Siapa Pendiri Uber Ini Profil dan Kisah Suksesnya

  • Whatsapp

Siapa Pendiri Uber Ini Profil dan Kisah Suksesnya

Travis Kalanick’s Warpath merupakan pendiri perusahaan Uber. Ia lahir pada tanggal 6 Agustus 1976 di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Travis berkediaman asli di San Francisco. Ia berkebangsaan Amerika Serikat. Ibunya, Bonnie memiliki usaha yang bergerak pada bidang periklanan ritel. Sedangkan ayahnya, Donald merupakan seorang teknisi. Travis mengemban pendidikan di salah satu Universitas yang terdapat di Los Angeles. Tepatnya Universitas California. Di Universitas tersebut ia memilih untuk berkecimpung di jurusan teknik komputer. Selain ia menjabat sebagai pendiri sekaligus CEO Uber, ia juga merupakan pendiri perusahaan berbagi berkas, Red Swoosh. Harga iPhone Termurah 2018 Resmi iBox Distributor Indonesia

  • Perjalanan Karier

Tahun 1998, Travis berhenti kuliah di Universitas California. Setelah Travis memberhentikan masa pendidikannya, ia mendirikan perusahaan Scour Inc. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang alat pencari multimedia. Ia juga menciptakan layanan Scour Exchange. Layanan itu berfungsi sebagai alat untuk berbagi berkas ke teman sejawatnya. Lalu pada tahun 2000, Travis mendapatkan kecaman yang sangat keras dari berbagai perusahaan. Diantaranya Motion Picture Association of America, National Music Publisher Association (NMPA), dan Recording Industry Association of America (RIAA). Perusahaan tersebut menggugat pelanggaran hak cipta yang dilakukan pada perusahaan Scour. Lalu pada bulan September 2000, perusahaan yang didirikan pertama kali oleh Travis bangkrut.Game Balap Android IOS Terbaik Mode Offline dan Online

 

Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 2001, Travis beserta teknisi perusahaan Scour merintis perusahaan lagi. Perusahaan kedua yang dikelola oleh Travis bernama Red Swoosh. Perusahaan ini bergerak dalam bidang berbagi berkas juga. Dalam perusahaan baru Travis memanfaatkan penggunaan pita lebar internet. Karena semakin berkembangnya zaman, semakin majunya juga teknologi. Ia mensiasati hal tersebut dengan mengoptimalkan penggunaan pita lebar agar pengguna internet dapat mengirim berkas dengan ukuran besar. Berkas tersebut meliputi berkas data, musik, gambar, bahkan video. Pada tahun 2007, Red Swoosh diakuisisi oleh Akamai Technologies dengan menggelontorkan dana sebesar US$ 19 juta.

Baca Juga  Software untuk Mengetahui Peringkat Kata Kunci di Google

  • Sejarah Uber

Uber merupakan sebuah perusahaan rintisan. Selain perusahaan rintisan, Uber juga merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada industri / jasa transportasi asal San Francisco, California. Nama Uber muncul dari pemikiran Travis Kalanick Warpath beserta temannya Garret Campt. Awal mulanya pada malam bersalju tahun 2008 di Paris. Saat itu Travis dan Garret tidak mendapatkan taksi. Akhirnya keduanya berpikir untuk memecahkan situasi tersebut dengan membuat aplikasi yang dapat menghubungkan antara pengemudi dengan penumpang. Sebelum nama Uber, perusahaan yang bergerak pada industri / jasa transportasi ini bernama UberCab. Pendiri dari perusahaan ini terdapat dua orang, yakni Travis Kalanick dan Garret Camp pada bulan Maret 2009. Tiga bulan kemudian, Uber pun meluncurkan aplikasi. Garret selaku teman seperjuangan Travis, juga memberikan sumbangsih yang besar pada Uber. Selain sebagai pendiri dan CEO Uber, ia juga merupakan pendiri StumbleUpon. Pada tahun 2009 itu juga, Uber menerima dana sebesar US$200 ribu. Lalu setahun kemudian, Uber mendapatkan dana sebesar US$1,25 juta. Setelah aplikasi Uber meluncur dalam versi beta di seluruh lapisan masyarakat tepatnya pada musim panas tahun 2010. Aplikasi tersebut meluncur resmi di San Francisco pada tahun berikutnya. Sebelum Travis diangkat menjadi CEO Uber, nyatanya Ryan Graves yang menjabat sebagai CEO Uber. Ryan pun tidak menjabat lama. Akhir tahun ia pun mengundurkan diri dan jabatannya digantikan oleh Travis.

