Google Meluncurkan Fitur Terbaru Google Maps

 News



[Total: 0    Average: 0/5]

Google Meluncurkan Fitur Terbaru Google Maps

 

Pada pernyataan persnya pada Rabu, 9 Mei 2018, Google menyampaikan bahwa versi terbaru Google Maps akan meluncur pada musim panas tahun ini. Fitur-fitur inti Google Maps akan mendapatkan pembaharuan seperti biasa. Namun, kali ini, secara khusus Google akan menghadirkan beragam fitur baru yang tidak pernah ada sebelumnya.

“Sekitar setahun lalu, ketika kami berbincang dengan pengguna, satu hal yang kami tanyakan kepada mereka adalah “Bagaimana kami bisa benar-benar membantu kalian? Apa saja yang kalian inginkan dari Google Maps?” Dari semua jawaban yang kami peroleh, ada banyak responden yang menginginkan bantuan saat mereka mengelilingi suatu area, termasuk membantu mereka menentukan tujuan mereka pergi,” ujar Sophia Lin, salah seorang manajer produk senior Google pada tim Google Maps. “Berangkah dari sini, kami benar-benar mencari tahu apa saja yang bisa kami lakukan dari Google untuk membantu orang banyak.”



Google memang tidak main-main dalam mengembangkan aplikasi yang satu ini. Bahkan hingga kini, Google Maps menjadi referensi utama bagi banyak orang dalam mencari tahu lokasi tertentu serta arah menuju lokasi tersebut. Google pun tak berhenti di sebatas menyajikan layanan peta digital. Beragam fitur tambahan disediakan untuk membantu para pengguna dalam menemukan tempat yang mereka inginkan. Tak terbilang jumlah pengguna Android yang merasa terbantu dengan hadirnya beragam fitur pada Google Maps. Bahkan ketika aplikasi alternatif sekelas Waze muncul, Google Maps tidak pernah kehilangan para pengguna setianya.

Berkat Google Maps, setiap pengguna Android bisa pergi ke manapun dan mengetahui lingkungan sekitar lokasi tersebut tanpa sedikit pun beranjak dari tempatnya berada. Anda pun bisa mengetahui rute terbaik beserta kepadatan lalu lintas pada rute tersebut. Berkat adanya Google Maps, kita tak perlu lagi khawatir akan tersesat. Cukup ikuti petunjuk dari Google Maps dan 99% Anda akan tiba di tujuan yang Anda pilih. Anda bahkan bisa bermain permainan yang Anda sukai seperti M88 sambil bepergian, Selama Anda mengikuti petunjuk arah dari Google Maps, kecil kemungkinan Anda bisa tersesat.

Nampaknya, pengalaman inilah yang akan dikembangkan oleh Google lewat fitur-fitur baru yang akan hadir pada musim panas tahun ini. Beberapa pihak bahkan menduga ada kemungkinan Google akan meningkatkan pengalaman menggunakan Google Maps dengan bantuan teknologi AI atau kecerdasan buatan.

Nantinya, pada versi baru Google Maps, akan tersedia tab baru “Untuk Anda” yang pada intinya berisikan rekomendasi tempat untuk Anda jelajahi. Anda akan bisa ‘mengikuti’ lingkungan dan kota tertentu (atau bahkan tempat yang ingin Anda kunjungi dalam waktu dekat). Hal ini sekilas mirip dengan pengalaman menggunakan jejaring sosial media. Ketika Google Maps menemukan hal-hal yang menarik di area tersebut, seperti restoran yang sedang naik pamor atau kedai kopi yang baru saja buka, Anda akan segera diberitahu.

Mengenai hal ini, Lin berujuar bahwa kita sering kali mendapat kesulitan menemukan hal-hal baru di sekitar kita. Hal ini bakal sering terjadi, terutama jika Anda berkunjung ke daerah yang sama sekali baru, misalnya bagi Anda yang akan berkunjung ke Rusia untuk menyaksikan perhelatan ajang Piala Dunia. Terkadang kita cukup beruntung dan menemukan tempat-tempat yang sedang terkenal ketika sedang bepergian. Tapi, tak jarang pula kita baru sadar tentang tempat tersebut 6 bulan atau bahkan lebih setelah temapmt tersebut dibuka. Hal inilah yang mendorong tim Google Maps untuk menyajikan informasi tempat yang sedang viral dan menyajikan informasi ini kepada para pengguna Android.

