BeritaFinancialKesehatan dan Gaya HidupNewsPolitik

Contoh Soal Tes CPNS dan Jawabannya 2023

Contoh Soal Tes CPNS –  CPNS adalah singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil. Ini merujuk pada proses seleksi yang dilakukan oleh pemerintah untuk menentukan siapa yang akan diangkat sebagai pegawai negeri sipil. Proses seleksi ini biasanya dilakukan melalui tes tertulis, wawancara, dan tes kesehatan. Pegawai negeri sipil adalah sebuah jabatan yang diberikan kepada seseorang oleh pemerintah untuk melakukan pekerjaan di lingkungan pemerintah.

Ada beberapa hal yang biasanya diuji dalam tes CPNS, tergantung pada posisi yang dilamar. Namun, beberapa hal yang biasanya diuji dalam tes CPNS adalah pengetahuan umum, pengetahuan khusus yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar, kemampuan berbahasa Indonesia, kemampuan matematika, dan kemampuan komputer. Tes kesehatan juga sering dilakukan untuk memastikan bahwa calon pegawai memiliki kondisi fisik yang cukup baik untuk menjalani pekerjaan tersebut. Ada juga beberapa instansi yang menambahkan tes psikologi atau wawancara sebagai bagian dari proses seleksi CPNS.

Seleksi CPNS pada dasarnya terdiri dari 3 tahap, yaitu seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Seleksi administrasi akan menverifikasi dokumen dikirim pelamar. Untuk menyaring berkas yang masuk, biasanya memakan waktu sekitar 2 minggu.

Dan agar tahu lulus tidaknya, peserta cukup login di situs sscn.bkn.go.id. Bagi yang lulus, akan langsung muncul ucapan selamat. Sebaliknya, yang gagal akan mendapat keterangan tidak lulus beserta alasannya.

Kenapa Banyak Orang yang Ingin Jadi PNS ?

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Salah satunya adalah karena PNS memiliki beberapa keuntungan dibanding pekerjaan lain, seperti gaji yang tetap dan cukup stabil, jaminan pensiun, dan jaminan kesehatan. PNS juga memiliki jam kerja yang lebih fleksibel dibanding pekerjaan di sektor swasta. Selain itu, banyak orang juga memandang pekerjaan sebagai PNS sebagai pekerjaan yang bergengsi dan memiliki martabat tinggi di masyarakat.

Berapa Sih Gaji PNS ?

Gaji pegawai negeri sipil (PNS) tergantung pada posisi yang dilamar. Gaji PNS biasanya dibedakan menjadi beberapa golongan, mulai dari golongan I hingga golongan IV. Gaji PNS juga ditentukan oleh masa kerja dan pendidikan yang dimiliki oleh pegawai tersebut. Sebagai contoh, gaji PNS golongan I dengan masa kerja 0-5 tahun dan pendidikan S1 berkisar antara Rp. 3.8 juta hingga Rp. 4.5 juta per bulan. Namun, gaji PNS biasanya tidak hanya terdiri dari gaji pokok saja, tetapi juga termasuk tunjangan yang diberikan oleh pemerintah seperti tunjangan kinerja, tunjangan transportasi, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa angka yang saya sebutkan di atas hanya sebagai contoh dan mungkin saja sudah tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Gaji PNS dapat berubah setiap tahunnya sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berlaku. Jadi, jika Anda ingin tahu informasi lebih lanjut tentang gaji PNS, admin sarankan agar Anda menghubungi instansi terkait atau mencari informasi terbaru melalui sumber yang terpercaya.

Pegawai negeri sipil (PNS) dibedakan menjadi beberapa golongan, mulai dari golongan I hingga golongan IV. Golongan PNS biasanya ditentukan berdasarkan pendidikan, pangkat, dan masa kerja yang dimiliki oleh pegawai tersebut.

Golongan PNS, Apa saja Sih ?

Golongan I PNS merupakan golongan PNS dengan pendidikan minimal S1 dan biasanya digunakan untuk posisi yang membutuhkan pengetahuan khusus atau keahlian tertentu. Golongan II PNS merupakan golongan PNS dengan pendidikan minimal D3 dan biasanya digunakan untuk posisi yang membutuhkan pengetahuan khusus atau keahlian tertentu, namun tidak sehalus atau sekompleks posisi di golongan I. Golongan III PNS merupakan golongan PNS dengan pendidikan minimal SMA/SMK dan biasanya digunakan untuk posisi yang lebih umum dan tidak memerlukan pengetahuan khusus atau keahlian tertentu. Golongan IV PNS merupakan golongan PNS dengan pendidikan minimal SMP dan biasanya digunakan untuk posisi yang sangat umum dan tidak memerlukan pengetahuan khusus atau keahlian tertentu.

