google Play Edition)Xperia Z1

 

LGG4, G3, Flex 2G2, G2 Pro, G Flex
AsusZenfone 2 series, Zenfone 2 Laser, Zenfone Deluxe, Zenfone SelfieZenfone 6, Zenfone 5, Zenfone 4
OnePlusOnePlus One, OnePlus 2
XiaomiMi4, Mi 4i, Mi note, Mi note Pro, Redmi Note 2, Redmi 2, Redmi 2 PrimeRedmi Note, Redmi 1S
HuaweiAscend P8, Mate7, Honor 6 Plus dkk
MotorolaMoto X Pure Edition, Moto X Style, Moto X Ply, Moto X Gen 2, Droid Turbo, Moto MaxxMoto G Gen 3, Moto G Gen 2, Moto G

 

 

Baca Juga  Kamera Pocket Wifi Kualitas DSLR Canon G7X MK II

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.