Sering Flu Saat Bangun Pagi ? Ini Solusinya

  • Whatsapp

Sering Flu Saat Bangun Pagi ? Ini Solusinya

Rajin cuci muka membuat kita bebas jerawat. Sering berkumur buat rongga mulut bersih dan sehat. Tapi rajin cuci hidung tentu tak ada hubungannya dengan pesek atau mancung. Jika tidak flu atau alergi tapi setiap bangun pagi sering bersin-bersin atau hidung tersumbat, sepertinya Anda perlu waspada. Bukannya mau nakut-nakutin, tapi bisa jadi masalahnya ada pada hidung Anda. Sebab hidung adalah garda utama untuk melawan bakteri dan racun dari udara yang kita hirup, sebelum masuk ke paru-paru. Layaknya filter AC di mobil atau di rumah, hidung kita juga gampang kotor. Jadi wajar kita perlu rutin membersihkannya.

Jika tidak, kita juga bisa gampang pilek, terkena gangguan penciuman, rhinosinusitis, dan parahnya bronkitis. “Ah, saya sudah rajin membersihkan kotoran hidung, kok!” kata kita. Bahkan sebagian kita pun saat berwudu juga selalu membersihkan rongga hidung dengan air. Meski terasa sudah bersih, cara yang tepat untuk membersihkan hidung ialah, “Gunakan larutan isotonik setiap hari. Ini cara yang sangat efektif untuk membersihkan hidung dan menjaga kelembapan hidung kita,” ujar dr. S. Hendradewi SpTHT (K), Msi Med, dari Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakata. Kini cairan pencuci hidung sudah banyak dijual di apotik. Cukup semprotkan cairan ke salah satu lubang hidung. Saat menyemprot ke lubang kanan, miringkan kepala ke kiri. Begitu sebaliknya. Nanti, otomatis cairan isotonik akan mengalir keluar melalui salah satu lubang hidung kita, sekaligus membersihkannya dari bakteri. Carian yang digunakan dalam proses pencucian hidung bukan air biasa, tapi larutan garam hipotonik yang didapat dari air laut steril. Dengan cairan tersebut kelembapan rongga hidung bisa terjaga, sehingga berkumpulnya kuman dan bakteri dapat dicegah. Ketimbang sering mencuci hidung, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihannya.

Baca Juga  Ide Bisnis Kuliner Es Kepal Milo

• Pakai Masker

Jika sedang beraktivitas di udara terbuka (di jalan raya, saat kepulan asap dari kendaraan bermotor hingga asap rokok seakan menjadi “makanan” sehari-hari), pakailah masker. Mengenakan masker layaknya perawat di RS, saat ini sudah lumrah, kok.

• Jangan Cabut Bulu Hidung

Hal ini harus kita hindari. Karena bulu-bulu pada hidung berfungsi menyaring kotoran yang ada di udara yang kita hirup. Mencabut bulu hidung juga bisa menyebabkan radang pada rongga hidung.

• Rutin Bersihkan Kasur

Polusi udara terdapat di luar dan dalam ruang, termasuk di rumah sendiri. Dari mana datangnya? Hal paling simpel adalah debu-debu yang terdapat di pendingin ruangan. Jika tidak rutin dibersihkan, maka perputaran debunya akan terus terjadi dalam rumah kita. Kuman, bakteri, virus, bahkan serangga kecil yang sulit terlihat mata bisa saja mengendap di kasur yang kita tiduri. Rutin membersihkannya bisa mengurangi bakteri terhirup, dan mencegah terjadinya gangguan pernapasan.

Baca Juga  Latihan Agar Perut Jadi Six Pack

• Jangan Gurah

Sebagian kita percaya, melakukan gurah bisa membersihkan rongga hidung. Tapi ada beberapa kasus setelah orang melakukan gurah malah kehilangan indra penciumannya, lho! “Hal ini bisa saja terjadi, karena gurah terlalu kuat memeras sel-sel darah pada hidung. Sehingga bisa mengakibatkan hidung kehilangan indra penciumannya,” tutup Dewi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.