Beginilah Cara Memperkuat Sinyal Wifi dengan Cepat dan Mudah

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Cara Memperkuat Sinyal Wifi First Media Indihome dan MNC Play

  • Gunakan Mesh Networking

Mesh networking memang bukan teknologi baru, tapi dengan kian maraknya solusi mainstream mesh networking, akan kita mampu menghilangkan Wi-Fi dead spot dan mendapatkan konektivitas tanpa henti? Mesh networking lansekap Wi-Fi rumahan, tapi sebenarnya teknologi tersebut telah tersedia dalam bertujuan mengubah beberapa tahun belakangan, bahkan di ranah konsumen. Merek-merek kecil sudah mulai menjual wireless mesh network, tapi seringkali hanya ditawarkan oleh startup dan pemain berkapasitas kecil serta tidak tersedia secara resmi di pasaran. Hingga baru-baru ini nama-nama besar seperti Linksys dan Netgear mulai memperkenalkan sistem mesh networking masing-masing dan publik pun mulai memperhatikan alternatif solusi jaringan tersebut. Dilihat dari sudut pandang bisnis industri jaringan, konsep mesh network telah ada jauh lebih lama. Mesh networking secara sederhana merujuk pada sistem distribusi nirkabel. Dengan kata lain, seluruh mesh node bisa bekerjasama dan berkontribusi terhadap pendistribusian data dalam sebuah jaringan. Cara tersebut berguna untuk mengatasi masalah dead spot di rumah. Teknologi mesh network memungkinkan lingkungan rumah memiliki banyak access point (node) dan beragam access point tersebut bisa saling terhubung untuk memperluas jangkauan Wi-Fi. Yang unik dan menarik tentang mesh network adalah hanya satu SSID yang disiarkan dan menyediakan konektivitas tanpa putus di seluruh area.

Produk range extender dibanderol dengan harga terjangkau dan bisa berfungsi efektif dalam situasi tepat. Meski demikian,  range extender memengaruhi performa. Itu karena range extender hanyalah pendongkrak sinyal. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan sinyal Wi-Fi yang ada. Jika sinyal Wi-Fi sudah lemah sejak awal, apakah memperkuat sinyal bisa berpengaruh? Lebih parah lagi, oleh karena range extender biasanya hanya mentransmisikan dan menerima data satu per satu atau tidak secara simultan, bandwidth biasanya berkurang paling tidak setengahnya. Kendala tersebut dan lemahnya sinyal menjadi alasan mengapa para pengguna seringkali mengeluh bahwa range extender berjalan lambat. Range extender juga tidak mudah digunakan karena menyiarkan jaringan terpisah yang seringkali pula menggunakan SSID berbeda. Itu berarti para pengguna perlu berganti secara manual antara satu jaringan dengan jaringan lainnya saat bergerak antar ruangan di rumah untuk memastikan agar mendapatkan koneksi terbaik. Kekurangan range extender lainnya adalah hanya memperluas jaringan dalam satu arah. Artinya, Anda tidak bisa menambah range extender di atas range extender lainnya untuk memperluas jangkaunan sinyal Wi-Fi. Hal itu membatasi kemampuan range extender untuk memperluas cakupan Wi-Fi.

Baca Juga  HP Nokia Terbaru untuk Gaming PUBG dan Foto Bokeh Harga dibawah 3 Juta

Baca Juga : Harga iPhone Termurah 2019 Resmi iBox Distributor Indonesia

Bagaimana mesh network bisa lebih baik?

