Cara Menjalankan Software Windows di MAC

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Cara Menjalankan Software Windows di MAC

Parallels Desktop 12 for Mac merupakan versi terbaru dari software Parallels Desktop yang memungkinkan para pengguna Mac menjalankan sistem operasi Microsoft Windows secara simultan. Tapi software ini tidak bisa disamakan dengan Apple Boot Camp. Sebab, Boot Camp memungkinkan pengguna menginstal dan menjalan Windows di Mac, tapi berjalan di partisi berbeda pada hard disk dan Anda mesti menyalakan ulang Mac untuk menjalankan Windows. Parallels Desktop merupakan software virtualisasi yang memungkinkan pengguna Mac menjalankan sistem operasi Windows di dalam macOS. Anda bisa beralih dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya secara simultan, bahkan menyalin file dan teks dari satu OS ke OS lainnya.

 

 

Parallels selalu menyuguhkan klaim kemudahan pengguna dan interoperabilitas dan menghadirkan yang terbaik di dua dunia menjadi satu. Pada Parallels Desktop 12, pengguna bisa menggunakan asisten virtual Microsoft Cortana untuk mengendalikan macOS. Pengguna juga bisa menggunakan Siri untuk mengendalikan Windows 10. Ikon untuk aplikasi Windows juga akan muncul pada dock Mac dan Launchpad. Sebaliknya, pengguna juga bisa menemukan file Mac di dalam Windows File Explorer dan bisa mengaksesnya asalkan memiliki aplikasi Windows yang kompatibel. Aplikasi Windows juga bisa dijalankan dalam mode layar penuh, mirip seperti aplikasi Mac; dan fitur Mac seperti Mission Control dan Notification Center juga mendukung aplikasi Windows. Jika Parallels Desktop 11 sebelumnya tergolong penting karena mendukung sistem operasi baru Windows 10, Parallels Desktop 12 lebih sebagai pembaruan di bagian dalam yang tidak terlihat. Beberapa peningkatan performa penting yang diklaim Parallels adalah pembuatan snapshot yang lebih cepat 90% (sebuah snapshot adalah penyimpanan keadaan mesin virtual), penjedaan mesin virtual 60% lebih cepat, performa folder berbagi 25% lebih cepat, 10 % peningkatan daya tahan baterai, dan performa lebih baik dalam situasi memori rendah. Kami tidak memiliki Mac yang menjalankan Parallels Desktop 11 sebagai komprasi pengujian, tapi Parallels Desktop 12 berjalan lancar pada sistem kami yakni MacBook Pro 13 inci berusia 3 tahun dengan spesifikasi sederhana – hanya prosesor dual-core Intel Core i5 2,6 GHz, memori 8 GB, dan media penyimpanan flash 256 GB.

Baca Juga  HP Android Pesaing Asus Zenfone

 

Jika memiliki sistem Mac berspesifikasi tinggi, pengguna bisa menjalankan game kegemaran. Parallels Desktop 12 mendukung lebih banyak fitur gaming dan salah satunya adalah aplikasi Xbox pada Windows 10 yang memungkinkan pengguna melakukan streaming game dari Xbox ke sistem Windows. Di atas kertas memang terlihat seperti fitur keren karena seluruh tugas pemrosesan gaming yang berat akan ditangani oleh Xbox dan pengguna hanya membutuhkan konektivitas bagus untuk streaming game. Sayangnya, kami tidak memiliki Xbox untuk mengujinya fitur ini. Tapi yang menarik adalah Parallels Desktop 12 bisa menjalankan Overwatch di sistem Mac. Meski demikian, kami tidak menyarankan pengguna Mac untuk menggunakan Parallels Desktop hanya untuk gaming, tapi lebih sebagai nilai tambah. Parallels juga memiliki utilitas baru bernama Parallels Toolbox. Utilitas ini tersedia sebagai aplikasi tersendiri, tapi tersedia gratis dengan Parallels Desktop 12 dan memiliki beberapa fitur berguna. Misalnya, Parallels Toolbox memungkinkan pengguna men-download video dari situs berbagi video seperti YouTube dan Vimeo secara langsung dari sistem. Ia juga berfungsi sebagai perekam layar sehingga pengguna bisa merekam desktop sistem, jendela aktif atau area tertentu. Ia bahkan menyediakan fungsi transcoding video sehingga pengguna bisa memindahkannya ke iPhone dan iPad.

Baca Juga  Aplikasi Android yang Wajib di Instal di HP mu

 

Secara keseluruhan, Parallels Desktop 12 for Mac menjalankan tugasnya dengan baik saat meningkatkan pengalaman penggunaan Windows di Mac. Kendala terbesar yang dihadapinya saat ini adalah tidak banyak orang membutuhkan layanan tersebut. Di tiap generasi baru, Mac telah memiliki kompatibilitas leibh baik dan beragam aplikasi yang bisa dipilih. Layanan dan konten berbasis web juga kian marak sehingga makin sedikit alasan bagi rata-rata pengguna Mac untuk bergantung pada aplikasi Windows. Meski demikian, kemampuan Parallels Desktop untuk menjalankan banyak mesin virtual di satu sistem patut diapresiasi. Selain Windows, Parallels Desktop 12 mendukung sistem operasi lainnya seperti Chromium OS, Android, Linux, dan bahkan OS X versi lawas. Jika ingin menjalankan aplikasi khusus, atau membutuhkan pengujian software di dalam lingkungan virtual, maka Parallels Desktop 12 pantas dipertimbangkan.

Baca Juga  Aplikasi Remote TV Ac Android Terbaik 2017

 

SPESIFIKASI
SISTEM : macOS Sierra 10.12 ke atas,
OS X El Capitan 10.11.5 ke atas,
OS X Yosemite 10.10.5 ke atas
WINDOWS : Windows 95, 98, 7, 8, 10
LINUX : Ya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.