HP 1 Jutaan dengan OS BB 10.3 , BB Z10

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Berulang kali tertunda akhirnya BlackBerry meluncurkan juga perangkat teranyar mereka yang dinamai BlackBerry Z10. Menggunakan sistem operasi terbaru BlackBerry 10, produk ini tampil jauh berbeda dari keluaran BlackBerry lain. Menjanjikan pengalaman baru dan berbeda, sejauh apakah kecanggihan ponsel cerdas yang ditunggu penggemarnya ini? Dari segi desain, Z10 sekilas mengingatkan pada ponsel cerdas pesaingnya, iPhone 5 dan HTC One. Z10 hadir dengan bodi dan material yang solid, molding yang presisi seperti yang biasanya terlihat pada produk BlackBerry kelas premium sebelumnya.

hp os bb 10

Namun tampil dengan bodi kotak bersudut membulat yang berbeda dibandingkan ponsel layar sentuh BlackBerry sebelumnya. Dan kali ini, BlackBerry tidak membekali Z10 dengan tombol virtual maupun fiik selain tombol daya dan volume. Hanya logo BlackBerry yang dapat ditemukan di bawah layar, lokasi yang biasanya ditempati tiga tombol menu utama. Ketiadaan tombol menu sedikit merepotkan pada awal penggunaan dan butuh waktu untuk terbiasa. Penggunaan material plastik matte di bagian depan dan plastik berlapis karet di bagian belakang tidak hanya menjadikan tampilan Z10 elegan, tapi juga nyaman dalam genggaman. Tidak mengusung desain unibodi, Anda dapat menemukan slot microSIM dan microSD di balik casis belakang.

Baca Juga  Kegunaan Printer 3D di Dunia Kesehatan

 

Sedikit disayangkan, Anda harus melepas baterai terlebih dahulu untuk mengakses slot kartu SIM. Tersedia dua pilihan Z10 yang bisa Anda gunakan, versi non LTE dan LTE. Keduanya menggunakan prosesor berbeda; dual core 1,5 Ghz TI OMAP 4470 dengan GPU PowerVR SGX544 (non LTE) dan dual core 1,5 GHz Qualcomm Snapdragon MSM 8960 dengan GPU Adreno 225. Pada pengujian ini kami menggunakan Z10 non LTE dan kemampuan prosesor yang lebih bertenaga itu sangat signifian dalam memberikan kenyamanan. Dikombinasikan dengan sistem operasi terbaru BlackBerry 10 yang ‘ringan’ maka Anda akan mendapat sensasi pengalaman yang jauh berbeda dengan ketika menggunakan versi sebelum BlackBerry 10. Home screen yang disuguhkan Z10 seperti suguhan OS Android. Z10 mengandalkan gestur usap sebagai cara navigasi.

 

Dalam posisi layar terkunci, sapukan jari Anda dari bawah hingga ke atas layar untuk membuka dan masuk ke halaman Home. Layaknya iPhone, seluruh menu bawaan BlackBerry disuguhkan pada layar Home, sehingga pengguna tidak akan menemukan halaman menu. Menyapukan jari dari arah kiri ke kanan pada layar Home akan memunculkan area yang berfungsi sebagai shortcut ke BlackBerry Hub, kotak masuk pesan teks, BBM, email, Facebook, Twitter, atau panggilan telepon. Namun layar Running Apps akan terselip di antara Home screen dan area shortcut saat ada aplikasi yang sedang diakses. Mengusap layar dari bawah ke atas pada jendela aplikasi akan me-minimize jendela aplikasi yang diakses, dan untuk menutupnya, tekan tanda X di sudut kanan jendela kecil aplikasi pada layar Running Apps.

Baca Juga  Spesifikasi Harga SSD Sandisk 240Gb

 

Sementara pada fiur unggulannya, BlackBerry menghadirkan beberapa perubahan pada BBM v.10 yang terdapat pada Z10. Perbedaan paling mencolok adalah layout contact yang dapat dipilih dalam mode list maupun grid. Hal yang paling menarik dari BlackBerry 10 ini adalah untuk dapat menggunakan seluruh fiur pada Z10 seperti BBM, media sosial, Internet, hingga streaming video, pengguna hanya perlu mengaktifkan paket internet. Selain itu, pengguna dapat menikmati fiur unggulan terbaru BlackBerry, yaitu Screenshare, yang memungkinkan orang yang Anda hubungi melihat semua hal yang ada di layar BlackBerry Anda. Menggunakan Z10 menjadi semakin menyenangkan tanpa kehadiran gangguan lag, baik saat menonton video atau sekedar berpindah dari satu aplikasi ke lainnya. Pembekalan kamera 8 MP mungkin bukanlah hal istimewa di tengah gempuran ponsel dengan kamera beresolusi besar. Meski hasil foto cenderung tidak tajam dengan noise cukup tinggi bahkan pada kondisi pencahayaan cukup, hal tersebut tidak mengurangi kesenangan menggunakan ponsel cerdas ini berkat kehadiran fiur Time Shift. Fitur ini memungkinkan Anda memotret hingga sebelas foto secara burst untuk kemudian dipilih dan dikombinasikan sehingga mendapatkan hasil foto yang diinginkan. Untuk urusan baterai, Z10 mampu bertahan selama 317 menit pada pengujian yang melibatkan pemutaran video secara intensif dengan kecerahan layar dan volume 100%, serta penarikan news feed via Twitter, Facebook dan email.

Baca Juga  Harga Olympus Tough TG-620 iHS, Kamera Keren Murah 2 Jutaan

 

Saat Tulisan ini di publish, Harga baru BB Z10 adalah di kisaran 1.2 hingga 1.4 juta rupiah saja

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.