Pada akhir tahun 2011, Uber menghasilkan dana sebesar US$44,5 juta. Pada tahun itu pula nama UberCab berubah menjadi Uber. Cakupan wilayah Uber pun diperluas pada akhir tahun ini. Cakupan Uber diperluas hingga ke Paris. Paris merupakan kota pertama yang mengenakan layanan Uber pada bulan Desember 2011. Sebelumnya para sopir Uber mengendarai mobil Lincoln Town Car, Cadillac Escalade, BMW 7 Series, dan Mercedes Benz S550. Lalu sejak tahun 2012, Uber meluncurkan UberX. UberX merupakan pengayaan jenis mobil yang dilakukan perusahaan Uber, agar dapat merangkul dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia. Pada tahun yang sama, Uber memperluas bisnisnya dengan menerima tumpangan menggunakan taksi. Pada tahun ini pun aplikasi Uber telah masuk kota Toronto di Kanada. Penambahan driver Uber pun bertambah hingga 90 orang di London. Aplikasi Uber pun berkembang pesat ke pasar luar negeri pada tahun 2012 hingga tahun 2013. Aplikasi Uber sudah dapat dikonsumsi oleh masyarakat Sdyney di Australia pada bulan November 2012. Dilanjutkan oleh Singapura pada bulan Januari 2013. Bila ditilik lebih dalam, negara Australia merupakan negara pertama yang sudah terhubung dengan aplikasi Uber dalam kawasan Asia Pasifk.

Kecewa dengan pelayanan taksi menjadi penyebab Travis mencipta aplikasi penghubung pengemudi dan penumpang.

Google Ventures pada tahun ini mengivestasikan dana sebesar US$258 juta. Layanan Uber pun menjangkau hingga negara Afrika Selatan, tepatnya kota Johannesburg pada bulan September 2013. Pada bulan Juni 2014, layanan Uber telah meng-cover area kota Tijuana, Meksiko. Dua tahun berikutnya, tepatnya tahun 2014, Uber bereksperimen dengan menciptakan ftur car pooling dan beberapa pembaruan lainnya. Tepat bulan Juni 2014. Uber mengakhiri pendanaan yang telah menaiki perusahaan tersebut hingga mencapai US$18,2 miliar. Awalnya Uber hanya beroperasi lebih dari 100 kota di seluruh dunia. Lalu pada tanggal 12 Desember 2014, mesin pencari Baidu membuat investasi yang signifkan dengan Uber. Pada tanggal 28 Mei 2015, layanan antar jemput Uber sudah tersedia di 58 negara dengan 300 kota di seluruh dunia. Hingga akhir pertengahan tahun ini, dana yang dimiliki oleh perusahaan Uber mencapai US$50 miliar. Hingga saat ini, perusahaan Uber masih terlibat gugatan di beberapa wilayah. Gugatan itu mengenai operasi taksi ilegal yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Karena sampai saat ini legalitas perusahaan Uber masih ditentang oleh pemerintah dan beberapa perusahaan taksi. Hal ini disebabkan karena para driver Uber tidak miliki lisensi. Sehingga banyak pandangan yang bermunculan bahwa driver yang tidak memiliki lisensi tidak aman dan bersifat ilegal.

  • Fitur Uber
Baca Juga  Tablet Samsung Terbaru Ga Lemot dengan Fingerprint

Dengan mengembangkan aplikasi, Uber secara tidak langsung menghubungkan antara sopir kendaraan sewaan dengan penumpang. Layanan penjemputannya tersebar di berbagai kota di seluruh dunia. Layanan antar jemput ini cukup mudah. Pertama, Anda harus memesan mobil terlebih dahulu. Cara memesan mobil tersebut cukup kirimkan pesan teks atau dapat gunakan aplikasi Uber. Salah satu ftur andalan aplikasi Uber yaitu pemesan mobil dapat melacak lokasi mobil yang sebelumnya telah dipesan. Sehingga pemesan dapat mengetahui secara detil di mana lokasi mobil, jarak mobil, bahkan beberapa waktu lagi mobil itu tiba.

  • Tarif Uber

Tarif layanan Uber sama persis dengan layanan taksi lainnya. Uber juga memiliki argo. Namun yang membedakan Uber dengan taksi lainnya terletak pada layanan eksklusif yang diberikan Uber, yang tidak dimiliki oleh taksi lain. Tarif harga layanan Uber dipatok dengan harga premi. Harga yang ditawarkan Uber sesuai dengan pelayanan yang diberikan ke pelanggannya. Diantaranya supirnya handal dalam menyetir, tepat waktu, dan selalu memberikan kenyamanan terbaik. Selain pembayaran menggunakan kartu kredit, penggunaan uang cash pun juga bisa dilakukan dalam layanan Uber

Baca Juga  Keyboard Gaming Terbaik, ARMAGEDDON RGB RAPTOR MKA-11

 

Uber Technologies Inc

  • Jenis Perusahaan: Perusahaan Swasta
  • Industri/Jasa: Transportasi
  • Didirikan: Maret 2009
  • Pendiri: Travis Kalanick’sWarpath dan Garrett Camp
  • Kantor Pusat: San Francisco, California, Amerika Serikat
  • Layanan: Seluruh Dunia
  • Situs: www.uber.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.