Cara Hapus Kontak Kembar Ganda Hp Android IOS iPhone

  • Whatsapp

Cara Hapus Kontak Kembar Ganda Hp Android IOS

Cara Mudah Hapus Kontak Kembar di Android dan IOS iPhone

Kontak adalah salah satu aplikasi terpentingyang ada di smartphone. Dengan aplikasiini Anda bisa menyimpan nomor ponsel, alamat email, dan bahkan alamat rumah/kantor orang terdekat atau bahkan rekan kerja. Namun terkadang, smartphone Android menyimpan kontak yang sama hingga dua kali atau lebih. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda melakukan factory reset, sinkronisasi kontak serta mengganti kartu SIM dan menyinkronkan semua kontak yang ada. Untuk mengatasi masalah `kontak kembar` itu, Anda memang bisa menghapusnya satu per satu secara manual. Namun tentu saja aktivitas tersebut sangat menyita waktu dan menyebalkan. Ada cara lain yang jauh lebih sederhana dan efiien. Cukup dengan beberapa sentuhan jari, masalah kontak kembar akan lenyap seketika. Ingin tahu caranya? Simak tutorial berikut ini.Daftar Harga iPhone Termurah 2018 Resmi iBox Distributor Indonesia

Baca Juga  HP 4G Fingerprint Bisa Wireless Display Harga Murah di Bawah 1 Juta

 

 

Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, back-up terlebih dahulu semua kontak Anda sebelum melakukan tutorial

 

  • Menggunakan Gmail

 

Bila Anda kerap melakukan backup data kontak, kemungkinan Anda mengaktifkan fiur sinkronisasi kontak dengan Gmail. Fitur ini merupakan fiur bawaan Android yang menyinkronkan semua kontak Anda dengan akun Gmail yang aktif di smartphone. Apabila diaktifkan, Anda dapat menghapus semua kontak duplikat tanpa menyentuh smartphone Android kesayangan. Caranya, buka akun Gmail Anda di komputer, lalu klik Contacts. Setelah itu, semua kontak Anda akan ditampilkan.

 

Lalu pilih Find duplicates dan tunggu beberapa saat sampai Anda melihat kontak duplikat (kontak kembar).

Baca Juga  Kamera Action Cam Tahan Air Harga Murah 1 Jutaan

 

Selanjutnya klik Merge all dan tunggu prosesnya sampai selesai. Cara ini akan menggabungkan semua kontak di smartphone Android Anda yang terhubung ke akun Gmail.

 

menghapus kontak dobel

 

  • Pakai Aplikasi Duplicate Contacts (Instal via Playstore)

Jika cara di atas dirasa belum maksimal, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Duplicate Contacts. Aplikasi besutan Alex Accaci ini sangat mudah digunakan dan juga memiliki reputasi yang baik di Google Play Store, dimana memperoleh rating 4.2 bintang dan yang terpenting aplikasi ini gratis. Unduh dan buka aplikasi ini dan secara otomatis Duplicate Contacts akan memindai dan menampilkan semua kontak kembar.

 

Setelah pemindaian selesai, Anda dapat menghapus kontak yang bertanda centang pada setiap kontak kembar yang ditemukan. Berikutnya, tap Delete selected, kemudian klik `Yes` untuk menghapus semua kontak kembar Anda.

Baca Juga  Aplikasi dan Games Wajib Penting Saat Bulan Ramadhan

 

  • Aplikasi Kontak Bawaan

Beberapa smartphone berbasis Android dilengkapi dengan fiur merge pada aplikasi kontak bawaan. Fitur ini akan memindai semua kontak dan menghapus kontak kembar dengan nomor dan alamat email yang mirip. Caranya, pilih aplikasi Contacts pada smartphone dan tekan tombol menu. Lalu pilih tombol Merge accounts dan kemudian tap Merge from Google. Lalu, tekan OK dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 comments

  1. Wah Terima kasih sekali untk masalah kontak ganda saya terselesaikan…

    Tapi masih ada 1 rasa penasaran saya yg saya cari di google pun saya tdk dpt jawabannya, yaitu kenapa di Android nama kontak di telp yg “tergandakan” maupun tidak ada warna:
    Merah
    Orange
    Kuning
    Hijau
    Abu2x
    Hitam dll

    Sebal saja saya lihatnya…
    Kira2x adakah jawaban dari pertanyaan saya diatas…
    Terima kasih Admin