Mesh network, di sisi lain, jauh lebih canggih – yang membuatnya lebih mahal. Alih-alih hanya memperkuat sinyal, sebuah mesh networking seringkali terdiri dari dua atau lebih router maupun node. Salah satu node biasanya terhubung ke router atau modem dan menyiarkan Wi-Fi seperti layaknya router biasanya. Jangkauan WiFi kemudian bisa diperluas hanya dengan menambahkan node lebih banyak ke dalam jaringan. Setiap node menyiarkan sinyal Wi-Fi tersendiri yang meningkatkan jangkauan Wi-Fi secara keseluruhan. Data bisa ditransmisikan melalui jajaran node tersebut untuk menjangkau perangkat Anda. Hal penting yang perlu dicatat tentang mesh network ada pada prinsip dasarnya saat beroperasi. Berbeda dari range extender, jajaran node tersebut saling berkomunikasi menggunakan Wi-Fi yang membuat node berperforma lebih cepat. Beberapa mesh networking kit bahkan memiliki jaringan khusus yang digunakan hanya untuk mengirimkan data ke dan dari tiap node dan cara tersebut bisa semakin meningkatkan peforma lebih jauh. Sistem mesh networking juga lebih ?eksibel saat perlu untuk memperluas jangkauan Wi-Fi. Tidak seperti range extender yang hanya bisa memperluas jangkauan Wi-Fi dalam satu arah, maka hampir tidak ada batasan cara Anda memperluas jangkauan Wi-Fi menggunakan sistem mesh network. Bahkan, Anda bisa merangkai (daisychain)node untuk memperluas atau menghadirkan jangkauan Wi-Fi ke area yang jauh dari modem. Fleksibilitas tersebut seringkali sangat berguna untuk rumah berukuran besar atau rumah dengan tata letak ruangan yang tidak biasa. Seperti rumah di atas misalnya. Diasumsikan modem ditempatkan di sisi kiri rumah, dekat pintu masuk.Tips Memotret Model untuk Pemula

 

Dengan demikian, di lokasi itulah Anda biasanya meletakkan router. Kendala dari pemasangan tersebut adalah router berada terlalu jauh dari ruangan lainnya sehingga mengakibatkan dead spot WiFi di kamar tidur. Cara tradisional untuk mengatasinya adalah meletakkan range extender di tengah rumah, tapi seperti yang telah disinggung di atas, range extender kurang bagus untuk memperluas jangkauan Wi-Fi terutama karena performanya yang kurang memuaskan. Meski menempatkan range extender di tengah, perangkat tersebut tidak serta merta mampu menyediakan Wi-Fi hingga sisi lain rumah. Meski demikian, oleh karena cara kerja sistem mesh network yang unik, pengguna bisa merangkai mesh networking node untuk memperluas jangkauan Wi-Fi ke area yang jauh dari router. Pada kasus itu, jangkauan Wi-Fi bisa disebarkan ke seluruh rumah dengan menghubungkan node pertama ke modem, lalu node lainnya di tengah dan satu node di titik terjauh. Cara tersebut memastikan agar rumah terlingkupi oleh sinyal Wi-Fi. Berkat kemampuannya yang unik, sistem mesh networking bisa jauh lebih ?eksibel saat melakukan proses setup sehingga sangat berguna di rumah berukuran besar dengan banyak lantai. Selain performa dan ?eksibilitas, mesh network juga lebih nyaman digunakan karena menyiarkan hanya satu SSID dan secara otomatis mempertahankan koneksi perangkat dengan node yang menyediakan koneksi sinyal terkuat. Hal itu memungkinkan pengguna bergerak bebas di dalam rumah tanpa perlu khawatir berganti jaringan atau koneksi Wi-Fi terputus.

Baca Juga  Samsung Galaxy s6 vs Xperia Z4, Samsung vs Sony, Mana yang terbaik?

 

Berkat penggunaan algoritma rumit, mesh network secara otomatis menyalurkan data ke beragam node ke perangkat tanpa mempedulikan posisinya dalam jaringan. Yang terpenting, mest networking bisa berjalan dan menyediakan performa yang lebih unggul daripada range extender tradisional. Pada pengujian, kami menemukan bahwa sistem mesh networking secara efektif bisa memperluas jangkauan Wi-Fi dan menyediakan cakupan di area rumah yang sebelumnya tidak terjangkau sinyal Wi-Fi. Selain itu, kami juga menemukan bahwa mesh network berperforma lebih gesit daripada range extender tradisional – bisa mencapai 1000% tergantung pada kondisi. Jadi, jika Anda terkendala dengan jangkauan sinyal Wi-Fi di rumah, sistem Wi-Fi mesh networking bisa membantu. HP Asus untuk Selfie Terbaik dengan Baterai Awet Tahan Lama

Mesh networking yang benar vs. mesh networking yang salah

Sebaiknya lakukan beberapa riset sebelum membeli sistem mesh networking, sebab beberapa sistem yang diklaim sebagai mesh network tidak berfungsi sebagai sistem mesh networking sebenarnya. Salah satu contohnya adalah Netgear Orbi. Netgear kemudian mengganti material periklanannya, tapi saat dirilis, Orbi diklaim sebagai unit mesh networking, padahal sebenarnya bukan. Orbi lebih sebagai perangkat hybrid. Berbeda dari unit mesh networking, Anda tidak bisa merangkai node Orbi. Bahkan, setiap node Orbi, atau disebut satelit oleh Netgear, hanya berkomunikasi dengan router Orbi. Dengan demikian, Orbi beroperasi seperti range extender tradisional. Meski demikian, tidak seperti range extender, Orbi bergantung pada satu jaringan khusus 5 GHz untuk berkomunikasi antara node dan router. Hal itu memastikan transmisi data lebih cepat antara router dan node. Selain itu, Orbi dan jajaran node juga menyiarkan SSID tunggal dan pengguna secara otomatis diarahkan ke router atau satelit yang menyiarkan sinyal terkuat. Sistem mesh networking sebenarnya memiliki jajaran node yang saling berkomunikasi dan ftur itulah yang memberikan ?eksibilitas dan memungkinkan mereka menciptakan cakupan Wi-Fi dengan area lebih luas.

  • Dengan Menggunakan Perangkat penguat Wifi Netgear Orbi AC3000

Netgear Orbi memberikan penggunaan yang sangat mudah dalam menghadirkan jaringan yang luas di rumah Anda. Netgear Orbi AC3000 adalah sebuah perangkat yang dapat Anda gunakan untuk menghadirkan jaringan nirkabel yang lebih luas dengan lebih mudah. Paket Netgear Orbi AC3000 yang kami terima berisi dua perangkat Orbi. Satu merupakan wireless router utama dan satu lagi merupakan satelitnya. Jika ruangan atau rumah Anda tidak terlalu besar, Anda cukup menggunakan satu unit Orbi.

Baca Juga  Cloud Computing Adalah, Manfaat Cloud Bagi Perusahaan

Perangkat satelitnya bisa digunakan sebagai tambahan untuk meningkatkan jangkauan jaringan jika diperlukan. Untuk makin memperluas jangkauan, satelit Orbi tambahan bisa dibeli terpisah. Netgear Orbi AC3000 merupakan perangkat dengan 3 pita operasi yang terdiri dari 1 pita 2,4 GHz dan 2 pita 5 GHz. Satu pita lima gigahertz didedikasikan khusus untuk komunikasi antarperangkat Orbi. Untuk menghubungkan keduanya pun terbilang mudah. Cukup tekan tombol Sync yang ada di wireless router, kemudian disusul dengan tombol Sync di satelitnya. Seluruh koneksi akan dilakukan secara otomatis. Netgear pun menyediakan aplikasi Netgear Orbi untuk konfi gurasi melalui smartphone iOS dan Android. Netgear Orbi AC3000 menggabungkan pita 2,4 GHz dan 5 GHz dalam satu SSID dan dapat mengarahkan Anda untuk terkoneksi dengan jaringan yang tepat. Kinerjanya sendiri tergolong cepat. Kecepatan rataratanya sekitar 239,74 Mbps saat menggunakan pita 2,4 GHz dan 475,4 Mbps saat mengunakan pita 5 GHz.

 

Spesifikasi : Standar: 802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac Konektor: 3 x LAN 1 Gbps, 1 x WAN 1 Gbps, 1 x USB 2.0 Mode operasi: Wireless router Kecepatan transfer data: 800 Mbps (2,4 GHz 802.11b/g/n) + 1.800 Mbps (5 GHz 802.11ac) + 400 Mbps (5 GHz 802.11ac) Fitur: DHCP server, MAC address filter, URL filter, guest network Kelengkapan: Adapter daya, kabel LAN, manual Situs: www.netgear.com Garansi: 2 tahun

PLUS Kinerja baik, ada aplikasi mobile, konfigurasi mudah, jangkauan luas

MINUS Bodi besar, tak ada opsi untuk memisahkan SSID, port USB masih USB 2.0

 

KESIMPULAN Netgear Orbi AC3000 merupakan sebuah solusi yang dapat memudahkan Anda dalam menghadirkan jaringan nirkabel dengan jangkauan yang luas. Konfi gurasinya tidak rumit dan dapat dilakukan dengan satu tombol untuk menghubungkan keduanya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.