Harga Hardisk WD untuk Server

 Hardisk, Komputer / Hardware, News, Review Games/Gadget/Hardware/Tips Trik

Harga Hardisk WD untuk Server

Tak cukup dengan menghadirkan varian Blue, Black, Green, Purple, dan Red, Western Digital kini punya varian baru, yakni Gold. Berbeda dengan varian lainnya yang diposisikan sebagai produk konsumer, WD Gold dirancang untuk enterprise khususnya datacenter.

harga-hardisk-wd-untuk-server-1



Oleh karena itu, pilihan kapasitasnya pun tak tanggung-tanggung. Mulai dari 4 TB, 6 TB, 8 TB, hingga 10 TB. Nah, kali ini  Test Center Indonesia kedatangan WD Gold yang berkapasitas 8 TB. Gold sendiri merupakan gabungan dan improvisasi dan tiga varian hard disk internal WD kelas enterprise yang sudah beredar di pasaran, yakni Ae, Se, dan Re. Tak cuma datacenter, secara spesifik varian ini juga didesain untuk digunakan dalam server enterprise, data warehousing/mining, NAS kelas enterprise, dan sistem surveillance system kelas high-end.

Baca Juga  Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Awet

harga-hardisk-wd-untuk-server-2

Sebagai media penyimpanan kelas premium berbasis harddisk, performanya tak bisa diremehkan. Ketika dites dengan menggunakan CrystalDiskMark 5.1.2, kecepatan membaca maupun menulis sequential-nya imbang di angka 199 MB/s. Sementara pada aplikasi HDTune Pro 5.60, hard disk dengan form factor 3,5 inci ini mendapatkan 164,5 MB/s untuk read speed dan 163,3 untuk write speed. Sedangkan pada aplikasi synthetic benchmark PCMark 7, skor yang dihasilkan adalah 2.257 poin. Selain memanfaatkan berbagai aplikasi benchmark, kami juga sempat mengetes untuk memindahkan satu file dan banyak file yang besarnya sama-sama 4,4 GB dari harddisk ke SSD yang terpasang sebagai sistem.

 

Hasilnya, saat memindahkan satu file tersebut, waktu yang dibutuhkan adalah 23 detik. Sementara untuk memindahkan banyak file sebesar itu membutuhkan waktu 1,34 menit. Sebaliknya, memindahkan satu file dan banyak file dari SSD ke harddisk masing-masing menghabiskan waktu 16 detik dan 31 detik. Di samping cepat, waktu latensi yang dimilikinya juga tergolong rendah saat memindahkan data. Walaupun masih sempat terjadi penurunan performa ditengah-tengah operasi perpindahan data, kecepatannya tak sampai turun secara drastis. Ini mengindikasikan bahwa performanya terbilang cukup baik

Baca Juga  HP 4G Murah dari Samsung

 

 

DATA TEKNIS
Interface: SATA III 6 Gb/s
Size: 8 TB
Form Factor: 3.5 inch

PAKET PENJUALAN
N/A

PRODUSEN: WESTERN DIGITAL

HARGA:
US$ 700

DISTRIBUTOR:
WD INDONESIA

Kelebihan

+ Tersedia dalam empat varian, 4 TB, 6 TB,
8 TB, dan 10 TB
+ Kecepatan membaca dan menulisnya
imbang dikisaran 199 MB/s
+ Waktu latensi yang dihasilkan rendah
saat memindahkan data

Kekurangan

– Sedikit bising

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply