Tips Memilih Printer untuk Kantor dan Industri

  • Whatsapp

Tips Memilih Printer untuk Kantor dan Industri

Mulai dari lantai produksi hingga ke lini pengepakan, printer senantiasa menjadi aset yang berharga di lingkungan perusahaan. Dengan memproduksi label industri yang tangguh, printer dapat menghadirkan secercah keteraturan ke dalam lingkungan industri yang masif dan tidak teratur. abeL terSebut memperhitungkan semua produk seiring produk-produk bergerak melalui tahapan-tahapan yang berbeda dalam suatu lingkungan manufaktur, bahkan sampai produk tersebut tiba di tujuan akhirnya.

  • Studi Kasus: rekam Perjalanan blueberry yang Jelas

Seiring peningkatan skala produksi, banyak perusahaan enterprise global mencari caracara baru untuk melacak dan mengusut produkmya secara lebih akurat dan mudah. Kemampuan menelusuri bukanlah merupakan suatu konsep yang asing dalam industri makanan dan minuman karena banyak badan regulasi global yang mewajibkan perusahaan menerapkan sistem penelusuran yang andal jika terjadi peristiwa penarikan barang. Perusahaan perlu mengetahui batch produk mana yang harus ditarik kembali dan di mana produk tersebut berada. Dalam beberapa tahun terakhir, praktik ini juga menyebar ke berbagai industri lainnya, seperti industri kimia, farmasi, dan spesimen manusia untuk keperluan klinis. Sebelumnya, ini merupakan pekerjaan yang cukup berat dan tidak praktis. Kini, berkat inovasi teknologi, perusahaanperusahaan dapat melakukan pelacakan produk yang lebih mudah dikelola. Solusi tersebut mencakup printer yang mencetak barcode atau label dengan RFID; komputer mobile yang menangkap data barcode atau RFID dan mengirimkannya ke sistem backend; serta infrastruktur nirkabel yang menghadirkan konektivitas antara perangkat dan sistem backend. Dalam sebuah studi kasus, Carolina Blueberry Association mencari sistem penelusuran yang kuat bagi 24 petaninya. Sebelumnya, perkebunan menempel label kertas pada palet atau menulis nomor lot di buku catatan. Pekerjaan ini memakan waktu dan berat. Saat mendekati masa panen, Carolina Blueberry Association mencari solusi penelusuran modern, yaitu printer industri dari Zebra. Printer industri memungkinkan para petani mengganti pelabelan secara ?eksibel berdasarkan ukuran produk yang mereka kemas. Beberapa petani menjalankannya dalam satu lini pelabelan, sementara petani lainnya menjalankan beberapa lini. Dengan demikian, perkebunan tersebut menghasilkan rekaman digital dari operasi mereka sehingga mereka dapat melacak produksi dan pengiriman. Dengan pelabelan dan catatan yang akurat, mereka juga mampu melacak setiap batch hasil kebun, mengurangi dampak dari penarikan kembali, dan dengan cepat menyingkirkan produk yang terpengaruh dari rantai pasokan.

  • Memilih Printer Industri
Baca Juga  Jam Tangan untuk Pengusaha Pebisnis Terbaik

Jadi, printer seperti apa yang harus Anda miliki bagi bisnis Anda? Di lingkungan industri yang berbeda, kebutuhan ini bisa bervariasi. Berikut adalah beberapa persyaratan saat memilih printer yang sesuai. Pertama, di mana Anda mencetak label? Beberapa area industri merupakan lingkungan yang sulit. Perusahaan sering kali perlu mencetak di lantai, baik di pabrik maupun di gudang. Hal ini pasti menyebabkan beberapa benturan dan gesekan terhadap mesin printer. Perangkat cetak kelas industri lebih tangguh dan dirancang untuk tahan terhadap kotoran, kelembaban, dan bahkan bahan kimia tertentu. Kedua, berapa banyak label yang Anda perkirakan akan dicetak setiap harinya, dan jenis label seperti apa? Beberapa perusahaan menangani pencetakan dalam jumlah besar, yang menyebabkan pencetakan yang hampir tiada henti setiap hari. Atau, beberapa perusahaan perlu mencetak label yang sangat kecil, misalnya label untuk produk chip. Beberapa printer industri dapat menghasilkan label beresolusi tinggi dengan registrasi yang tepat pada frekuensi tinggi, dan dapat bekerja untuk waktu yang lama. Dalam beberapa kasus, printer industri juga digunakan untuk memasukkan informasi pada label khusus sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pemilihan label yang sesuai dengan berbagai kebutuhan bisnis juga menjadi sangat penting. Yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah printer harus mudah dikelola secara massal dan remote, terutama jika terdapat banyak armada yang dikerahkan ke berbagai lokasi. Hal ini dapat membantu menghemat biaya TI dari waktu ke waktu karena printer industri dapat berfungsi dengan kinerja penuh selama lima sampai tujuh tahun.

  • Sempurnakan dengan Software
Baca Juga  Xiaomi Redmi 2 RAM 2gb, Resmi di Rilis di India, Indonesia Kapan?

Tidak cukup hanya dengan memiliki printer. Perangkat cetak tersebut harus terus dikelola dan dirawat menggunakan perangkat lunak guna memastikan printer dapat memberikan hasil yang maksimal. Zebra, misalnya, mengembangkan suatu lingkungan software khusus untuk memperkuat setiap perangkat. Disebut lingkungan software karena perangkat lunak ini menggabungkan sistem operasi, Software Development Kit (SDK) multiplatform, dan aplikasi software. Semua itu akan lebih memudahkan integrasi semua jenis printer, baik printer industri, mobile, maupun desktop, diintegrasikan dengan infrastruktur teknologi lainnya. Sistem operasi pada printer dapat menyajikan visibilitas real time terhadap perangkat-perangkat tersebut; menghubungkan perangkat ke cloud; dan secara efektif mengelola keamanan data. Dengan cara ini, administrator dapat dengan mudah dan aman mengumpulkan informasi seperti lokasi perangkat dan kapasitas beban kerja, serta bahkan melakukan perawatan proaktif guna mencegah downtime dan memperpanjang siklus hidup perangkat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.