Pilih Kamera Mirrorless Atau DSLR ?

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Mirrorless Atau DSLR – Beberapa bulan belakangan ini para vendor produsen kamera tengah berlomba untuk menghadirkan kamera Mirrorless, banyak sekali kamera dengan jenis Mirrorless beredar di Indonesia, akan tetapi di Indonesia sendiri sampai saat ini masih sangat minim dalam menggunakan kamera Mirrorless, dan jika dibilang Indonesia hanya sekitar 15% saja yang menggunakan kamera Mirrorless, hal ini sangat berbeda jauh dengan negara lain seperti misalnya Singapura mereka memiliki prosentase sekitar 40% pengguna kamera Mirrorless. Hal ini cukup wajar pasalnya mungkin orang Indonesia belum mengetahui benar kualitas kamera Mirrorless, padahal kamera Mirrorless memiliki kualitas setara dan bahkan ada yang lebih bagus jika dibandingkan dengan kamera DSLR.

Mungkin juga banyak yang beranggapan jika semakin besar kamera maka semakin canggih dan berkualitas tinggi dan didalamnya terdapat banyak fitur. Padahal jika kita bicara soal kualitas foto maka kita pasti merujuk pada ukuran sensor yang sudah ada dalam kmaera tersebut, dan sampai dengan saat ini sudah banyak kamera Mirrorless yang memiliki sensor gambar yang sama dengan kamera DSLR seperti misalnya saja sensor APS-C, full frame. Atau mungkin masih ada alasan lain seperti misalnya harga kamera dan lensa kamera Mirrorless masih terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kamera DSLR.

Baca Juga  Harga Samsung Galaxy A6 Plus | A6+ (2018) dan Spesifikasi

Mirrorless Atau DSLR

Pilih Mana Mirrorless Atau DSLR?

Mengenai harga jual kamera Mirrorless saat ini sudah mengalami banyak penurunan harga, hal ini berbeda dengan harga jual sekitar 2-3 tahun yang lalu, tapi sayangnya pilihan lensa pada kamera ini masih terbilang cukup tinggi. Karena hal tersebut para pengguna kamera DSLR enggan untuk pindah kelain hati ke Mirrorless, apa lagi jika pengguna kamera DSLR tersebut sudah memiliki lensa cukup banyak dan juga aksesoriesnya, tentu harus berfikir dua kali. Meskipun untuk angka pembelian kamera DSLR terus merosot tapi kenyataannya masih banyak yang membeli kamera DSLR dibandingkan dengan kamera Mirrorless.

Jika kita bicara lebih jauh tentang kamera DSLR ada dua vendor kenamaan yaitu Canon dan juga Nikon, meskipun begitu tak membuat vendor Canon dan Nikon tidak menghadirkan kamera Mirrorless, kedua vendor tersebut juga memiliki sistem Mirrorless. Tak bisa dipungkiri jika saat ini juga sudah banyak sekali smartphone yang dibekali dengan kamera dengan resolusi super tinggi, dan salah satu merosotnya penjualan kamera DSLR adalah karena keberadaan smartphone tersebut. Jika dulu masyarakat awam membeli kamera DSLR karena menginginkan kualitas gambar yang jernih, saat ini sudah banyak yang puas dengan kualitas kamera dan gambar yang dihasilkan oleh Smartphone.

Apakah kamera Mirrorless akan menggeser kamera DSLR?
Jika dilihat pada tahun 2016 ini sudah dipastikan kamera DSLR akan digeser oleh Mirrorless, karena sampai dengan saat ini sudah banyak sekali kamera Mirrorless yang memiliki spesifikasi diatas kamera DSLR. Meskipun begitu tentunya masih butuh waktu satu atau dua tahun lagi.

Baca Juga  Inilah 10 Aplikasi Android IOS Windows Phone Terbaik

Meskipun begitu kamera DSLR akan tetap memiliki penggemar tersendiri, seperti yang sudah kami sampaikan diatas, karena mereka sudah berinvestasi ratusan juta untuk membeli lensa dan juga aksesories dari kamera DSLR itu sendiri.

Pilih Kamera Mirrorless Atau DSLR?

Jika anda menginginkan jawabannya, anda perlu mengetahu apa saja kelebihan dari kamera mirrorless dan juga kamera DSLR, untuk itu silahkan simak baik-baik ulasan kami dibawah ini untuk lebih mengenal kedua kamera tersebut.

Kelebihan Kamera Mirrorless
1. Ukuran yang ringkas dan ringan, dengan begitu anda dapat membawa lebih banyak lensa tanpa merasa terbebani dan keberatan, misalnya anda membawa satu set sistem kamera DSLR kurang lebih memiliki bobot 5kg tapi dengan kamera mirrorless hanya sekitar 3kg saja.
2. Cocok untuk kegiatan memotret street photography dan juga human interest.
3. Kamera Mirrorless mengandalkan live view dan juga jedela bidik elektronik, degan begitu anda dapat dengan mudah untuk melihat hasil fokus atau tidaknya, terang atau gelap, karena apa yang kita lihat itulah hasilnya.
4. Adaptasi kamera Mirrorless lebih tinggi, karena anda dapat menggunakan lensa laa atau lensa yang bukan semerk dengan adaptor. Dan untuk manual fokus lebih canggih dari kamera DSLR karena banyak kamera Mirrorless memiliki fitur focus peaking.
5. Fokus kemana saja, termasuk ke tepi frame foto dengan mudah, sedangkan untuk kamera DSLR kebanyakan fokusnya kupul di tengah, dan kecepatan autofokus kamera Mirrorless generasi juga sudah cepat.

Baca Juga  Harga Nikon Coolpix S9050, Kamera Digital Murah dibawah 1 juta 800 Ribuan Aja

Kelebihan Kamera DSLR
1. Jendela bidik optik lebih efektif, dalam kondisi yang terang atau terlalu gelap kamera DSLR tetap stabil. Disampig itu pegangan DSLR jauh lebih pas ditangan, karena mirrorless dibekali dengan bodi yang tipis
2. Lebih mudah menemukan tuas dan tombol, dan juga mudah ditekan karena masih terjangkau ditangan.
3. Baterai lebih besar, dalam satu kali charger (Full) kamera DSLR mampu bertahan satu hari untuk menemani anda jalan-jalan. Padahal untuk kamera mirrorless memerlukan 2-3 kali charger untuk menemani anda jalan-jalan.
4. Cocok untuk pekerjaan sebagai fotografer, karena jika fotografer menggunakan kamera mirrorless dianggap belum serius menekuni pekerjaannya.

Sebelum menentukan kamera mana, tentunya anda harus baca ulasan kami kali ini dengan seksama, jika untuk pekerjaan sebaiknya anda menggunakan kamera DSLR, dan misalnya anda hobi memotret tentu masih ada kamera Mirrorless yang dibekali dengan gambar yang jauh lebih baik dari kamera DSLR, dan tentunya pilihan ada pada anda sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.