BeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-LainLaptop/NetbookNewsPendidikan

Cara Menghapus Akun Instagram, Secara Sementara dan Permanen 2023

Cara Menghapus Akun Instagram, Secara Sementara dan Permanen – Instagram, salah satu platform sosial media yang digunakan oleh 150 juta orang di dunia ini memang sangat digandrungi kaum milenial. Aplikasi yang lebih mengutamakan foto dan video tak hanya dijadikan sebagai akun pribadi tetapi berbagai jenis bisnis seperti toko online.

Ada kelebihan ada juga kekurangannya, walaupun Instagram menarik banyak orang untuk membuat akun tetapi tidak semuanya aktif. Dari 150 juta orang rata-rata akun yang aktif adalah 75%.

Beberapa kelompok masyarakat lebih memilih untuk tidak menggunakan sosial media ini karena sudah menggunakan platform lainnya. Sedangkan beberapa lainnya lebih memilih untuk menonaktifkan Instagram untuk berbagai alasan. Cara menghapus akun instagram pun tidak sulit. Jika kamu salah satunya yang ingin menghapus akun instagram, yuk cari tahu di sini.

Cara Menghapus Akun Instagram

Berbagai Alasan yang Membuat Kamu Menghapus Akun Instagram

 

Sebelum masuk ke langkah-langkah menghapus, pastikan dahulu apa alasan kamu ingin menghapusnya. Karena Instagram menawarkan dua cara penghapusan sesuai kebutuhan yaitu sementara dan juga permanen. Kamu bisa memilihnya berdasarkan alasan ingin menghapusnya supaya tidak menyesal nantinya.

  1. Menghabiskan banyak waktu

Kesadaran dalam penggunaan sosial media hanya bisa diatur oleh masing-masing individu. Pada dasarnya Instagram adalah sebuah media bersosialisasi sekaligus hiburan. Tapi sebagian besar orang justru sadar bahwa mereka menghabiskan banyak waktu di Instagram. Padahal waktu itu seharusnya digunakan untuk belajar atau bekerja dan memperkaya diri dengan ilmu.

Jika ternyata frekuensi kamu menggunakan Instagram justru lebih besar ketimbang bekerja atau belajar maka perlu mempertimbangkan untuk menghapus akun. Pada akhirnya kamu bisa lebih fokus dengan apa yang dilakukan.

  1. Instagram membuat jadi lebih konsumtif

Tak sedikit akun toko online yang dibuat untuk menjaring mereka yang konsumtif. Ini adalah salah satu banyak alasan menonaktifkan akun mereka yaitu karena akhirnya lebih boros. Gambar-gambar yang disajikan sangat menarik dengan menawarkan produk produk dari pakaian hingga makanan. Banyak barang dijual, pembayaran juga bisa dilakukan dengan mudah akhirnya kamu pun menjadi konsumtif.

Jika perilaku konsumtif sudah mulai meningkat akan lebih baik jika kamu tak menggunakan Instagram lagi. Kecuali jika kamu sudah bisa menahan diri untuk tidak sering berbelanja.

  1. Mengurangi sosialisasi langsung

Media sosial memang ditujukan untuk bersosialisasi tetapi jika dilakukan berlebihan juga tidak baik. Tak sedikit yang mengakui bahwa mereka jarang bersosialisasi dengan tetangga atau teman di sekitar lingkungan secara langsung. Sibuk dengan Instagram bahkan ketika bertemu langsung. Pada akhirnya menimbulkan masalah kurangnya bersosialisasi secara langsung.

Apabila hal ini tak segera diatasi maka kamu bisa kehilangan teman dekat yang biasanya sering bertemu. Karena belum tentu mereka juga kecanduan Instagram seperti yang kamu lakukan.

Masih banyak alasan lainnya yang membuat kamu perlu menutup Instagram. Contoh yang paling sering terjadi adalah karena baru saja putus dari pacar. Di Instastory dan postingan Instagram ada begitu banyak foto kenangan kamu bersama mantan. Kamu pasti tak mau mengingatnya, belum lagi menjawab pertanyaan orang lain di kolom komentar.

Nah untuk masalah seperti yang satu ini kamu perlu tahu cara hapus akun instagram sesuai dengan tepat. Karena mungkin saja suatu saat setelah kamu siap menghadapi perasaan setelah putus, kamu ingin menggunakan Instagram kembali.

Perbedaan Akun yang Dihapus Permanen dan Sementara

Instagram berbaik hati kepada semua penggunanya. Ada dua pilihan yang diberikan yaitu menghapus akun secara permanen atau sementara. Apabila kamu hanya ingin rehat dari sosial media karena baru saja putus maka bisa memilih menghapus akun untuk sementara. Sewaktu-waktu kamu ingin memiliki akun kembali kamu bisa menggunakannya.

