Begini Cara Enkripsi Data mu Biar Aman

  • Whatsapp

Begini Cara Enkripsi Data mu Biar Aman

SecretKIY

Individual Simpan Kunci di Hardware

Tak hanya menempatkan encryption key di perangkat terpisah yang disebut Encryption-KIY, SecretKIY Individual juga menyertakan Rescue-KIY. Tujuannya, membantu Anda mengakses data tatkala Encryption-KIY tersebut hilang. Ada banyak aplikasi yang menawarkan kemampuan untuk mengenkripsi berbagai file penting. Selain solusi yang bisa dibilang secara software seperti ini, ada pula solusi yang melibatkan hardware khusus seperti halnya SecretKIY Individual dari Fast and Safe Technology. Paket encryption dongle ini hadir dengan dua USB dongle ataupun key. Yang pertama disebut dengan Encryption-KIY, sedangkan yang kedua disebut dengan Rescue-KIY. Encryption-KIY merupakan perangkat USB yang harus dipasangkan ke port USB komputer bersangkutan tatkala Anda ingin mengenkripsi maupun membuka file yang terenkripsi.

Sementara Rescue-KIY berguna untuk mengakses data yang telah dienkripsi saat Encryption-KIY hilang maupun saat PIN dari EncryptionKIY terlupakan. Penggunaannya juga sama, yakni dilengkapi PIN dan dihubungkan ke port USB dari komputer itu. Berbeda dengan solusi software, SecretKIY Individual memanfaatkan Encryption-KIY untuk menghasilkan dan menyimpan encryption (cipher) k ey. Enkripsi yang digunakan adalah AES- 256. Berhubung disimpan di perangkat terpisah, keamanan yang ditawarkan SecretKIY Individual memiliki nilai tambah. Andai komputer bersangkutan dicuri orang, encryption key-nya tidak turut dicuri. Begitu pula tatkala Encryption-KIY terjatuh dan hilang, data yang dienkripsi tetap aman berhubung lokasinya di komputer dan bukannya di Encryption-KIY. Untuk yang terakhir ini, agar makin aman, Anda pun bisa melakukan Reset Drive untuk mengganti encryption key.

Baca Juga  Harga Samsung Galaxy S9 dan Spesifikasi

Untuk menggunakan SecretKIY Individual, Anda sebelumnya perlu meng-install aplikasi yang disertakan. Barulah setelah itu, Encryption-KIY maupun RescueKIY bisa digunakan. Untuk mulai melakukan enkripsi, setelah memasangkan Encryption-KIY ke port USB komputer, Anda terlebih dahulu perlu membuat sebuah fi le yang akan ditampilkan sebagai sebuah drive. Nantinya aneka fi le yang ingin dienkripsi harus dile takkan di virtual drive ini. Selanjutnya, virtual drive itu hanya bisa diakses tatkala Encryption-KIY atau Rescue-KIY dihubungkan ke port USB komputer tadi. Sayangnya, PIN yang menyertai Encryption-KIY (PIN yang Anda tentukan sebelumnya) hanya ditanyakan saat pertama kali Anda menghubungkan USB dongle ini ke komputer. PIN akan ditanyakan kembali hanya bila Anda telah me-restart komputer bersangkutan atau mematikannya. Akan lebih baik bila ada semacam opsi yang menandakan sesi kali ini selesai. Jadi, saat Encryption-KIY dipasangkan kembali, PIN akan ditanyakan. Anda bisa menyalin fi le yang merupakan virtual drive tersebut ke komputer lain dan membukanya di sana (tentunya memanfaatkan Encryption-KIY yang sesuai plus aplikasi pendukung). File ini pun bisa disalin ke cloud. Anda bisa mengenkripsi fi le penting sebelum menaruhnya di cloud. Jumlah virtual drive yang dibuat juga bisa lebih dari satu.

HARGA Rp4.000.000 (SecretKIY Indonesia, (021) 55964800, April 2017)

SPESIFIKASI :

  • Antarmuka (interface): USB
  • Tipe enkripsi: AES-256
  • Fitur lain: Rescue-KIY
  • Dimensi (plt): 3,3 x 1,9 x 0,4 cm (EncryptionKIY), 9,55 x 8,1 x 1 cm (lengkap plus kotak)
  • Bobot: 2 gr (Encryption-KIY), 54 gr (lengkap plus kotak)
  • Garansi: 10 tahun
  • Situs: www.secretkiy.com
Baca Juga  Hp Fitur Sidik Jari, Octacore, RAM 4gb, Vivo V3max

KESIMPULAN

Sebagai solusi yang memanfaatkan hardware spesifik, keamanan yang ditawarkan SecretKIY Individual memiliki nilai lebih dibandingkan solusi sejenis yang berfokus pada software. Hadirnya RescueKIY pun membuat Anda tidak perlu merasa khawatir berlebihan saat Encryption-KIY yang biasa digunakan hilang

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.