Ada juga beberapa fitur lain, seperti ‘Daftar Pecinta Makanan’ dan ‘Populer Minggu Ini’ yang dirancang secara khusus untuk menampilkan hal-hal menarik di suatu area. Google memanfaatkan analisa anonim dalam meneliti hal – hal yang sedang menarik semacam ini, termasuk tempat banyak orang berkumpul di satu tempat dan menikmati hal-hal baru. Orang-orang semacam ini biasanya kelompok pertama yang mencoba tempat-tempat baru dan dengan mempelajari pergerakan mereka, Google bisa mengetahui munculnya tempat-tempat menarik baru. Dengan pola yang sama, daftar ‘Populer’ mengacu pada populasi keseluruhan sehingga daftar yang ditampilkan bisa disesuaikan dengan musim yang sedang berjalan. Contohnya, nantinya Google Maps bisa menampilkan informasi seperti kedai es krim yang sedang populer saat cuaca sedang panas-panasnya.

Untuk hal-hal lain yang ditampilkan di lini ‘Untuk Anda’, Google Maps akan menganalisa artikel berisikan berita lokal untuk menampilkan hal-hal menarik baru lainnya.

Terkait hal ini, Lin menegaskan bahwa lini informasi ini tidak akan melulu tentang jumlah informasi yang diproses, tetapi yang paling penting adalah menampilkan informasi yang benar pada waktu yang tepat dan untuk orang yang tepat.

Tab informasi “Untuk Anda” juga akan mendapatkan beberapa fitur dasar tambahan yang kesemuanya akan berdasarkan AI. Berkat teknologi terapan ini, Google Maps akan mampu menyajikan informasi-informasi penting, seperti daftar restoran terbaik atau tempat makan siang terkenal, tergantung dari konteks dan waktu pencarian pada hari tersebut.

Fitur baru lainnya yang akan dihadirkan pada Google Maps versi berikutnya adalah “Hasil Anda”. JIka Anda biasanya mempertimbangkan suatu restoran berdasarkan jumlah bintang yang mereka miliki, maka Anda pasti tahu bahwa nilai dari restoran tersebut hanya sebatas jumlah bintang yang mereka peroleh, meski pada kenyataannya tidak begitu. Kini, dengan fitur “Hasil Anda”, Google Maps akan menampilkan nilai yang lebih sesuai dan akurat. Penilaian ini akan menginformasikan seberapa sesuai suatu restoran dengan kriteria yang Anda miliki.

Google Maps akan belajar dari kriteria Anda berdasarkan cara Anda menilai suatu tempat. Anda pun akan diberi kebebasan untuk mengatur seberapa jauh fitur ini bisa mempelajari kriteria Anda pada bagian pengaturan nanti. Yang menarik dari fitur ini adalah meskipun orang lain punya kemiripan kriteria dengan Anda, Google Maps hanya akan mendasarkan penilaiannya pada kriteria dan penilaian yang Anda lakukan, bukan orang lain.

Fitur lainnya yang akan dihadirkan pada Google Maps versi mendatang adalah perencanaan grup. Berdasarkan demo yang sempat diperlihatkan oleh Google, tampaknya fitur ini akan sangat membantu. Ide di balik pengembangan fitur ini adalah Google akan membantu Anda untuk membuat daftar tempat yang disarankan untuk aktivitas grup. Hal ini bisa dilakukan cukup dengan menekan suatu daftar grup selama beberapa detik. Google Maps kemudian akan menampilkan balon dialog yang akan mengikuti pergerakan Anda selama Anda menjelajahi lokasi-lokasi lain. Setelah Anda melengkapi daftar tempat ini, Anda bisa membagikannya dengan pengguna Android lain. Kelak, bahkan mereka pun bisa menilai tempat yang Anda miliki di daftar.

Google dikabarkan akan meluncurkan versi terbaru Google Maps dengan beragam fitur andalan ini pada musim panas tahun ini. Versi ini dikabarkan akan langsung tersedia bagi para pengguna iOS dan Android, meski masih belum ada kepastian apakah keduanya akan bisa mendapatkannya dalam waktu yang bersamaan atau tidak. Namun, satu hal yang pasti, seluruh fitur baru ini dipastikan hanya akan tersedia dalam aplikasi Google Maps dan bukan versi web.

Baca Juga  Harga Lensa Macro Sony 2017

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.