Visa Jerman

Visa Jerman, Cara Pengajuan Visa Jerman dan Jenis Jenisnya

Posted on 25 views

Visa Jerman, Cara Pengajuan Visa dan Jenis Jenisnya – Apa itu visa? Visa adalah sebuah dokumen resmi berisi tanda izin diperbolehkannya seseorang masuk ke suatu negara, yang dikeluarkan oleh negara yang bersangkutan melalui kedutaan dimana negara tersebut memiliki konsulat.

Dengan kata lain, visa sebagai ‘izin berkunjung’ yang diberikan kepada seseorang untuk memasuki wilayah negara yang mensyaratkan adanya izin masuk. Sebagian besar negara di Eropa mewajibkan seseorang memiliki visa jika ingin berkunjung atau tinggal di negara tersebut, salah satunya negara Jerman.

Secara umum pembuatan visa Jerman terbagi menjadi 2 yaitu:

• Visa Jerman Schengen

Bagi kamu yang ingin berkunjung sebentar dengan masa tinggal kurang dari 90 hari. Misalnya untuk wisata, perjalanan bisnis, atau mengunjungi keluarga.

• Visa Jerman Nasional

Bagi kamu yang ingin tinggal lebih lama lebih dari 90 hari. Misalnya untuk kuliah, kerja atau ikut pindah sekeluarga.

Permohonan untuk pembuatan visa bisa dilakukan di kedutaan besar Jerman yang ada di Jakarta.

Visa Jerman

8 Hal Ini Perlu Kamu Persiapkan Untuk Pengajuan Visa Jerman

Syarat – syarat yang harus kamu siapkan untuk membuat visa schengen Jerman diantaranya:

1. Formulir Permohonan Visa Jerman

Formulir permohonan visa  bisa kamu download situs resmi VFS secara online atau kamu bisa juga datang ke kantor VFS yang berlokasi di Kuningan City Mall.

2. Paspor

Paspor merupakan dokumen yang wajib kamu miliki jika kamu ingin bepergian ke luar negeri. Paspor memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Sebaiknya paspor yang kamu miliki masa berlakunya lebih dari 6 bulan dari tanggal kedatangan dan paspor lama.

3. Pas Foto

Untuk membuat visa , kamu harus menyiapkan 2 lembar pas foto terbaru yang berukuran 3,5 x 4,5 cm, yang berlatar putih dengan gaya foto formal. Pastikan telinga kelihatan saat difoto.

4. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan harus kamu miliki saat kamu mengajukan permohonan visa. Syarat ini harus kamu penuhi karena setiap kunjungan ke wilayah Schengen diperlukan asuransi perjalanan. Informasi mengenai asuransi perjalanan bisa kamu lihat di sini https://jakarta.diplo.de/blob/1892148/f72094b5e492f7769a74a96aa4a54519/krankenversicherung-data.pdf.

5. Bukti Keuangan

Bukti keuangan untuk syarat visa yang harus kamu siapkan dengan melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir. Rekening koran ini bisa kamu buat di bank yang bersangkutan kemudian meminta di legalisir.

Bukti keuangan ini digunakan sebagai bukti kondisi keuangan pemohon visa dapat menanggung biaya yang dibutuhkan selama berkunjung ke Jerman.

6. Bukti Reservasi Tiket Pesawat

Syarat visa selanjutnya yaitu kamu harus melampirkan print out reservasi tiket pesawat sebagai bukti bahwa kamu sudah memiliki reservasi tiket pesawat pulang pergi (PP).

7. Bukti Reservasi Penginapan

Bukti reservasi penginapan juga harus kamu miliki untuk mengajukan permohonan visa. Kamu bisa menyerahkan bukti booking hotel atau penginapan yang akan kamu tempati selama di Jerman.

Namun, jika kamu memiliki saudara di Jerman dan akan menginap di sana selama kunjungan di Jerman, kamu perlu melampirkan bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal, surat keterangan asli dari walikota setempat, alamat lengkap tempat tinggal di sana, serta surat pernyataan berapa lama kamu tinggal di sana.

8. Surat Keterangan Kerja

Syarat lain untuk mengajukan permohonan visa yaitu kamu harus melampirkan surat keterangan kerja. Surat keterangan kerja ini menjadi jaminan bahwa kamu memiliki pekerjaan di Indonesia dan akan kembali ke Indonesia sesuai waktu yang ditentukan.

Jika dokumen yang kamu persiapkan lengkap dan tujuan perjalanan kamu jelas, Kedubes Jerman tidak akan mempersulit kamu mendapatkan visa.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Visa jerman
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
visa jerman
Price
USD 5
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.