LG G4 Stylus & Coolpad Shine, 2 Smartphone Harga 3 juta

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

 

 

Beragamnya kebutuhan pengguna membuat paraprodusen meluncurkanproduk yang menyasar bagi kebutuhan yang berbeda pula. Kali ini SINYAL melakukan komparasi dua ponsel di harga 3 juta rupiah yaitu LG G4 Stylus dan Coolpad SHINE yang samasama menyematkan fitur unggulan, utamanya dalam hal keamanan. Hal ini terlihat dengan banyaknya fitur proteksi bagi kedua ponsel tersebut.

lg g4 stylus vs coolpad shine

Desain dan layar

LG G4 Stylus hadir dengan desain yang menjadi ciri khas mereka yaitu dengan cover yang agak cembung. Berbahan casing plastik dengan motif warna silver bertekstur kesat masih nyaman digenggam meski berukuran phablet. Berusaha tampil beda, LG menempatkan tombol Power di tengah-tengah tombol Volume, penempatannya diletakkan di bagian belakang dekat dengan kamera utama. Untuk stylus-nya diselipkan di sisi kanan atas. Stylus ini cukup responsif saat digunakan pada layar sentuhnya. Stylus ini kerap digunakan bagi pengguna bisnis sebagai alat yang memudahkan untuk mencoret-coret dimana sangat membantu dalam hal kenyamanan, terutama bagi penggunaan bisnis. Coolpad SHINE menggunakan desain kotak berwarna gold berbahan plastik pada cover belakangnya. Bobotnya lebih ringan dengan ketebalan yang lebih tipis. Penempatan tombol mirip dengan kebanyakan ponsel lain dimana tombol Power di sisi kanan dan Volume di kiri. Tidak seperti LG yang menggunakan tombol Home, Multitasking, dan Back secara virtual, Coolpad menempatkannya pada sisi bawah dengan memakan sedikit jarak sehingga ukuran layar sedikit terpakai untuk tombol tersebut. Layar kedua ponsel sama-sama berjenis IPS LCD dengan resolusi HD. Jika LG berukuran 5,7inci yang sudah dilindungi Gorilla Glass 3 maka Coolpad berukuran 5,2 inci. Dari sisi sensor, LG memiliki 4 sensor dan Coolpad hanya 3 sensor. Dukungan multitouch untuk LG mencapai 10 titik sentuhan dan Coolpad hanya 5 titik. Dengan kerapatan layar yang sama-sama sebesar 320 dpi, terlihat tingkat ketajamannya lebih unggul LG G4 Stylus dimana Coolpad SHINE terlihat lebih pudar dan terlalu terang. Kualitas layar cukup konsisten dimana saat SINYAL lihat dari sudut pandang dan kemiringan berbeda, kualitasnya tidak berubah.

 

