Jumlah Pengguna Android Tahun Ini

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Jumlah Pengguna Android Tahun Ini

 

Android Makin Mendominasi Pasar Smartphone. Setelah dua belas bulan setelah diluncurkan pada bulan Oktber 2015 tahun lalu, sistem operasi Android 6.0 atau yang juga dikenal dengan sebutan Marshmallow kini digunakan oleh sekitar 18,7 persen perangkat smartphone yang dimiliki oleh pengguna saat ini.

 

Sebuah statistik yang dikumpulkan oleh Google pada awal bulan September 2016 lalu menunjukkan bahwa Android Marshmallow memiliki pertumbuhan yang cukup lumayan jika dibandingkan dengan akhir kuartal kedua 2016 yang berada di angka 13,3 persen. Banyaknya smartphone baru yang diluncurkan dengan menggunakan sistem operasi ini membuat penggunaannya kian meningkat. Namun demikian, Android 5.0 dan 5.1 yang berkode Lollipop saat ini masih menjadi sistem operasi yang paling populer. Jika dijumlahkan, saat ini terdapat sekitar 35 persen perangkat Android yang menggunakan sistem operasi yang dirilis pada tahun 2014 tersebut. Bahkan, sistem operasi Android 4.4 KitKat pun ternyata masih memiliki jumlah pengguna yang cukup besar. Saat ini, masih terdapat sekitar 27,7 persen perangkat yang masih menggunakan sistem operasi yang pertama kali diperkenalkan bersamaan dengan smartphone Google Nexus 5 tersebut.

Baca Juga  Tablet Advan Baterai Awet

Tampaknya, banyak smartphone dan komputer tablet yang tidak mendapatkan pembaruan ke versi 4.4 karena produsen tak lagi merilis pembaruan untuk produk tersebut. Sementara versi-versi Android yang lebih lawas seperti Jelly Bean (4.1, 4.2, dan 4.3) masih digunakan oleh sekitar 15,6 persen perangkat. Sementara itu, sistem operasi Android secara umum kian mendominasi pasar smartphone di dunia. Berdasarkan data dari Strategy Analytics, pada akhir kuartal ketiga tahun 2016, tercatat sebanyak 328,6 juta perangkat Android yang dikirimkan ke pasaran. Ini tumbuh sebanyak 10,3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015. Dengan pengiriman perangkat sebanyak itu, Android kini memiliki pangsa pasar sebesar 87,5 persen, tumbuh dari pencapaian di kuartal ketiga di tahun 2015 yang hanya sebesar 84,1 persen.

Baca Juga  Daftar Harga SSD Sandisk Murah, Terbaik, 128gb, 256gb

 

Di posisi kedua, ada perangkat berbasis iOS dari Apple yang memiliki pangsa pasar sebesar 12,1 persen dengan pengiriman sebanyak 45,5 juta unit. Pencapaian tersebut turun dari periode yang sama di tahun 2015 di mana saat itu terdapat 48 juta unit yang dikirimkan dengan pangsa pasar sebesar 13,6 persen. Perangkat-perangkat berbasis sistem operasi lain mengalami penurunan yang sangat signifi kan. Karena mengalami kesulitan bersaing dengan dominasi Android dan iOS, pada kuartal ketiga tahun 2016, hanya terdapat 1,3 juta unit perangkat berbasis sistem operasi lain (termasuk BlackBerry, Windows Phone, dan Tizen) yang dikirimkan sepanjang periode tersebut. Ini merosot sebanyak 84,1 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Neil Mawston (Executive Director, Strategy Analytics) mengatakan bahwa Android tetap mendominasi pasar smartphone pada kuartal ketiga tahun 2016 ini. “Pertumbuhan Android berakibat pada setiap platform pesaingnya. Apple iOS dikalahkan oleh Android dan pangsa pasarnya menurun menjadi dua belas persen pada kuartal ketiga 2016 akibat kinerja yang kurang bergairah di Tiongkok dan Afrika. BlackBerry dan Microsoft Windows Phone menghilang karena perubahan strategi, sedangkan Tizen dan beberapa platform lainnya melemah karena portofolio produk yang terbatas serta kurangnya dukungan pengembang,” kata Mawston.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.