Fitur Android Terbaru Android M

  • Whatsapp

Fitur Android Terbaru Android M

Android M Generasi Penerus Sistem Operasi Android Lollipop

Read More

 

Android anyar ini diberi nama kode Android M. Seperti biasa, nama dari masing-masing generasi OS Android yang hadir diambil secara urut berdasarkan abjad huruf dan menggunakan nama-nama kudapan manis, seperti Éclair, Froyo, Ice Cream Sandwich, sampai Lollipop. Game Sepakbola Offline PES 2018 Android

Apakah M disini akan tertuju ke nama kudapan Marshmallow, Mars Chocolate , M&M’s atau Macaroon? Semua itu masih menjadi misteri sampai akhirnya generasi penerus dari Android Lollipop ini diumumkan secara resmi pada ajang Google I/O. Seperti yang telah dihadirkan lewat update sebelumnya di Lollipop, tentunya banyak yang berharap bahwa Android M dapat menghadirkan segudang fitur dan peningkatan yang sempurna. Game Ppsspp PSP Terbaik 2017 – 2018

 

Android-M

 

Lollipop memang hadir dengan update yang begitu `design-centric`, dimana merombak layout habis-habisan yang telah hadir sebelumnya. Pun demikian, tak sedikit yang menaruh ekspektasi kepada Android M. Kendati Lollipop tak terlalu menyedot perhatian para pengguna perangkat Android, dengan munculnya Android M nanti, digadang-gadang akan OS yang menawarkan fiur baru nan dinamis dan interaktif.

 

Design dan Interface

Baca Juga  Artificial Intellegence Terbaru yang Akan di Rilis

Android M diharapkan dapat kembali merombak tampilan desain dan interface yang diperlihatkan nantinya. Desain dan interface yang hadir diproyeksi akan memiliki konsep serupa, seperti yang dilakukan Apple dalam mengubah iOS 8 dari iOS 7. Namun, jangan berharap bahwa tampilan Android M akan diubah secara total dan berbeda dari Lollipop. Jika memang ada perombakan tampilan desain dan interface, M dan Lollipop disebutkan tidak akan memiliki banyak perbedaan spesifi. Mungkin saja yang terjadi hanya perubahan evolutionary dan perbaikan beberapa tampilan. Terlebih, tampilan userface Lollipop dinilai cukup stylish.

 

Bukan Untuk Tablet PC?

Banyak kalangan yang bertanya-tanya, apakah Android M juga akan hadir untuk perangkat tablet PC? Kemungkinan besar, akan hadir! Namun tidak dalam jangka waktu yang berdekatan dengan versi smartphone. Dengan hadirnya Android 5.0 Lollipop di beberapa prosesor yang mampu menjalankan OS dengan prosesor 64-bit dan RAM berkapasitas besar, tentunya Android M akan membutuhkan perangkat tablet dengan spesifiasi yang lebih tinggi dari perangkat tablet yang sudah tersemat di Lollipop. Tentunya, perangkat yang sudah memiliki sistem operasi Lollipop tersebut tidak akan menghadirkan update untuk melanjutkan ke seri M.

 

User Control Salah satu revisi yang kemungkinan besar akan hadir di Android M adalah mengijinkan pengguna perangkat Android untuk melakukan unlock aplikasi yang berjalan di sistem operasi tersebut, sampai batas tertentu akan memberikan mereka kontrol yang lebih leluasa. Ide dasar peningkatan yang telah dirumorkan ini adalah agar pengguna dapat mengatur atau bahkan membatasi data untuk masuk ke dalam aplikasi tersebut sebelum diinstal. Inti dari fiur baru ini jika diimplementasikan, para pengguna bisa mengatur akses aplikasi tersebut ke data sensitive, seperti foto, kontak, dan lokasi.

Baca Juga  Inilah Harga Oppo Phablet Terbaru 2016

 

 Voice Access diprediksi akan hadir di Android M. Fitur ini merupakan salah satu fitur andalan yang konon akan menjadi daya tarik bagi para pengguna. Jelas saja, Voice Access dapat memberikan akses ke para pengguna untuk mengoperasikan perangkat tanpa harus menyentuh layar sama sekali. Fitur ini belum pernah hadir di seri sistem operasi Android sebelumnya. Dengan fitur ini, pengguna akan dapat menggunakan smartphone dengan bantuan suara tanpa perlu menyentuh layar smartphone sama sekali. Wow canggih sekali bukan ?

 

Nearby

Nearby adalah merupakan sebuah fitur yang akan pertama kali hadir di android M. Fitur ini memungkinkan perangkat Android berkomunikasi dengan perangkat lain yang berdekatan mirip dengan fungsi bluetooth, dan NFC (Near-Field Communication). Hanya  Nearby akan menggunakan teknologi yang tentu saja berbeda dengan pendahulunya. Sejauh ini, fitur Nearby adalah kandidat terkuat yang akan hadir di Android M. Bahkan bisa diaktifkan langsung lewat update Play Services.

Baca Juga  Fitur Android M Android Marshmallow Terbaru

 

Fitur Reply di Notifiations

Fitur lain yang diprediksi akan hadir di Android M adalah pengguna dapat langsung membalas pesan teks lewat tab notifiations di perangkat Android hanya dengan swipe dari sisi atas layar ke bawah. Jadi, para pengguna tidak perlu repot-repot untuk masuk ke aplikasi lainnya demi membalas pesan yang sudah masuk. Tak hanya itu, fiur reply ini dirumorkan bahwa pengguna akan bisa membalas pesan tak hanya lewat aplikasi Messaging, namun juga dari aplikasi WhatsApp, Facebook Messenger, dan lainnya. Android Lollipop sendiri tidak memiliki fiur ini. Mungkin saja ini akan menjadi salah satu permintaan para pengguna Android agar seri M menghadirkan fiur praktis dan cepat untuk memudahkan mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

 

Screen Optimisation

Beberapa merek smartphone sudah menghadirkan fitur screen optimization dengan menghadirkan mode dualwindow. Alangkah baiknya jika mode ini hadir secara langsung dari Android. Hal ini dapat memudahkan penggunanya untuk tetap memaksimalkan kinerja perangkat dengan dua jenis mode kegiatan, seperti menonton YouTube dan membalas email pada waktu bersamaan. Sayangnya, hal ini belum dimiliki oleh Android Lollipop. Semoga saja Android M dapat mengadaptasi fiur inovatif yang satu ini.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment