Ultrabook Asus Murah Terbaru dan Terbaik Zenbook 3

  • Whatsapp

Ultrabook Asus Murah Terbaru dan Terbaik

Saat acara peluncuran yang diadakan oleh ASUS bulan Oktober lalu, ternyata ASUS tidak hanya meluncurkan smartphone ZenFone saja. Mereka pun memperkenalkan sebuah notebook yang lebih tipis dari Macbook Air dengan nama Zenbook 3. Saat pertama kali diperkenalkan, notebook tipis yang satu ini sempat memukau para penonton yang ada di sana.





ultrabook-asus-terbaru-dan-terbaik-5

Notebook tipis yang satu ini pun datang ke meja pengujian  ASUS Zenbook 3 yang juga bernama UX390 memang menawarkan solusi notebook tipis dan ringan untuk mereka yang gemar bekerja secara mobile. Secara penampilannya, notebook ini juga menawarkan gaya elegan. Dan secara performa, notebook ini pun tentu juga memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Berbicara mengenai spesifikasi, ternyata ASUS mengganti prosesor yang digunakan pada UX390 dari versi betanya yang menggunakan Skylake. Notebook tipis ini menggunakan prosesor dual core quad thread Intel Kaby Lake Core i7-7500u dengan kecepatan 2,7 GHz yang dapat meningkat dengan feature Turbo sampai 3,5 GHz. Integrated graphics yang dimiliki notebook ini adalah Intel HD Graphics 620. RAM DDR 3 yang terpasang berkapasitas 4 GB pada model Dual Channel. Pada notebook ini sudah terpasang solid state drive dari Toshiba dengan kapasitas 512 GB.

ultrabook-asus-terbaru-dan-terbaik

Desain

Dengan desain yang tipis, ASUS membuat rangka dari notebook ini dari alumunium dan bukan plastik. Hal tersebut membuat UX390 terasa sangat kokoh saat dipegang dan dibawa. Yang membuatnya lebih unik lagi adalah bahan metal yang digunakan pada body tersebut lebih keras sekitar 40% dibandingkan material yang digunakan pada Ultrabook pada umumnya. ASUS pun menata keyboard pada UX390 dengan sangat baik. Dengan desain chiclet untuk tombolnya, dimensi per tuts yang diberikan juga cukup lebar. Walaupun begitu, saat digunakan, merasa feedback dari setiap tombol yang ada kurang nyaman. Mungkin pengguna memang perlu membiasakan diri saat mengetik pada UX390. Keyboard yang ada pun juga sudah dilengkapi dengan LED Backlit sehingga dengan mudah dapat mengetik saat gelap sekali pun.

Baca Juga  3 Laptop Macbook Apple yang Tersedia di Indonesia

ultrabook-asus-terbaru-dan-terbaik-2

Touchpad yang ada juga cukup nyaman saat digunakan. Keunikan yang lain adalah ASUS menempatkan sensor sidik jari pada sisi kanan atas touchpad-nya. Hal ini tentu akan membuat pengguna tidak harus memindahkan tangannya dari touchpad sehingga bisa dapat langsung bekerja. Badan notebook yang satu ini memiliki dimensi 296 x 191 x 11.9 mm yang memuat layar dengan ukuran 13,3 inci yang memiliki resolusi 2304 x 1440 dan terlapisi dengan Gorilla Glass 4. Untuk bobotnya, ASUS ZenBook 3 memiliki berat sekitar 910 gram yang sangat ringan. Pada sisi-sisi dari notebook ini, hanya terdapat dua buah lubang saja. Pada sebelah kiri terdapat port audio jack 3,55 mm. Dan pada sebelah kanan terdapat sebuah port USB-C / Thunderbolt 3 yang dapat dihubungkan dengan ROG XG Station 2 untuk bermain game-game super berat. Speaker yang ada juga didesain cukup unik oleh ASUS. Terdapat empat buah speaker pada notebook ini, dua di sisi atas keyboard dan dua lagi ada pada bagian bawah. Sistem audio ini sendiri juga merupakan kerjasama pertama ASUS dengan Harman Kardonn. Charger yang digunakan untuk notebook ini juga memiliki dimensi yang kecil dengan interface USB-C. Pengguna tidak akan kerepotan saat membawanya.

