Begini Cara Mengamankan Windows 8 dan Windows 10 dengan Benar

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Cara Mengamankan Windows 8 dan Windows 10 dengan Benar

 

Salah satu tujuan Microsoft menghadirkan Windows 8 adalah untuk menyediakan lingkungan komputasi yang dapat diandalkan dan aman. Berikut ulasan lebih detil pada beberapa fitur utama terintegrasi pada Windows 8 yang dapat membantu menghadirkan pengalaman komputasi lebih aman untuk Anda, serta data Anda.

 

cara mengamankan windows 8

 

Secure Boot

Secure Boot pada Windows 8 adalah pelaksanaan kebijakan yang menjamin hanya software terpercaya dan terkontrak secara digital yang dapat digunakan selama proses boot Windows. Hal ini untuk menghindari kode atau software tidak resmi, seperti rootkit, digunakan. Windows 8 akan mencoba proses perbaikan otomatis jika kode tersebut terdeteksi. Motherboard untuk PC yang dirangkai sendiri juga dapat menggunakan Secured Boot, dengan motherboard ber-hardware BIOS UEFI, serta secara spesifik mendukung secure boot Windows 8 dengan ekstensi dan tertempel sertifikat Microsoft.

 

SmartScreen Windows 8

dilengkapi fitur filter SmartScreen yang menjaga dari software berbahaya. Filter SmartScreen telah menjadi bagian dari Internet Explorer 8 dan 9, dan dengan Windows 8, telah diintegrasikan dengan sistem operasi. Meskipun berfungsi, terkadang beberapa aplikasi yang ada terhenti. Pada saat bersamaan, SmartScreen melaporkan beberapa informasi kepada Microsoft, sehingga mendapatkan implikasi pribadi. Secara default, SmartScreen mengirimkan informasi tentang setiap aplikasi yang di-download dan diinstal pada sistem ke server Microsoft. Server mereka akan merespon dengan perkiraan aplikasi – jika aplikasi di-download sah, dengan base installer besar, seperti Mozilla Firefox atau iTunes, Windows 8 akan menjalankan aplikasi. Jika SmartScreen tidak mengetahui tentang aplikasi, baik berupa form baru dari malware atau hanya program niche yang digunakan beberapa orang, SmartScreen akan mencegah aplikasi bekerja di komputer Anda.

Baca Juga  Fitur Kamera HP Samsung 4 Jutaan

 

Measured Boot Fitur

Measured Boot menyediakan file log terpercaya dan tahan kerusakan hingga software anti-malware yang mendukung fitur ini pada Windows 8. Log ini melacak seluruh komponen boot yang dimulai sebelum software anti-malware. Untuk memastikan log terpercaya telah ada, hardware Trusted Platform Module (TPM) versi 1.2 dibutuhkan, karena tiap komponen boot direkam di dalamnya. Software anti-malware menggunakan bukti yang direkam oleh file log dan TPM untuk memverifikasi state boot PC. Pada lingkungan perusahaan, administrator dapat menggunakan server keamanan jarak jauh untuk memulai tindakan perbaikan seluruh jaringan kepada mesin yang dikompromikan. Server juga dapat menyediakan pengesahan jarak jauh, yang hanya dapat diakses oleh komputer terpercaya, meningkatkan kepercayaan bahwa komputer tidak dikompromikan.

Baca Juga  Netbook 11 inch Terbaik, dengan Stylus, Sony Vaio Duo 11

 

BitLocker

Microsoft mengembangkan software enkripsi disk BitLocker sejak ia muncul di Windows Vista Ultimate. Pada Windows 8 Pro atau Enterprise, versi terbaru BitLocker ditawarkan kepada pengguna konsumer atau bisnis. Terdapat fitur tambahan bernama BitLocker To Go yang melindungi perangkat penyimpanan portabel seperti drive flash USB dan hard drive portabel. Baik BitLocker dan BitLocker To Go menyediakan fungsionalitas enkripsi disk penuh. Untuk management software BitLocker, tempatkan Control Panel sistem dan navigasikan via Control Panel-> System and Security-> BitLocker Drive Encryption.

 

AppLocker

AppLocker awalnya diperkenalkan pada Windows 7, dan telah ditingkatkan pada Windows 8. AppLocker dapat digunakan untuk mengelola baik desktop dan aplikasi bergaya modern. Lingkungan bisnis IT dapat membuat kebijakan keamanan untuk mengizinkan atau menolak aplikasi tertentu untuk dijalankan pada desktop Windows 8. Bahkan memungkinkan administrator memblokir eksekusi berdasarkan bertanda digital-nya. Manfaat menggunakan tanda digital adalah administrator dapat memblokir program berdasarkan pada kombinasi versi, nama program atau bahkan nama vendor. Oleh karena itu, bahkan jika program tersebut telah diperbarui oleh vendor, yang sering terjadi dengan desktop browser internet, peraturan AppLocker yang diciptakan sebelum pembaruan software akan tetap digunakan, sangat menghemat waktu dan biaya administrasi lainnya. Aturan AppLocker dapat fine-tuned ke versi program, yang berarti administrator dapat mengatur versi minimal pendukung program yang diperbolehkan untuk dijalankan. Keuntungan lain adalah AppLocker berlaku untuk setiap program yang berjalan pada komputer, berarti bahwa tidak peduli di mana program ini sedang dijalankan, misalnya, aplikasi portabel yang dijalankan dari perangkat penyimpanan portabel seperti thumb drive USB, dan AppLocker tidak akan mengizinkan aplikasi tersebut memotong aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan Aplikasi yang Wajib di Smartphone Android dan iPhone

Baca Juga  Tarif SMS Telpon Internet Three

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.