Fitur dan Aplikasi

Kedua ponsel menawarkan fitur unggulan yang berbeda. Jika LG G4 Stylus dengan spesialisasi Note yang berlayar lebar dan dilengkapi stylus, memang lebih ditujukan bagi kebutuhan yang lebih kompleks contohnya kalangan bisnis. Coolpad SHINE tidak mau kalah dengan fitur keamanan yang cukup lengkap. Dari sisi keamanan, LG G4 Stylus masih kalah lengkap dibanding Coolpad SHINE. Pada Coolpad ada tiga fitur keamanan yang disematkannya yaitu Fingerprint, Smart gesture, dan menggunakan cara mengetukkan kombinasi pattern pada layar atau menggunakan PIN. Fitur Fingerprint diaktifkan menggunakan aplikasi bawaan serta sensor yang terletak di bawah kamera utama. Fungsinya tidak hanya untuk memproteksi ponsel agar tidak bisa digunakan oleh orang lain saja, tetapi juga sebagai tombol shutter kamera. Masih kurang, sensor tersebut juga bisa untuk menjawab panggilan masuk serta membuka beberapa aplikasi yang sering dibuka penggunanya. LG G4 Stylus sendiri masih mengadopsi fitur keamanan khas mereka yaitu KnockON dan KnockCode guna mengelola layar terkunci lewat kombinasi ketukan saat membukanya. LG menambahkan fitur Dual Window yang memungkinkan pengguna menampilkan dua aplikasi yang sedang aktif dalam satu layar. Menariknya lagi ukuran kedua ukuran layar tersebut bisa disesuaikan dengan cara menggesernya. Untuk sistem operasi, LG telah mendapatkan pembaruan yang lebih baik dimana Android Lollipopnya mencapai versi 5.1.1 sedangkan Coolpad baru mencapai versi 5.0.2. Tampilan antarmuka pada LG menggunakan app drawer yang memanjang ke bawah, bukannya ke samping. Tampilan Coolpad SHINE menghilangkan app drawer sehingga aplikasi yang terpasang otomatis akan ditampilkan menyamping. Kedua tampilan antarmuka yang sederhana tersebut sangat ringan dan responsif saat berpindah tampilan. Bloatware memang menjadi salah satu hal yang dikeluhkan pengguna jika produsen terlalu banyak menyertakanya dalam suatu smartphone. Untungnya pada kedua smartphone ini, bloatware yang disertakan tidak terlalu banyak sehingga tidak terlalu mengganggu dari sisi kinerja serta tidak memakan banyak penggunaan storage. Salah satu aplikasi bloatware yang menarik dari Coolpad adalah Rock Wallpaper. Aplikasi ini akan menjadikan wallpaper berganti dengan cara unik. Cukup dengan menekan ikonnya dan wallpaper akan berganti. Pengguna juga bisa melakukannya dengan cara lain yaitu dengan mengguncang ponsel agar wallpaper berganti. Begitu pula dengan aplikasi CoolShow dengan fungsi yang mirip Rock Wallpaper. Aplikasi bloatware yang dihadirkan LG G4 Stylus terbilang sedikit yang diantaranya QuickMemo+, RemoteCall Service, LG Smartworld, LG Retail Mode, dan File Manager.

Baca Juga  HP Octacore, Fingerprint, Terbaru, ZTE Small Fresh 4

spesifikasi lg g4 stylus dan coolpad shine

Kinerja

Dari sisi spesifikasi, Coolpad SHINE sedikit lebih tinggi dibanding LG G4 Stylus. Tidak heran jika skor uji yang dihasilkan Coolpad lebih tinggi. Sama-sama menggunakan prosesor Octa-core, Coolpad menggunakan chip Qualqomm 8939 yang ditandem GPU Adreno 405 dan LG memanfaatkan chip MediaTek MT6592 dengan GPU Mali-450MP.

 

Kapasitas RAM yang berbeda tampak menjadi pembeda dalam hal kinerja, utamanya saat menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking). Seperti terlihat pada tabel, selisih kinerjanya agak lumayan. Meski hal ini tidak terlalu terlihat saat menjalankan aplikasi tertentu dimana keduanya sudah cukup mumpuni dalam menjalankan aplikasi modern.

 

Untuk pengujian tambahan, SINYAL coba menjalankan game terbaru seperti UFC serta Need For Speed No Limits. Keduanya mampu berjalan normal meski beberapa frame LG agak lebih tersendat dan lebih lama saat loading. Namun begitu keduanya mampu memainkan dua game tersebut dengan nyaman. Hal yang sama juga terjadi saat melakukan aktivitas browsing.

Baca Juga  Tips Memilih Laptop Gaming

 

Kapasitas RAM di sini cukup membantu kelancaran saat membuka banyak tab. Oleh karena itu, Coolpad dengan kapasitas RAM 2 GB sedikit lebih unggul. Untuk daya tahan baterai, LG G4 Stylus unggul tipis. Cukup menarik, mengingat LG mengusung layar yang lebih besar dimana penggunaan daya lebih besar. Menggunakan aplikasi PCMark for Android, LG G4 Stylus memiliki work battery life hingga 5 jam 16 menit sedangkan Coolpad SHINE sedikit lebih cepat yaitu 5 jam 9 menit. Proses pengujian ini dengan memaksimalkan tingkat brightness hingga 100% dan WiFi dalam kondisi aktif. Namun untuk pengujian work performance Coolpad unggul dengan skor 3776 berbanding 3013. Multimedia keduanya terbilang standar dan tidak menyertakan fitur khusus untuk itu. Untuk keluaran audio, LG G4 Stylus terdengar lebih jernih pada volume maksimal sedangkan Coolpad SHINE erdengar sedikit lebih ‘sember’ pada volume maksimal.

