Data Pengguna Internet di Indonesia Menurut APJII dan Kominfo yang Terakhir Bikin Kaget !!!

  • Whatsapp

Data Pengguna Internet di Indonesia Menurut APJII dan Kominfo

TIAP TAHUN, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis hasil survei mereka terkait perilaku pengguna internet di Indonesia. Untuk survei tahun ini, APJII menemukan beberapa temuan menarik. Contohnya adalah peningkatan pengguna internet di Indonesia yang kini mencapai 143,26 juta, naik sekitar 8% dari tahun sebelumnya. Di luar kenaikan jumlah pengguna, berikut adalah temuan menarik lainnya dari survei APJII. TIAP TAHUN, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis hasil survei mereka terkait perilaku pengguna internet di Indonesia. Untuk survei tahun ini, APJII menemukan beberapa temuan menarik. Contohnya adalah peningkatan pengguna internet di Indonesia yang kini mencapai 143,26 juta, naik sekitar 8% dari tahun sebelumnya. Di luar kenaikan jumlah pengguna, berikut adalah temuan menarik lainnya dari survei APJII.

Baca Juga  Disney Magic Kingdoms Mencapai € 100 Juta dalam Pendapatan

Baca Juga : Inilah Daftar 100 Game Ppsspp / PSP Terbaik Siap Download , 15 HP Kamera Selfie Terbaik dengan Harga Murah

Chatting: Layanan Paling Populer   Jika melihat hasil survei, penggunaan internet paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah chatting. Maka tidak heran, jika aplikasi chatting seperti Whatsapp menjadi aplikasi smartphone paling populer dengan pengguna terbanyak saat ini. Menurut informasi, jumlah pengguna Whatsapp di tanah air mencapai sekitar 35,8 juta pengguna. Berbeda dengan jumlah pengguna layanan perbankan, layanan ini hanya di akses 7,39% pengguna. Ini menunjukkan, inovasi digital di industri perbankan belum diringi dengan jumlah pengguna yang mengakses layanan tersebut.

Enggan Menggunakan Aplikasi Berbayar dan Berlangganan Saat ini, masyarakat Indonesia nyatanya lebih menyukai menggunakan aplikasi gratis dibanding aplikasi berbayar atau berlangganan. Hal itu dilihat dari minimnya jumlah pengguna aplikasi berbayar dan berlangganan yang di peroleh dari hasil survei. Padahal pengguna aplikasi menyadari, bahwa penggunaan aplikasi gratis tidak selengkap dengan fi tur yang dimiliki aplikasi berbayar atau berlangganan. Meskipun demikian, banyak pula aplikasi yang memang menawarkan 100% secara gratis dan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna smartphone.

Baca Juga  Android Smartfren dengan Harga dibawah 1 Juta

Smartphone: Paling Sering Digunakan Dibanding menggunakan PC/laptop, masyarakat kita lebih menyukai akses internet dengan menggunakan smartphone. Penggunaannya yang praktis serta didukung aplikasi-aplikasi yang menarik menjadikan smartphone sebagai perangkat dengan penggunaan tertinggi untuk berinternet. Hal ini juga terlihat dari layanan akses internet yang paling tinggi digunakan, yakni untuk chatting dan bersosial media.

Harga Jual Internet Sudah Cukup Wajar Bicara mengenai harga jual internet, responden menganggap harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet saat ini sudah wajar. Dari hasil survei, sebagian banyak pengguna internet dengan jalur fi xed line maupun mobile menilai bahwa harga internet yang ditawarkan saat ini sudah masuk dalam kategori “biasa”. Dengan harga yang dianggap wajar, penetrasi internet di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat.

Baca Juga  Kelebihan Grabbike dibanding Gojek | Gaji Go-Jek vs GrabBike

Tingkat Kesadaran Keamanan Internet Meningkat Jika bicara mengenai keamanan di internet tentunya sangat penting mengingat banyaknya muncul tindak kejahatan yang ada di internet. Mulai dari penipuan belanja online, internet banking, bahkan modus kencan online. Secara umum, bila dilihat saat ini kesadaran masyarakat mengenai resiko berinternet sudah cukup baik. Ini bisa dilihat dari data survei yang menunjukkan bahwa kesadaran pengguna akan keamanan internet berdasarkan kesadaran data dapat diambil dan kesadaran penipuan di internet berada diatas 50%.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.