Tapi jika kamu memang sudah tak ingin kembali ke sosial media Instagram bisa memilih menghapus akun secara permanen. Mungkin saja alasan kamu menghapus karena ada seseorang yang stalking dan mengirim banyak spam maka perlu untuk menghapusnya permanen.

Apa perbedaanya menghapus sementara dan permanen? Tentu saja sesuai dengan namanya, menghapus akun sementara artinya kamu bisa membukanya kembali. Semua komen, foto dan dokumentasi lain yang tersimpan tidak akan dihapus. Sedangkan menghapus akun secara permanen akan menghilangkan semua rekam jejak yang telah kamu buat.

Cara menghapus akun instagram baik itu sementara dan permanen tidak hanya dilakukan dengan menghilangkan aplikasi di smartphone. Walaupun kamu telah menghapus aplikasinya, akun masih tetap aktif dan kamu bisa masuk melalui browser di pc atau laptop. Lalu bagaimana cara menghapusnya? Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan.

Berbagai Macam Cara Menghapus Akun Instagram

Permanen dan sementara adalah pilihan yang harus benar-benar kamu pertimbangkan. Jangan sampai menyesal karena kamu menghapus akun instagram secara impulsif. Mungkin saja karena marah akan sesuatu kamu menghapusnya secara permanen, padahal ratusan bahkan ribuan foto yang ada di akun belum dicadangkan. Tapi jika kamu sudah yakin, bisa memilih cara tutup akun instagram berikut ini.

Cara 1. Menghapus Akun Instagram melalui Laptop/ PC untuk Sementara

Cara yang pertama ini bisa dilakukan melalui browser di laptop atau PC .Pastikan bahwa PC atau laptop terhubung dengan internet ya. Kamu bisa menggunakan browser seperti Chrome, Mozilla atau Internet Explorer, kemudian ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini.

  1. Buka browser di PC/ laptop kemudian masuk ke Instagram.com
  2. Masuk ke dalam akun, masukkan username dan password untuk bisa mengunjungi akun. 3. Setelah itu masuk ke bagian profil milikmu.
  3. Pada bagian profil ini pilih menu ‘’Edit Profil’’ yang terdapat pada sebelah nama profil.
  4. Maka kamu akan masuk ke dalam halaman baru yang berisi nama, nomor telepon, dll.
  5. Pada bagian bahwa terdapat menu ‘’Nonaktifkan sementara akun saya’’. Pilih menu tersebut.
  6. Setelah klik akan muncul beberapa pertanyaan, pilih kotak jawaban dari pertanyaan ‘’Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda?’’.
  7. Jawaban sudah dipilih, kamu perlu mengisi ulang kata sandi untuk memastikan bahwa akun tersebut milik kamu.
  8. Terakhir klik menu ‘’Nonaktifkan sementara akun saya’’ yang muncul.

Cukup mudah bukan cara hapus akun instagram untuk sementara melalui PC? Setelah proses selesai dilakukan maka siapapun tidak akan bisa melihat foto di akun kamu. Para followers tidak akan menemukan akun melalui tagar, geotag, dan pencarian. Namun jangan khawatir, karena data akun milikmu masih tersimpan dan kembali sewaktu kamu mengaktifkannya kembali.

Cara 2. Menghapus Akun Instagram melalui Laptop/ PC untuk Permanen

Sudah yakin untuk tidak menggunakan Instagram kembali? Kamu bisa menghapus akun secara permanen. Caranya pun tidak sulit, yang pertama berikut ini adalah menggunakan PC/ laptop dan masuk ke halaman web browser. Tapi jangan lupa untuk bisa menghapusnya kamu harus login terlebih dahulu ke akun Instagram.

Berikut ini cara menghapus akun instagram permanen melalui web browser.

  1. Setelah masuk ke akun menggunakan username dan password, buka web browser baru dan masuk ke halaman help.instagram.com.
  2. Maka akan muncul beberapa menu dan pilih menu ‘Mengelola Akun Anda’’, kemudian pilih menu di sebelah kanan ‘’Hapus Akun Anda’’.
  3. Pada kolom sebelah kanan muncul beberapa pilihan ‘’Bagaimana cara menghapus akun saya?’’. Dari beberapa pilihan, klik pertanyaan kedua kemudian temukan link ‘’Halaman 4. Menghapus Akun Anda’’ dan klik.
  4. Kamu akan langsung diarahkan ke proses penghapusan dan perlu menjawab pertanyaan ‘’Alasan menghapus akun saya’’. Pilih salah satu jawaban dengan klik pada box jawaban.
  5. Masukkan kembali password akun Instagram dan pastikan benar.
  6. Terakhir klik ‘’Permanently Delete My Account’’.

