Begini Cara Mengubah Android Menjadi Kamera CCTV

 News

Cara Mengubah Android Menjadi Kamera CCTV

Sulap Smartphone Android Jadi CCTV. Tingginya aksi kriminal di perkotaan, seperti pencurian, penodongan atau perampokan di perumahan, toko, perkantoran, hingga parkiran, menggiring sebagian orang melakukan langkah antisipasi dengan memasang peralatan keamanan berupa Closed-circuit television (CCTV). Namun, tingginya harga seperangkat CCTV, membuat konsumen akhirnya menunda rencana tersebut. Padahal, yang namanya tindak kejahatan bisa terjadi kapan dan dimana saja tanpa peringatan terlebih dahulu. Untungnya, perkembangan dunia teknologi yang terus bergerak maju, sedikit banyaknya turut membantu memecahkan berbagai permasalahan.

Jika kebetulan Anda memang belum sempat membeli seperangkat CCTV untuk mengamankan properti, kenapa tidak mencoba mengakalinya dengan bantuan smartphone atau komputer genggam berbasis Android. Tak perlu produk mahal, asalkan memiliki kamera depan, smartphone atau tablet PC tersebut sudah bisa disulap menjadi sebuah kamera pengawas. Lantas apa saja yang perli dipersiapkan? Untuk membuat CCTV terjangkau, Anda hanya membutuhkan dua buah perangkat dengan platform Android, bisa berupa smartphone dua-duanya atau bisa juga smartphone dan tablet PC, lengkap dengan aplikasi pendukungnya. Bagaimana langkah-langkahnya? Tim Teknorus.com menyajikannya untuk Anda. Harga iPhone Termurah 2018 Resmi iBox Distributor Indonesia

Baca Juga  Perbandingan HP Xiaomi vs Samsung, Harga 1 jutaan sampai 3 jutaan



  • Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, siapkan dua buah perangkat berbasis Android, yang nantinya akan dijadikan sebagai kamera pengawas dan monitor pengintai. Tidak perlu yang harganya selangit! Smartphone di bawah Rp 700 ribuan juga tidak masalah, asalkan dilengkapi dengan kamera sekunder, itu sudah lebih dari cukup. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi IP Cam di perangkat yang akan dijadikan sebagai kamera pengawas. Jangan khawatir, aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma di Google Play Store.
  • Setelah proses instalasi di perangkat selesai, sekarang buka aplikasi IP Cam tersebut. Begitu dijalankan, Anda akan disuguhkan dengan berbagai pengaturan. Langsung klik saja Video Preferences, lalu atur resolusi kamera. Jika Anda ingin lebih aman, dimana tidak sembarang orang mengaksesnya, lengkapi saja dengan kata sandi. Dengan pengaturan standar, aplikasi ini sudah bisa berjalan dengan baik.
  • Sementara itu, untuk pengaturan alamat IP, tidak perlu Anda atur lagi. Biarkan saja pada setelan bawaan. Selanjutnya, klik saja tombol Start Server, maka kamera ponsel akan segera aktif. Setelah itu, atur menu Hostname dan masukkan alamat IP dari salah satu kamera pengawas. Sedangkan di bagian Port Number biasanya sudah diisi dengan angka 8080. Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, kini Anda memiliki perangkat pengawas yang dibangun dengan harga terjangkau. Pratis, bukan? Download Game Dragon Ball Super untuk Android ini
  • Jangan lupa untuk memilih jenis koneksi yang akan digunakan. Apakah melalui jalur WiFi atau seluler? Setelah Anda terhubung dengan jaringan, Anda akan dituntun ke sebuah panduan dengan cara mengklik How Do I Connect.
  • Sekarang beralih ke perangkat yang akan dijadikan sebagai monitor pengawas. Caranya dengan mengunduh aplikasi tinyCam Monitor. Setelah itu Anda akan disuguhkan opsi Manage Camera, kemudian tap tombol plus untuk memasukkan kamera pengawas.
  • Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencentang kolom Enable dengan memberi tanda centang. Jangan lupa untuk memberi nama kamera pemgawas yang akan dipakai. Sementara itu, pada opsi Camera Vendor, silahkan Anda pilih IP Webcam for Android, agar perangkat pengawas dan perangkat yang memonitor terhubung
  • Setelah itu, atur menu Hostname dan masukkan alamat IP dari salah satu kamera pengawas. Sedangkan di bagian Port Number biasanya sudah diisi dengan angka 8080. Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, kini Anda memiliki perangkat pengawas yang dibangun dengan harga terjangkau. Pratis, bukan?
Baca Juga  Daftar Smartphone & Tablet Asus yang Mendapat Update Marsmallow

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.