Harga SSD Kecepatan Tinggi, OCZ Vector

  • Whatsapp

Harga SSD Kecepatan Tinggi, OCZ Vector

 

Pada 2011, OCZ mengeluarkan uang banyak untuk mengakuisisi Indilinx dan PLX Technology. Ini sinyal bahwa perusahaan tersebut sedang menyiapkan diri untuk mengembangkan kontroler dan fimware sendiri. Meski sebenarnya kualitas chip memori memainkan peranan paling penting pada performa SSD, kontroler dan fimware sama pentingnya. Pada penghujung tahun 2012, OCZ akhirnya memperkenalkan SSD hasil kerja keras mereka sendiri yang diberi nama Vector. Vector dibekali dengan kontorler baru Indilinx Barefoot 3, yang sudah seluruhnya dilakukan oleh OCZ sendiri, tidak seperti Vertex 4 dengan kontorler Indilinx Everest 2 yang mengemas ulang dari chip Marvell 88SS9187.

ssd ocz vector 2

Kontroler Indilinx Barefoot 3 terbaru ini dibuat dengan prosesor ARM Cortex tunggal dan prosesor pendamping OCZ Aragon. OCZ tidak secara detil menjelaskan tugas dari masing-masing prosesor, tapi bekas CEO OCZ Ryan Petersen menyebutkan, ini didesain khusus untuk mendukung instruksi RISC spesifi pada sebuah SSD, membuat ini menjadi SSD pertama di dunia yang dioptimalkan oleh prosesor. Ini memungkinkan banyak instruksi dan pekerjaan di eksekusi dalam satu kali pemrosesan, dengan demikian meningkatkan performanya. Seperti SSD high-end lainnya di pasaran saat ini, Vector hadir dengan faktor bentuk 7 mm yang tipis – membuatnya cocok untuk notebook dan Ultrabook. Untuk kecepatan transfer data yang lebih cepat SSD ini menggunakan antarmuka SATA 6Gbps, selain itu Vector hadir dengan bracket konversi agar dapat masuk pada slot harddisk 3,5 inci.

Baca Juga  Ulasan Game PC Strategi Terbaik The Wutcher 3 : Wild Hunt

 

Saat ini pasar SSD didominasi oleh perangkat yang didukung SandForce dan Marvell, jadi untuk dapat bersaing, Vector terbaru dari OCZ harus menjadi spesial. Spesial dalam arti kecepetan, hal ini terbukti pada pengujian CrystalDiskMark di mana Vector mencatatkan kecepatan baca tulis yang lebih baik dari Vertex 4 yang merupakan saudara terdekat dan bahkan lebih cepat dari SSD terbaru Plextor M5Pro. Dalam pengujian ini Vector meraih hasil baca tulis yang hampir setara; 399,1 Mb/s (baca) dan 371,3 Mb/s (tulis), hasil ini hanya mampu diikuti oleh Plextor M5Pro dengan kontroler Marvell generasi ketiga 88SS9187 yang meraih hasil 383,1 Mb/s (baca) dan 351,2 Mb/s (Tulis). Namun pada pengujian benchmark sintesis PCMark 7 Plextor M5Pro mampu mengimbangi Vector di angka 5400-an dan Vector hanya kalah dari Plextor pada sektor game dan menjalankan aplikasi. Seperti yang Anda duga, performa Vector yang tinggi juga dibarengi dengan harga yang tinggi. Untuk kapasitas 256 GB harga Vector mencapai Rp 1.400.000, salah satu yang tertinggi di pasar saat ini. Namun bagi Anda yang tidak berkompromi untuk urusan perfoma, SSD OCZ Vector yang menghadirkan performa baca tulis yang seimbang merupakan pilihan sempurna untuk sistem komputer Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.