Begini Tips Blogging Agar Traffik Banyak & Sukses

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Pernah dengar tentang situs humor malesbanget.com (MBDC)? Ya, inilah salah satu situs humor yangkonsisten dan serius menjaga konten humornya agar tetap menggelitik untuk dibaca. Tak pelak, ke-seriusannya mengurus bahan candaan berhasil menarik investasi untuk kian membesarkan bisnisnya. Akhir 2014 lalu, MBDC berhasil menarik investasi keduanya dari Rebright Partner dan 500 Startup. Sebelumnya situs humor ini sudah mendapat investasi awal dari Nusantara Capital Incubator pada 2011. Di Indonesia, konten MBDC termasuk salah satu yang cukup sukses mendapat efek viral, alias sering dibagikan diantara pengguna internet dan media sosial. MBDC berhasil menarik pengunjung unik sebanyak 47.000 setiap bulannya serta 3,5 juta pageview tiap bulan. Selain itu, tiap orang bisa bertahan hingga tujuh menit di situs ini.

malesbanget com

MBDC juga mengklaim channel youtube mereka menjadi salah satu channel yang paling banyak subscribernya di Indonesia. Video yang ditampilkan cukup variatif mulai dari sketsa komedi, webseries, tutorial, musik, hingga yang cukup menarik adalah video travelling ala MBDC. Tapi tahukah kamu siapa yang ada dibalik MBDC? Ya, dialah aktor yang cukup sering warawiri di layar kaca kita, Christian Sugiono. Aktor yang satu ini aslinya ternyata seorang programmer. Tumbuh di Jerman Latar belakang pendidikannya di jurusan Teknologi Informasi di Technische Universitas Harburg, Hamburg, Jermanlah yang membawanya mendalami dunia coding. Meski tak tamat, tapi selama berkuliah di Jerman, Tian dan beberapa temannya berhasil membuat sebuah situs humor yang mereka namai malesbanget.com (MBDC). Benih MBDC tumbuh saat Tian menempuh studi TI-nya di Jerman di awal 2000-an.

Baca Juga  HP Samsung dengan Kamera Depan LED Flash

 

Saat itu Cristian rajin chatting dengan teman-teman yang dikenalnya dari layanan chatting populer saat itu, MIRC. Chatting bersama dua temannya Ario Sayoga dan Arianji yang masing-masing berada di Australia dan Jakarta saat itu. Sering chatting dan bercanda, mereka lalu berpikir untuk menuliskan candaan mereka itu didalam sebuah situs. Situs mengenai kisah-kisah seru dan lucu di keseharian mereka ini terinspirasi dari situs humor seperti Collegehumor.com dan Crack.com.

 

Setelahnya pada 2002, mereka memutuskan untuk membeli domain, mengkoding bareng, dan mendesain sendiri situs yang kemudian mereka namakan Malesbanget.com itu. Setelah situs jadi dan dirilis pada 2003, setahun kemudian mereka baru benar-benar kopi darat di Jakarta. “Isinya hal-hal ngga penting yang kalo didengerin bikin (orang berkomentar) males banget, deh,” terang Tian. Proyek iseng itu kemudian sempat vakum beberapa tahun. Belakangan, Tian dan teman-teman lamanya ini sepakat untuk menekuni lagi proyek situs humornya itu. Lewat Malesbanget.com versi pertama itu, Tian dan kawankawan rajin posting segala sesuatu yang berbau humor. Tak disangka ternyata situs iseng-iseng ini punya cukup banyak penggemar. Dua tahun berkibar, MBDC sempat terkena blokir dan di blacklist dari Kemenkominfo pada 2004. Pasalnya, nama Malesbanget.com disinyalir terkait dengan konten porno akibat namanya yang berbau seksualitas ketika dilafalkan dalam bahasa Inggris. “Kalau dalam bahasa Inggris, malesbanget itu jadi kayak ‘males’, laki-laki dan ‘bangs’ seperti ‘gangbang’,” terang Tian. Akibat pemblokiran ini, situsnya itu tak bisa diakses selama dua bulan. Meski akhirnya situsnya bisa bebas diakses kembali setelah melalui penjelasan dan proses yang cukup panjang. Sejak 2003 hingga 2007 MBDC dikelola bersama dari tempat berbeda, Jerman, Indonesia, Australia.

