Mekanisme Cara Kerja Jam Tangan Analog

 News, Review Games/Gadget/Hardware/Tips Trik



[Total: 0    Average: 0/5]

Mekanisme Cara Kerja Jam Tangan Analog

Dalam dunia jam tangan mekanik, ada hal yang disebut complication. Meski istilah tersebut agak membingungkan, hal tersebut hanya fitur yang melebihi penunjuk waktu. Berikut adalah beberapa contohnya. Sebelum smartwatch dan jam tangan quartz, ada jam tangan mekanik. Disebut jam tangan mekanik karena menggunakan serangkaian gerigi, roda, dan pegas untuk menunjukkan waktu. Jam tangan mekanik yang hanya menunjukkan waktu sederhana sekalipun, terdiri dari sekitar seratus komponen sangat kecil. Bayangkan kerumitannya jika jam tangan mekanik tidak hanya menampilkan waktu. Oleh sebab itulah jam tangan dengan kerumitan tinggi sangat diinginkan dan diburu para kolektor. 3 Kamera Anti Air Terbaik Murah Harga 1 Jutaan

 

CHRONOGRAPH

Sebuah jam tangan dengan kemampuan untuk mencatat periode waktu dikenal sebagai chronograph, atau dalam kata lain, stopwatch. Chronograph pertama diciptakan pada tahun 1816 dan ditemukan oleh Louis Moinet, seorang ahli jam asal Perancis. Namun, 153 tahun kemudian pada 1969 chronograph otomatis pertama ditemukan oleh Zenith. Ada pun banyak perbedaan dalam jenis chronograph. Monopusher – kebanyakan chronograph mengandalkan dua pusher – satu untuk memulai dan menghentikan waktu dan yang lainnya untuk me-reset. Chronograph monopusher hanya menggunakan satu pusher untuk mengakses semua fungsi. Flyback – meski chronograph reguler awalnya harus dihentikan dan di-reset sendiri sebelum mencatat kejadian baru, tipe flback dapat melakukan reset dan memulai pencatatan waktu kejadian baru secara instan. Double – dikenal juga sebagai chronograph splitsecond, chronograph double memiliki dua jarum detik, salah satunya dapat dihentikan kapanpun sementara yang lainnya terus berjalan. Tipe ini memungkinkan mencatat dua kejadian dengan durasi berbeda.

Baca Juga  Harga Cooler untuk Laptop Gaming, CM Storm SF-15

 

jam tangan sebelum smartwatch 1



 

 

TOURBILLON

Meski secara teknis tidak dianggap rumit, tetapi tourbillon memiliki mekanisme sangat kompleks, dan jam tangan yang dilengkapi dengan chronograph ini biasanya berharga tinggi. Sebelum Perang Dunia Pertama, jam tangan sangat jarang dipakai dan kebanyakan orang membawa jam saku. Jam tangan ini selalu tersimpan dengan posisi menghadap ke atas, menjadikannya rentan akan tidak akurat. Untuk menanggulanginya, Abraham-Louis Breguet menciptakan mekanisme yang akan memutar alat pengatur gerakan dan roda keseimbangan dalam kandang berputar, dengan demikian mencegahnya berada di posisi yang sama untuk waktu yang lama. Hal tersebut menghindari kerusakan akibat gravitasi.

jam tangan sebelum smartwatch 2

 

ZONA WAKTU KEDUA

Mekanisme ini memungkinkan pengguna mengetahui zona waktu kedua. Jam tangan dengan zona waktu kedua biasanya melengkapinya dengan jarum penunjuk jam kedua atau, dalam dalam beberapa kasus, sebuah sub-dial menit dan jam tambahan. Jam tangan ini sering dilengkapi dengan bezel putar maupun tetap dengan indikasi waktu 24 jam. Jam tangan dengan dua zona waktu terkenal di kalangan wisatawan yang ingin selalu mengetahui waktu di berbagai daerah. Movement ini diciptakan oleh Rolex atas permintaan Pan Am Airways, yang membutuhkan jam tangan untuk para pilot mereka guna mengetahui waktu setempat dan Greenwich Mean Time.

jam tangan sebelum smartwatch 3

 