Perlu diketahui bahwa penggolongan PNS ini hanya sebagai acuan umum dan mungkin saja tidak sesuai dengan kondisi di setiap instansi. Setiap instansi dapat memiliki aturan yang berbeda mengenai penggolongan PNS yang digunakan. Jadi, jika Anda ingin tahu informasi lebih lanjut tentang golongan PNS, admin sarankan agar Anda menghubungi instansi terkait atau mencari informasi terbaru melalui sumber yang terpercaya.

 

Jenis Tes di Tes CPNS

Untuk yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, bisa langsung mencetak kartu peserta ujian. Selain itu, akan diberi informasi tanggal dan jam seleksi tahap berikutnya, yaitu SKD.

SKD sendiri terdiri dari 3 sesi, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Jumlah soal dari ketiga sesi tadi adalah 100 butir soal. Yaitu 30 soal TWK, 35 TIU, dan 35 TKP. Setiap soal TKP bernilai 1 hingga 5. Sedangkan TWK dan TIU bernilai 5 untuk benar dan 0 kalau salah.

Adapun tidak menjawab bernilai 0. Jadi usahakan jangan ada soal yang tidak terjawab. Karena tiap jawaban bisa sangat berarti bagi keseluruhan skor.

Dari dari keterangan di atas, bisa diketahui bahwa skor maksimal TKP adalah 175, TIU 175, dan TWK 150. Kamu harus tahu juga bahwa penitia menetapkan skor minimal untuk setiap sesi tes SKD. Skor minimal atau ambang batas diperlukan agar bisa melaju ke babak berikutnya.

-Ambang batas TKP 126
-Ambang batas TIU 80
-Ambang batas TWK 64

Agar sukses SKD, tidak ada rahasia selain rajin berlatih contoh soal tes CPNS. Semakin sering berlatih, maka kamu akan terbiasa dan makin lancar menyelesaikan soal. Nah untuk membantumu lebih mengenal SKD, berikut ini kumpulan contoh soal tes CPNS dan jawabannya.

Contoh Soal Tes CPNS

Contoh Soal Tes CPNS – Tes Wawasan Kebangsaan

1.Nilai instrumental yang ada dalam ideologi pancasila adalah

A.Ketuhanan
B.Keadilan
C.Saling menghormati
D.Kemanusiaan
E.Peraturan-peraturan

Jawab: E

2.Amandemen UUD 1945 yang ketiga disahkan pada tanggal …

A.9 November 1999
B.9 November 2000
C.9 November 2001
D.9 November 2002
E.9 November 2003

Jawab: C

3.Berikut ini yang bukan termasuk perubahan mendasar dalam sistem tata negara Indonesia

A.Diterapkannya otonomi daerah
B.Pemilu diselenggarakan oleh lembaga non pemerintah yang netral dan mandiri
C.Pengaturan masa jabatan Presiden secara tegas
D.Kedudukan Presiden dengan DPR yang sejajar dan proporsional
E.Semua warga negara berhak mengajukan kritik

Jawab: E

4.Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 menegaskan bahwa

A.Kekuasaan kepala negara sangat terbatas
B.Kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas
C.Kekuasaan kepala negara sangat terbatas
D.Kekuasaan kepala negara seumur hidup
E.Kekuasaan kepala negara perlu dibatasi

Jawab: B

5.Suatu organisasi kekuasaan yang memiliki kedaulatan disebut sebagai …

A.Kerajaan
B.Politik
C.Negara
D.Pemerintahan
E.Kekuasaan

Jawab: D

6.Otonomi membuat setiap daerah berhak mengatur urusan pemerintahannya sendiri, kecuali di bidang

A.Agama
B.Ekonomi
C.Sosial masyarakat
D.Sumber daya alam
E.Wilayah

Jawab: A

7.Organisasi PBB yang bertugas melakukan pengawasan di bidang kesehatan adalah

A.UNESCO
B.ILO
C.WHO
D.ASEAN
E.UNHCR

Jawab: C

8.Konferensi Meja Bundar diselenggarakan di kota …

A.New York
B.Colombo
C.Amsterdam
D.London
E.Den Haag

Jawab: E

Contoh Soal Tes CPNS

Contoh Soal Tes CPNS – Tes Intelegensi Umum (TIU)

9.Berapa 25% dari 275

A.0,6875
B.6,875
C.68,75
D.687,5
E.6875

Jawaban: C

10.27 adalah … persen dari 90

A.15
B.20
C.25
D.30
E.35

Jawab: D

11.(10,5 : 3,5) + (3/6 x 5/4) = …

A.6,35
B.3,625
C.5,325
D.4,75
E.2,25

Jawab: B

12.Himpunan penyelesaian dari 4x-5 > 3+2x adalah …

A.x > 2
B.x < 6
C.x < -3
D.x > 8
E.x > 4

Jawab: E

13.Jika a = 3 dan b = 6, maka berapakah nilai dari a3-3a2b+3ab2-b3?