Dengan klik menu terakhir kamu tidak bisa lagi login ke akun Instagram kembali karena semua data sudah dihapus.

Cara 3. Menghapus Akun Instagram melalui Smartphone untuk Sementara

 

Selain melalui laptop/ PC, kamu juga bisa memilih cara praktis dengan menghapus akun melalui aplikasi. Tapi cara tutup akun instagram bukan hanya sekedar menghapus aplikasinya saja di smartphone. Ada langkah pengaturan tertentu yang bisa dilakukan.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka web browser di smartphone, kemudian masukan alamat Instagram.com.
  2. Login ke dalam akun milikmu melalui web browser, setelah masuk ke bagian profil diri.
  3. Pilih menu ‘’Edit Profile’’ dan ketuk.
  4. Pada bagian bawah pilih menu ‘’Nonaktifkan sementara akun saya’’ dan ketuk.

5.Maka akan muncul pertanyaan ‘’Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda?”’’dan isi jawabannya di dalam kotak pada sebelah pertanyaan.

6.Kembali masukkan menggunakan kata sandi akun Anda.

  1. Pilih menu ‘’Nonaktifkan sementara akun saya’’ kembali, maka akun akan tidak aktif untuk sementara.

Seperti yang diperhatikan dari cara ini sama persis dengan ketika menggunakan PC/ laptop. Karena pada intinya kamu hanya perlu masuk akun Instagram melalui web browser. Akun tak bisa dihapus sementara jika kamu masuk melalui aplikasi saja.

Cara 4. Menghapus Akun Instagram melalui Smartphone untuk Permanen

Berbeda dengan sebelumnya, cara menghapus akun instagram permanen bisa dilakukan melalui aplikasi. Caranya memang sedikit panjang, tapi sama mudahnya ketika kamu menghapusnya melalui PC/ laptop. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Bukalah aplikasi Instagram di smartphone dan login menggunakan username dan password untuk masuk ke akun.

2.Setelah itu masuk ke bagian profil akun dan pilih menu tiga garis yang ada di pojok kanan atas. Ada beberapa pilihan menu dan pilih paling bawah sendiri yaitu ‘’Setting/ Pengaturan’’.

  1. Kemudian lanjutkan dengan memilih menu ‘’Help’’ baru ‘’Help Center’’. Kamu akan diarahkan langsung ke situs help.instagram.com dan membukanya melalui web browser.
  2. Lanjutkan dengan memilih menu ‘’Mengelola akun Anda’’ dan pilih menu ‘’Hapus Akun Anda’’.
  3. Ada beberapa pertanyaan yang muncul, namun pilih pertanyaan nomor dua yaitu ‘’Bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?’’. Pilih tautan ‘’halaman Hapus Akun 6. Saya’’ maka kamu akan diarahkan langsung ke proses penghapus.
  4. Sebelum menghapus pilih dahulu jawaban mengapa kamu hendak menghapus akun Instagram.
  5. Masukkan password setelah memilih jawaban kemudian klik ‘’Permanen delete my account’’.

Cara menghapus akun instagram untuk permanen memang sedikit lebih ribet jika dilakukan melalui smartphone. Karena kamu harus masuk aplikasi supaya masuk ke laman help.instagram.com sehingga mamakan waktu yang sedikit lama. Tapi hasilnya tetap sama, akun instagram kamu akan langsung hilang permanen.

Apabila selesai proses ini, kamu tak bisa lagi menggunakan akun dengan nama dan email yang sama. Selain itu kamu juga tak akan bisa login dengan username tersebut, untuk memastikannya kamu bisa mencobanya setelah selesai menghapus.

Cara Mengaktifkan Ulang Akun Instagram

Setelah mengikuti cara tutup akun instagram sementara, bagaimana jika sewaktu-waktu ingin membuka akun kembali?

Caranya sangat mudah karena kamu bisa membukanya hanya dengan memasukan username dan password terakhir.

Jadi pastikan jika kamu terus ingat username dan passwordnya untuk login. Setelah masuk, akun akan kembali seperti semula.

Perlu diketahui juga bahwa Instagram memiliki peraturan untuk melakukan nonaktif akun sementara hanya bisa dilakukan satu minggu sekali saja.

Jika kamu baru saja menonaktifkan dan mengembalikan akun di minggu yang sama, maka perlu menunggu berikutnya untuk menghapusnya sementara kembali.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Cara menonaktifkan akun instagram
Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Cara menonaktifkan akun instagram
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^