Software Aplikasi Terbaik untuk Kompres Data jadi Kecil

 News



[Total: 0    Average: 0/5]

Software Aplikasi Terbaik untuk Kompres Data jadi Kecil

BELUM lama ini dunia pendidikan di Indonesia mendapatkan kejutan manis ketika seorang siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta diundang oleh Google. Siswa bernama Christopher Farrel Millenio Kusuma tersebut diundang oleh Google untuk mempresentasikan penelitiannya yang berjudul Data Compression using EG and Neural Network Algorithm for Lossless Data. Penelitiannya tersebut dilatarbelakangi keinginannya mengunduh sebuah game yang berukuran besar, tetapi kuota paket internetnya tidak cukup. Christopher kemudian dengan tekun mempelajari kompresi dan melakukan penelitian apakah kompresi bisa lebih baik lagi. Ini menunjukkan bahwa teknologi kompresi yang tersedia masih bisa ditingkatkan. Namun, sembari menunggu penelitian Christopher matang dan bisa diterapkan pada skala besar, saat ini kita hanya bisa memilih aplikasi kompresi terbaik yang telah tersedia di “pasaran”. Apa sajakah itu?

Baca Juga  Contoh Penerapan Industri 4.0 di Perusahaan Indonesia

  • Winzip

WINZIP termasuk salah satu aplikasi kompresi tertua di atas platform Windows. Sampai artikel ini ditulis, WinZip bahkan telah mencapai versi 22. Kemampuan WinZip bertahan merupakan sebuah prestasi mengingat WinZip adalah aplikasi berbayar. Namun tentu saja WinZip memberikan fi tur lebih sebagai imbalan atas harga lisensinya. Selain mendukung banyak format kompresi seperti ZIP, ZIPX, GZIP, TAR, 7z, dan RAR (meski yang terakhir ini hanya untuk ekstraksi), WinZip juga menawarkan integrasi ke berbagai macam aplikasi lain seperti Microsoft Offi ce. Kelebihan lainnya adalah kemampuannya untuk membagi hasil kompresi ke beberapa media yang bahkan berbeda-beda ukurannya.

  • 7-zip

Bicara aplikasi kompresi gratisan, 7-Zip harus menjadi salah satu yang teratas. Namun bicara 7-Zip bukan cuma gratisnya, namun juga kemampuannya melakukan kompresi dan memekarkan nyaris semua format kompresi fi le. 7-Zip juga memiliki format kompresi sendiri, yaitu 7z. Keunggulan format kompresi ini adalah kemampuannya melakukan kompresi terhadap fi le berukuran sangat besar, bahkan sampai 16 exabyte. Selain itu, format 7z juga memiliki tingkat kompresi sampai 85% dari ukuran semula. Namun kemampuan kompresi tersebut memiliki efek samping. 7-Zip relatif lebih lambat dalam melakukan kompresi dibandingkan aplikasi lain

  • WinRar

Seperti WinZip, WinRAR juga tergolong aplikasi “tua” karena telah ada sejak tahun 1993. Kompresi dengan format RAR relatif jarang dijumpai karena format kompresi itu bersifat proprietary. Jika demikian, mengapa WinRAR digolongkan ke dalamaplikasi kompresi terbaik? Salah satu alasan utama adalah WinRAR mampu mempertahankan hak akses file serta fitur-fi tur lain yang melekat pada file system NTFS. Karena kemampuannya ini, WinRAR memang kebanyakan digunakan oleh pengembang aplikasi. Mereka butuh WinRAR untuk mempertahankan atribut fi le pada fi le system NTFS. Format RAR mampu melakukan kompresi sampai berukuran 86,4% dari ukuran semula. Harga iPhone Termurah 2018 Resmi iBox Distributor Indonesia

Baca Juga  Pilih Kamera Digital atau Smartphone ?



  • PeaZip

WPeaZip merupakan aplikasi kompresi yang tersedia dengan lisensi gratis dan open source. Selain mampu melakukan kompresi dan ekstraksi, PeaZip menyediakan fi tur konversi format kompresi dari satu format ke format yang lain. Jika pada komputer yang sama terdapat aplikasi WinRAR, PeaZip dapat bekerja sama dengan WinRAR untuk mengelola kompresi dengan format RAR. Tetapi lisensi WinRAR-nya tentu harus diperhatikan. PeaZip bisa dikatakan salah satu aplikasi kompresi yang paling memperhatikan masalah keamanan karena dilengkapi dengan enkripsi berbasis AES256. Aplikasi ini juga tersedia dalam versi portabel sehingga bisa dijalankan tanpa harus diinstall terlebih dahulu.

  • IZArc

Meski penggunannya masih jarang, IZArc memiliki sebuah kelebihan yang tak dimiliki aplikasi lain: dukungan format kompresi file terbanyak. Terhitung setidaknya ada lima puluh format file yang didukung oleh IZArc. Satu lagi kelebihannya adalah pilihan bahasa yang cukup lengkap. Untuk opsi Bahasa Indonesia bahkan tersedia dua pilihan, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Gaul. IZArc merupakan aplikasi freeware, tetapi sayangnya ada aplikasi gelap yang menumpang pada saat instalasi. Lebih parah lagi, aplikasi gelap yang datang bersama IZArc relatif sulit dideteksi dan sulit pula mencari cara pencegahan instalasinya.

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.