KALENDER

Berbeda dengan jam tangan quartz dan digital, jam tangan mekanik tidak mengetahui antara bulan dengan 30 atau 31 hari, maupun Februari yang hanya memiliki 28 hari yang setiap empat tahun sekali memiliki 29 hari. Oleh karena itu, pada bulan yang memiliki hari kurang dari 31, pengguna jam tangan mekanik dengan tampilan tanggal harus menyesuaikannya. Movement kalender perpetual mengurangi ketidakpraktisan tersebut dan mampu menyesuaikan secara otomatis berdasarkan bulan dan bahkan mengetahui tahun kabisat sehingga akan menyesuaikannya. Di sisi lain, kalender annual, secara otomatis dapat mengatur tanggal dalam bulan yang kurang dari 31 hari, dengan pengecualian bulan Februari. Pengguna harus mengatur secara manual setiap bulan Februari, oleh karena itu diberi nama kalender annual (setiap tahun).

Baca Juga  Aplikasi Mewarnai Anak untuk Android IOS

 

jam tangan sebelum smartwatch 4

fASE BULAN

Sesuai namanya, jam tangan dengan fitur fase bulan akan menampilkan fase bentuk bulan. Ini adalah komplikasi yang sangat tradisional yang sering ditemukan pada desain klasik. Jam tangan tersebut juga menarik perhatian secara estetika. Pada masa lalu, komplikasi tersebut digunakan oleh pelaut untuk mengukur gelombang air laut. Beberapa jam tangan dengan fase bulan dapat menampilkan fase bulan sangat akurat yang hanya perlu disesuaikan setiap ribuan tahun atau lebih.

jam tangan sebelum smartwatch 5

 

MEKANISME STRIKING

Dalam ranah pembuatan jam tangan high-end, jika tidak merujuk ke penggemar di antara penggemar jam tangan, mekanisme striking adalah mekanisme yang paling diminati. Mekanisme ini mengacu kepada jam tangan dengan mekanisme yang dapat berbunyi menggunakan serangkaian lonceng. Jam tagan pertama dengan mekanisme striking muncul pada awal 1700-an, dan dibuat untuk memberitahu waktu dengan mudah pada malam hari – saat itu, lampu untuk jam tangan masih tidak lazim dan material bercahaya lainnya belum ditemukan. Jam tangan mekanisme ini sangat sulit dibuat dan dipandang sebagai simbol status. Saat ini tidak banyak ada perubahan dan jam tangan seperti itu masih sangat rumit dan premium. Jam tangan dengan mekanisme striking dapat dibagi menjadi dua bagian – sonneries dan minute repeater. Ada dua jenis jam tangan sonnerie, grande sonnerie dan petite sonnerie.

Baca Juga  Aplikasi Game Android Terbaik untuk DJ

 

Jam tangan Grande sonnerie menandai hitungan jam dan per seperempat setiap seperempat jam atau setiap 15 menit. Jam tangan petite sonnerie merupakan jam yang hanya menandai hitungan per seperempat – bukan setiap jam. Sedangkan jam tangan tipe minute repeater menandai hitungan jam, per perempat menit serta menit dan dapat melakukannya sesuai permintaan. Dalam hal kerumitan, sonnerie adalah yang paling sulit dibuat karena aksi menandai hitungan waktu membutuhkan daya, dan daya tersebut harus datang dari mekanisme jam sepanjang hari. Dengan demikian, sebuah movement dengan fungsi sonnerie harus memiliki daya besar dan efisien. Di sisi lain, tipe minute repeater menggunakan movement agak lebih sederhana, karena tipe itu biasanya diaktifkan oleh slider, yang menghasilkan energi dari mekanisme striking. Download Game Bola Fifa 2018 2019 Android Offline

 

jam tangan sebelum smartwatch 6

graNDe coMPLIcaTIoN Istilah grande complication sering diberikan hanya pada jam tangan paling rumit. Meski tidak ada defiisi resmi, istilah grande complication diberikan kepada jam tangan dengan fitur chronograph, kalender perpetual dan minute repeater. Tidak perlu dikatakan lagi bahwa hal tersebut adalah usaha dari segelintir pabrikan seperti Patek Philippe dan audemars Piguet, yang dapat memproduksi jam tangan dengan istilah grande complication.

 

jam tangan sebelum smartwatch 7

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.