Baca Juga  Rekomendasi Powerbank 12.000 mAh Harga 100rb an

ultrabook-asus-terbaru-dan-terbaik-3

Kinerja dan Baterai

ASUS ZenBook 3 menggunakan platform buatan Intel dengan Intel Core i7 7500u yang memiliki dua buah core dan empat thread dengan arsitektur Kabylake. CPU ini sendiri memiliki kecepatan 2,7 GHz serta akan meningkat clocknya saat fasilitas Turbo aktif sampai 3,5 GHz dengan TDP 15 watt. Pada sisi GPU, notebook ini menggunakan Intel HD Graphics 620 yang memiliki daya lebih rendah dan cocok untuk digunakan saat bekerja dan menonton video.

ultrabook-asus-terbaru-dan-terbaik-4

Beberapa game dengan setting rendah pun juga dapat dijalankan pada notebook ini. Envy 13 menggunakan RAM DDR3 yang berjalan pada clock 1066 MHz dan memiliki kapasitas 4 GB. Konfigurasi RAM pada notebook ini sudah ada pada mode dual channel. Pada sisi storage, UX390 menggunakan solid state drive buatan Toshiba dengan kapasitas 512 GB. Hasil pengujian baterai yang  dilakukan menunjukkan rentang waktu yang baik. Untuk pengujian baterai, menggunakan sebuah video MP4 dengan resolusi 1080p yang diulang terus menerus sampai notebook ini mati dengan sendirinya. Brightness pun ditetapkan pada nilai 50%. Hasilnya, notebook ini hanya dapat bertahan dengan waktu 7 jam 22 menit

 

BENCHMARK
PCMark 8 Home: 1639
PCMark 8 Creative: 1810
PCMark 8 Work: 1981
PCMark 8 Storage: 4353
3DMark Cloud Gate: 3962
3DMark Sky Diver: 1725
Cinebench R11.5 Single: 1.68
Cinebench R11.5 Multi: 4,03
Cinebench R15 Single: 145
Cinebench R15 Multi: 363
Tes Baterai MP4 1080p: 7:22:57

Baca Juga  Cari Smartphone Layar 5 inch Harga dibawah 1 juta ? Ini Pilihannya

DATA TEKNIS
Platform : Intel Kabylake
CPU/GPU: Intel Core i7 7500u (2 Core 4
Thread)/Intel HD Graphics 630
Layar : 13,3 inci IPS LCD Capacitive
Resolusi : 2304 x 1440
RAM/Storage : 4 GB/ 512 GB SSD
Konektivitas : WiFi, USB-3.0, Bluetooth 4.0
OS : Windows 10 Pro
Kamera : 2 MP
Dimensi : 296 x 191 x 11.9 mm
Berat : 910 g
Baterai: 40 Whr

PAKET PENJUALAN
ASUS ZenBook 3
Charger
Case kulit
Buku manual

Kelebihan :

+ Kaby Lake!
+ Kinerja baik
+ Tipis
+ Kokoh
+ Bobot ringan
+ Speaker cukup baik
+ Daya tahan baterai baik
+ Bisa dihubungkan ke ROG XG Station 2

Kekurangan :

– Harga tinggi
– Slot USB-C hanya satu
– Belum touch screen

PRODUSEN:
ASUS
WWW.ASUS.COM
HARGA:
Rp. 19.999.000
DISTRIBUTOR:
ASUS Indonesia

KESIMPULAN : Saat pembelian notebook sudah mengedepankan sisi gayanya, tentu saja harga bukanlah masalah utama. Oleh karenanya, ASUS UX390 bisa dijadikan alternatif dalam daftar belanja Ultrabook Anda. Selain gaya, dimensinya yang tipis serta bobotnya yang ringan membuatnya mudah dibawa ke mana pun. Dengan menggunakan Kaby Lake, kinerja Ultrabook ini patut diperhitungkan karena tidak hanya cocok untuk memainkan file-file multimedia, tetapi juga untuk bekerja seperti melakukan editing gambar, video, file lagu, dan lain sebagainya. Dan jika Anda seorang gamer, dengan membeli modul ROG XG Station tambahan akan membuat notebook ini menjadi sebuah perangkat gaming.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.