Tips Agar Sukses dalam Karir

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Tips Agar Sukses dalam Karir

 

Dalam semua aspek kehidupan tentunya ingin sukses, termasuk dalam karier. Tak hanya akan mengangkat “status” anda, karier yang meroket anda secara otomatis meningkatkan level hidup anda. Menurut gloria dewi c. Pangaribuan, Assessment Manager di experd Consultant, karier merupakan suatu pencapaian yang dibangun dari bawah, bukan sesuatu yang tiba-tiba jatuh dari langit setelah anda bermimpi menjadi seorang bos. “Harus disadari bahwa untuk mencapai karier yang sukses, seseorang sudah harus memiliki rencana jangka panjang. itu mengapa dulu kita sering ditanya oleh guru Tk kita soal cita-cita – entah ingin jadi dokter, pilot, insinyur, dan lain sebagainya.

tips-agar-sukses-dalam-karir

Faktanya, saat ini karier seseorang sangat berpotensial dirintis sejak seseorang memilih jurusan kuliah,” terangnya. gloria menambahkan bahwa bangku kuliah merupakan cikal bakal karier seseorang. “Jika seseorang berhasil dan mampu menyelesaikan kuliahnya sebagai dokter, maka hampir dipastikan dia akan berkarier menjadi dokter karena selama kuliah, seorang calon dokter dilatih dan dikondisikan sebagai dokter,” tambahnya. itu berarti karier merupakan sebuah perjalanan pekerjaan yang dicapai sesuai dengan keahlian dan kompetensi – kecuali anda tiba-tiba menikah dengan anak seorang konglomerat. karenanya, untuk melonjakkan karier, salah satu jalan yang efektif adalah dengan meningkatkan kemampuan mengelola pekerjaan anda yang kemudian anda optimalkan agar posisi anda dalam pekerjaan akan naik dan semakin berkembang. ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam membangun karier, yaitu:

 

Pahami passion Anda.

Baca Juga  Rekomendasi Bisnis Franchise Kuliner Terbaik dengan Modal Minim

Dalami bidang yang menjadi ketertarikan anda. Menurut tulisan deena varshavskaya, pendiri dan Ceo Wanelo Digital Mall, yang dimuat di Majalah Forbes 22 Juli 2014, saat menentukan apa yang menjadi passion anda dalam karier, jangan berorientasi pada uang. “Berorientasi pada pendapatan akan membatasi pilihan anda akan bidang kerja yang anda sukai,” terang Deena. Begitu anda menikmati bidang pekerjaan yang anda senangi maka secara otomatis, karier dan pendapatan yang meningkat akan mengikuti.

 

Tentukan target.

“perlu juga anda perhatikan, dalam membangun karier yang baik anda harus menentukan target yang jelas dan realistis,” terang gloria. Dengan target yang sudah ditentukan, anda akan lebih fokus untuk mencapainya dan menjalani aktivitasaktivitas yang dapat menunjang target tersebut.

 

Motivasi yang kuat.

Tentunya, untuk mengembangkan potensi pada diri anda haruslah ada dorongan tertentu seperti motivasi. Motivasi bisa berupa internal maupun eksternal. Motivasi internal mirip dengan passion atau kehendak kuat untuk melakukan suatu pekerjaan, sedangkan motivasi eksternal dapat berupa dukungan dari pasangan, keinginan untuk membanggakan keluarga, atau bahkan desakan kebutuhan ekonomi.

 

Tips Tingkatkan Karier

anda sudah mempunyai tiga unsur yang dibutuhkan untuk meningkatkan karier? Jika sudah, kami berikan beberapa tips untuk melonjakkan karier anda.

 

1. Memiliki tujuan yang jelas.

Tanpa tujuan yang jelas, anda tidak mempunyai arah kemana akan menjalani pekerjaan anda selama ini. Tanpa target. Tanpa inovasi. semua hanya mengalir begitu saja. “Tentukan dulu apa yang anda inginkan, pekerjaan apa yang ingin anda lakukan, dan apa minat anda? kenali potensi diri anda dan bagaimana cara memanfaatkan potensi itu untuk mengembangkan karier,” terang gloria.

Baca Juga  Inilah Restoran Kelas Atas di Jakarta

 

2. Percaya diri.

kunci utama kesuksesan anda dalam berkarier adalah kepercayaan diri. kepercayaan diri berkaitan dengan aktualisasi diri. anda sudah punya arah dan tujuan karier. kini saatnya mengaktualisasikannya secara nyata. “kepercayaan diri membuat anda berani menampilkan potensi anda. Berpikir positif, berani menerima penugasan baru, dan pantang menyerah dapat membuat anda unggul. orang yang berani mengambil risiko dan pantang menyerah adalah orang yang cukup percaya diri dengan keahlian dan keterampilannya,” ujar gloria.

 

3. Fokus pada pekerjaan yang dijalani.

“orang yang pantang menyerah dalam mengejar apa yang ia inginkan dalam karier akan terus berusaha mencari jalan keluar dan inovasi baru. Walaupun pekerjaan anda saat ini tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan, tetaplah lakukan secara optimal. setidaknya anda tetap bisa berhasil jika anda mampu mengelola dan fokus pada bidang yang anda jalani saat ini,” tambahnya.

 

4. Terbuka terhadap masukan.

Jika anda tidak memiliki mentor, jangan segan-segan untuk mencarinya. seorang mentor dapat menjadi aset yang berharga bagi karier anda. Mereka adalah orang yang selangkah di depan anda dan dapat memberikan banyak masukan pada setiap pekerjaan anda. “Bisa jadi atasan, bos, atau seseorang yang berhasil pada bidang yang sedang anda tekuni sekarang. Mintalah feedback atau beberapa masukan terkait skill, hasil pekerjaan, atau bahkan kritik sekalipun. kritik inilah yang biasanya membantu anda untuk semakin berkembang dan menjadi lebih baik lagi,” ungkap gloria.

Baca Juga  Ketika Depresi Lebih Baik ke Psikolog atau Psikiater ?

 

5. Perluas relasi.

relasi sangatlah penting untuk perkembangan karier anda. semakin banyak anda mengenal orang lain, semakin banyak pula anda mendapatkan informasi dan dukungan dari mereka. “Menjalin dan mengembangkan relasi dengan siapapun dapat memberikan nilai positif untuk anda. Terutama ketika anda bertemu dengan orang baru yang dapat membuka peluang, kesempatan dan wawasan baru,” terang gloria.

 

6. Perdalam pengetahuan dan ketrampilan.

orang yang gagal dalam mengembangkan kariernya ialah mereka yang malas mengelola pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki. skill – baik soft maupun hard skill – tentunya dapat memengaruhi karier anda, terutama interpersonal skill – percaya diri, berpikir positif, dan sebagainya. “Jangan malas untuk mengasah kemampuan anda. pelajari hal-hal baru yang dapat mendukung karier anda. Misalnya anda seorang penulis, tak ada salahnya mempelajari cara me-layout buku atau kemampuan copywriting. itu akan membuat pribadi anda makin ‘kaya’,” urai gloria.

 

7. Berani mengambil tantangan.

bob rose, wakil presiden di orchid underwriters agency llC, mengatakan bahwa dirinya tidak segan-segan memberikan tugas dan tantangan baru bagi karyawannya dan mendorong mereka untuk masuk ke dalam tugas tersebut – bahkan sebelum karyawannya menyetujuinya. “setiap pekerjaan atau proyek baru pasti ada tantangannya dan terkadang membuat saya tidak nyaman. Namun justru ketidaknyamanan pada tantangan baru itulah yang membuat saya semakin berkembang,” tutup Bob.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.