Baca Juga  Inilah HP dengan Snapdragon 820, RAM 4gb, ZTE Axon 7

 

Di Jerman untuk melanjutkan studi sejak 2000, Tian lalu memutuskan untuk kembali ke Indonesia pada 2006 dan mulai serius menekuni dunia akting. Begitupula dengan kedua teman Tian yang juga punya kesibukan sendiri. Sehingga, MBDC pun jadi terlantar pada 2007. Berkembang di Indonesia Empat tahun mati suri, Tian melihat ada harapan untuk membangun kembali passionnya di dunia TI dengan maraknya perkembangan dunia startup teknologi di Indonesia. Kembali berkonsolidasi dengan rekan-rekan lamanya, mereka pun mengibarkan kembali bendera MBDC di dunia maya. Menggarap kembali MBDC yang sempat mati suri, Tian mengaku kini lebih serius dalam menyiapkan kru dan konten situs humornya ini. “Isinya macam-macam, ada webseries, video, brainstorming, artikel, social media games, quiz, pokoknya basisnya konten humor,” terang Tian. Humor menjadi sasarannya, sebab menurut Tian saat ini belum ada yang menggarap serius situs di area itu di Indonesia.

 

Selain itu, saat ini iklim perkembangan internet dan startup di Indonesia yang memang sangat mendukung. Keseriusannya menggarap kembali MBDC diwujudkan dengan penggodokan konten orisinil untuk situsnya itu. Selain itu, Tian juga melengkapi situsnya dengan awak redaksi dan tim pengembang MBDC yang solid untuk memajukan MBDC. Keseriusannya ini sepertinya berbuah baik. Duduk sebagai CEO di perusahaan MBDC Media Co. Ltd.,Tian menyebutkan bahwa situsnya ini kini punya 3 juta pageview setiap bulannya. Untuk video, pengunjungnya menyentuh angka 500.000 view perbulan. Urusan bisnis model, sejauh ini MBDC memang masih mengandalkan iklan display juga jasa untuk membuat video kreatif. Meski awalnya MBDC dibangun dari kocek pribadi, namun Tian juga menyebutkan MBDC pun didanai oleh investor. “Saat ini kita udah second round investment,” terangnya. Meski lebih serius, tapi MBDC tetap membawa kelucuannya yang dulu. Konten yang dihadirkan menurut Tian tak melupakan gaya mereka dulu. Lewat MBDC format baru ini, Tian berharap Malesbanget.com bisa menjadi, “Next biggest funniest channel di Indonesia,” terang Tian. Selain bisa dijumpai lewat websitenya di www.malesbanget. com, MBDC juga hadir dalam bentuk aplikasi. Saat ini MBDC baru meluncurkan aplikasi untuk lingkungan Windows 8. Meski baru diluncurkan, ternyata aplikasi mereka menjadi terfavorit Windows Market Indonesia. Bahkan, aplikasi mereka menempati peringkat ketujuh sebagai aplikasi favorit di Windows Market dunia. Ke depannya, MBDC juga akan menghadirkan aplikasi di platform lain seperti Android dan iOS. Sukses dengan MBDC, Tian juga akan meluncurkan lagi satu produk online lain miliknya. Meski demikian, ia masih merahasiakan ihwal produk barunya itu. “Pokoknya masih berkisar entertainment juga, cuma based on interest. Launch sekitar Q3 atau Q4,” terangnya berahasia.

Baca Juga  Ini Dia Game Seru di Android yang Cocok untuk Anak Anak

 

Sumber : Majalah Chip Juni 2015

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.