spesifikasi lg g4 stylus dan coolpad shine 2

 

spesifikasi lg g4 stylus

 

Kamera

Kedua ponsel ini berbekal resolusi pada kamera utama dan belakang sebesar 13 MP dan 5 MP. Dan keduanya tidak difokuskan dalam urusan kamera sehingga fitur yang diadopsinya minim. Kamera belakang yang selalu menjadi andalan utama dalam mengambil gambar mampu dihasilkan cukup baik pada dua ponsel tersebut.

Baca Juga  Cara Menambah Subscriber, Iklan di BBM Channel dengan Cepat

 

Hasil-hasil tangkapan gambar pada kondisi outdoor dan indoor masih mumpuni. Sayangnya, kedua ponsel hanya memberikan pilihan menu yang minim. Tidak banyak pengaturan yang bisa dilakukan. Solusinya gunakan aplikasi kamera pihak ketiga untuk mendapatkan pengaturan yang lebih lengkap. Kamera Coolpad SHINE hadir dengan fitur kamera yang lebih baik dalam hal pilihan menu. Selain mode Auto, pengguna bisa melakukan pengaturan manual melalui mode Pro. Kamera depan pada kedua ponsel tidak menyertakan lampu kilat.

 

Namun ada solusi untuk kondisi tersebut. Masing-masing memiliki fitur guna memaksimalkan hasil jepretan pada kondisi remang atau gelap. Pada LG G4 Stylus memiliki pilihan Flash namun berupa software dan mengaktifkan pencahayaan secara maskimal. Untuk Coolpad SHINE sendiri terdapat pilihan HDR dan NightShot serta pilihan Pro yang memungkinkan pengguna mengatur secara manual. Karena memang bukan ditujukan bagi pengguna yang narsis, kualitas kamera depan yang biasa digunakan untuk selfie terbilang biasa.

 

Jika dilihat dari tingkat keterangan dan ketajaman gambar, LG G4 Stylus lebih unggul. Namun kamera LG menghasilkan gambar yang kurang sesuai dalam hal keakuratan. Lensanya menghasilkan gambar yang tidak sesuai, terutama saat SINYAL uji dengan mengambil foto sel fi e. Wajah terlihat lebih panjang dan tidak akurat seperti pada Coolpad. Untuk merekam video keduanya mendukung hingga resolusi full HD melalui kamera utama. Lagi-lagi opsi pengaturan Coolpad lebih beragam dengan adanya piilhan frame rate berbeda-beda bagi kehalusan penggerakan video. Sedangkan LG tidak menyediakan pilihan apapun.

 

hasil foto LG vs coolpad

 

Daya Saing

Dalam bersaing, keduanya memiliki masing-masing keunggulan sebagai daya tariknya. Sebagai konsumen, spesi fi kasi, harga, dan merek, menjadi pertimbangan utama mereka dalam memilih produk. Di kelas tiga juta, Coolpad SHINE yang merupakan merek baru, berupaya menghadirkan keunggulan dari sisi lain guna bersaing dengan mereka yang sudah lebih dulu hadir dan memiliki nama besar. Dan untuk LG G4 Stylus, mengunggulkan spesialisasi Note berlayar lega dengan harga terjangkau. Dengan masing-masing keunggulan dan kelemahan yang dimilikinya, akhirnya konsumenlah yang diuntungkan dengan banyaknya pilihan yang disesuaikan bagi kebutuhan dan selera yang berbeda.

 

Sumber : Majalah Sinyal Oktober 2015

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.