A.-27
B.81
C.243
D.-81
E.27

Jawab: A

14.Andi berjalan selama 3 jam dan menempuh jarak 8,3 km. Satu jam pertama ditempuh dalam 3,2 km, satu jam kedua ditempuh 1,4 km, dan satu jam ketiga ditempuh 3,5 km. Berapa km yang ditempuhnya pada satu jam keempat?

A.50 m
B.100 m
C.150 m
D.200 m
E.250 m

Jawab: D

15.Tuti mengendarai motor menempuh jarak 9 km dalam 20 menit. Jarak tempuh rata-rata motor dalam 1 jam adalah …

A.23
B.25
C.27
D.28
E.30

Jawab: C

16.Toto membeli 30 kg beras jenis A dengan harga Rp 7000/kg dan 20 kg beras jenis B seharga Rp 8000/kg. Toto lalu mencampur kedua jenis beras tadi. Agar mendapat untung 5%, maka toto harus menjual beras seharga …/kg

A.Rp 6850
B.Rp 7770
C.Rp 7970
D.Rp 8260
E.Rp 8340

Jawaban: B

17.Semua warga di perumahan adalah karyawan
Sebagian karyawan bergaji tinggi
Kesimpulan yang tepat adalah …

A.Semua warga perumahan bergaji rendah
B.Semua warga perumahan yang bergaji rendah adalah karyawan
C.Semua karyawan adalah warga perumahan
D.Sebagian warga perumahan bergaji rendah
E.Semua yang bergaji rendah, bukan warga perumahan

Jawab: D

Contoh Soal Tes CPNS – Tes Karakteristik Pribadi

18.Anda sedang berhenti di perlintasan kereta karena akan ada Kereta Api yang lewat. Kemudian ada orang yang ingin menerobos pintu perlintasan, maka yang anda lakukan …

A.Meneriaki orang tersebut dengan keras
B.Mengingatkan bahaya perbuatan tersebut
C.Acuh tak acuh
D.Mengikuti perbuatan orang tersebut
E.Demi keselamatan, saya akan mengingatkan dan mencegah orang tersebut

Jawab E (poin 5), B (poin 4), C (poin 3), A (poin 2), D (poin 1)

19.Anda mendapati jalan raya yang rusak dan membahayakan pengendara. Anda akan bersikap …

A.Pura-pura tidak tahu
B.Menghindari jalan rusak tapi tidak berusaha menyampaikan ke pihak berwenang
C.Melaporkan ke pihak berwenang atau instansi terkait
D.Masa bodoh
E.Marah pada pemerintah

Jawab C (poin 5), B (poin 4), D (poin 3), A (poin 2), E (poin 1)

20.Bagaimana sikap anda dalam menyampaikan usulan saat rapat

A.Disampaikan empat mata dengan pimpinan rapat
B.Disampaikan di depan forum secara jelas dan terbuka
C.Sampaikan melalui perantara
D.Minta tolong teman untuk menyampaikan
E.Menyampaikan diam-diam

Jawab B (poin 5), A (poin 4), D (poin 3), C (poin 2), E (poin 1)

21.Jika ada anak buah melakukan kesalahan, sikap anda sebagai pimpinan …

A.Memberi hukuman setimpal
B.Cuek dan membiarkannya
C.Dilihat dulu besar atau kecilnya kesalahan
D.Diingatkan dan dinasihati agar tidak terulang
E.Terus dinasihati

Jawab D (poin 5), E (poin 4), C (poin 3), A (poin 2), B (poin 1)

22.Saat antri di kasir, ada orang tua renta yang mengantri di belakang anda. Apa yang anda lakukan?

A.Mundur dari antrian
B.Mendahulukan nenek tersebut
C.Minta transaksi di kasir dipercepat
D.Diam dan ikuti antrian
E.Meminta orang lain untuk mengalah

Jawab B (poin 5), A (poin 4), D (poin 3), C (poin 2), E (poin 1)

Itu tadi beberapa contoh soal tes CPNS yang sering keluar dalam tes SKD. Waktu yang tersedia hanyalah 90 menit. Jadi jangan sampai kekurangan waktu saat mengerjakan soal. Nah selamat belajar dan semoga sukses sampai mendapatkan NIP!

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Contoh Soal Tes CPNS
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Contoh Soal Tes CPNS
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^