Review Blu-Jek, Ojek Online Pesaing Go-jek & Grab-Bike

  • Whatsapp

Blu-Jek

 

Setelah Go-Jek, GrabBike, kini hadir sebuah aplikasitransportasi yang menyebut dirinya sebagai Blu-Jek.Sebelum resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2015, aplikasi buatan anak bangsa ini digembar-gemborkan sebagai aplikasi ojek online besutan Blue Bird. Namun dengan tegas, perusahaan taksi tersebut menampiknya dan mengklaim bahwa Blu-Jek bukanlah aplikasi ojek online besutannya

 

Untuk diketahui, Blu-Jek berdiri di bawah payung PT Blu-Jek Indonesia, yang mana didirikan oleh dua pemuda bernama Michael Manuhutu dan Garrett Kartono. Sementara ini Blu-Jek melayani antar jemput ke wilayah DKI Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. BluJek sendiri telah memiliki ribuan riders dan dalam waktu dekat menargetkan 10.000 riders.

 

Sebanyak 98 persen pengemudi Blu-Jek berasal dari tukang ojek tradisional yang diajak bergabung dari pangkalan ke pangkalan. Guna mendukung operasional, Blu-Jek bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk sistem pembayaran, operator seluler Telkomsel untuk nomor telepon yang digunakan Rider (sebutan pengemudi Blu-Jek), dan ponsel ZTE berbasis sistem operasi Android yang dipakai Rider. Soal tarif, pada tarif datar dikenakan Rp 4.000 per kilometer (km). Saat kami mencoba aplikasi ini, Blu-Jek memberikan tarif Rp 100.000 dengan jarak 25 km. Untuk memesan ojek, caranya cukup mudah. Anda cukup mentap ikon Blu-Rider bergambar sepeda motor, lalu set lokasi penjemputan, tentukan destinasi, dan sign-in menggunakan email.

Baca Juga  HP 1 jutaan, yang cocok untuk Selfie, HiSense F30 Pureshot Lite

 

Kemudian, secara otomatis Blu-Jek akan menampilkan tarif sesuai jarak tempuh dan mencarikan pengemudi untuk Anda. Selain layanan ojek Online, Blu-Jek juga menawarkan jasa lainnya yaitu Blu-Pick, Blu-Shop, dan Blu-Menu. Blu-Pick adalah sebuah layanan kurir untuk menjemput dan mengantarkan dokumen atau paket. Blu-Jek menjamin, bila barang yang diantar hilang atau rusak akan di-cover dengan asuransi. Sementara Blu-Shop merupakan layanan belanja untuk membantu Anda menghemat waktu belanja dengan jumlah maksimum sebesar Rp 1.000.000.

 

blujek

 

Sedangkan Blu-Menu adalah sebuah layanan pemesanan makanan favorit Anda, hanya dengan satu klik. Namun sayangnya, layanan ini masih dalam pengembangan sehingga belum bisa dimanfaatkan. Saat mengklik layanan ini, aplikasi hanya menampilkan notifiasi ‘Coming soon’. Aplikasi ojek online ini sendiri dapat diunduh secara gratis di toko aplikasi Google Play Store untuk perangkat Android dan Apple App Store untuk perangkat berbasis iOS.

Baca Juga  Game PC Open World Terbaik Tahun Ini

 

Dari segi penggunaan, navigasi Blu-Jek terbilang cukup user-friendly. Terlebih, antarmukanya terlihat simpel dan intuitif dengan dominasi warna biru tua dan putih. Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi ojek online di luar Go-Jek dan GrabBike, aplikasi transportasi pendatang baru yang satu ini layak dicoba.

 

Namun, Anda disarankan untuk sedikit bersabar, mengingat armada atau pengemudi yang dimiliki Blu-Jek tak sebanyak Go-Jek maupun GrabBike. Pantauan kami, aplikasi ini sudah diinstal oleh puluhan ribu pengguna. Namun seperti biasa, ada banyak komentar pedas dan pujian dari pengguna, mengingat aplikasi tersebut masih mengandung banyak bugs, seperti fiur maps yang terkadang tidak berfungsi, sistem meminta pengguna untuk sign-in berulang kali, belum ada keterangan driver untuk mengetahui ada tidaknya driver di sekitar pengguna, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Download Game Resident Evil di Android

 

Sumber : MajalahMos.com

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.