8 Tips Hidup Sehat dengan Mengatur Pola Makan

  • Whatsapp

8 Tips Hidup Sehat dengan Mengatur Pola Makan – Jadi sehat ternyata tidak butuh dokter, suplemen atau obat-obatan mahal. Cukup atur gaya hidup dan pola makan Anda, maka sehat jadi buahnya. Nah, serangkaian saran ini tampaknya wajib Anda ikuti kalau mau sehat dengan mudah.

seKat PiRinG

Mari kita sekat piring makan kita dengan garis-garis imajinasi. Bayangkan piring terbagi dalam dua bagian. Bagian yang satu bagi dua kembali. Sekarang Anda mendapat tiga tempat yang harus diisi. Orang bijak akan mengisi bagian terbesar dengan sayur atau olahan sayur. Ingat pilih sayuran yang tidak bertepung (hindari jagung dan kentang). Dua bagian sisanya boleh diisi protein tanpa lemak seperti ikan dan sayuran atau tumbuhan bertepung. Kentang, misalnya. Atau havermut. Kalau cara makan seperti ini setiap hari, Anda pasti mendulang kesehatan prima.

PoRsi KeCiL

Di antara waktu makan, paling tepat tentu menyantap buah-buahan yang tidak manis dan berair banyak. Namun seringkali kita tetap kepingin menyantap sesuatu yang berbeda. Nah, pilih snack berkalori rendah yang tidak lebih dari 100 kalori. Jangan lupa, pilih kemasan kecil. Nori panggang pilihan tepat. Kandungan gizinya baik, rendah kalori, dan nikmat pula.

Baca Juga  Sering Bekerja Malam Hari ? Kenali Resiko Kesehatan Bekerja Malam Hari

BaGi-BaGi MaKanan

Jangan takut makan kembali bila sudah lapar. Tahukah Anda orang yang makan 5-6 porsi setiap hari dalam porsi kecil jauh lebih langsing ketimbang yang makan 3 kali dalam porsi besar? Karena itu bagi porsi makan kebutuhan sehari dalam jumlah kecil-kecil. Bila lapar, ambil porsi berikutnya. Jangan biasakan menahan lapar sampai berlebihan. Selain tak baik untuk alat cerna kita, efek psikologisnya pun dahsyat. Begitu lepas, kita cenderung makan tak terkendali.

aMBiL DaRi DaPUR

Sejak kecil, Anda pasti belajar menata meja makan dengan baik. Hidangan yang sedikit berwarna, pinggan cantik putih yang menarik, dan setumpuk hidangan lezat. Mengapa kita diajarkan begitu oleh orang tua kita? Tak lain agar nafsu makan suami dan anak-anak meningkat. Nah, bagi kita yang harus berdiet, tinggalkan dulu penataan nan indah ini. Isi piring Anda bukan dari meja makan, tetapi langsung dari dapur. Sajian yang menggunung di dalam pinggan, selalu membuat kita ingin menyendokkannya ke dalam piring.

Baca Juga  RAHASIA !!! Cara Mengetahui Kepribadian Orang dari Matanya

PiRinG Dan ManGKUK saMa

Gunakan piring dan mangkuk yang sama setiap kali makan. Ini sangat berguna untuk menakar jumlah asupan makan kita hingga tidak berlebihan. Ingat ukuran/volume piring dan mangkuk sangat penting. Gunakan yang berukuran kecil sehingga hanya bisa memuat sedikit makanan, tetapi di mata kita terlihat bagaikan penuh. Alangkah baiknya bila memiliki peralatan makan yang cantik sehingga makan dalam jumlah kecil tidak terasa menekan hidup kita.

hinDaRi MeLihat

Pernah mendengar istilah lapar mata? Efek melihat memang besar terhadap saraf perintah di dalam otak kita. Begitu melihat kudapan nikmat, segera saja otak kita mengirim perintah ke perut dan kita segera merasa lapar. Nah, tutup mata terhadap gambar, apalagi makanan nyatanya, selama Anda berdiet. Kalau terlalu sulit, setidaknya canangkan janji untuk tidak menyentuh kudapan berkalori kesukaan Anda selama 1-2 minggu. Setelah tidak menyantapnya dalam waktu 2 minggu, percayalah Anda akan lebih mudah menghindarinya, bukan malah mencarinya.

Baca Juga  Album Terbaru dari Britney Spears

vaRiasiKan hiDanGan

Kepingin makan burger atau pizza? Boleh, kok. Tetapi saat menyantapnya, hapus jadwal makan nasi Anda. Pilih burger atau pizza yang tipis. Paling tidak, hilangkan penutup roti burger Anda. Nah, ini perhatikan isinya. Bagaimana bila Anda menumpuk sayuran segar di atas pizza atau burger Anda. Sertakan satu atau dua helai tipis ayam panggang. Buah segar berwarna pasti membuat hidangan tersebut makin menarik dan memuaskan selera makan Anda. siaPKan BUah BeRWaRna Stroberi, kiwi, atau , dan apel jika disajikan dalam satu piring, terlihat cantik bukan? Nah, sajikan sesering mungkin. Baik juga disantap sebelum menyantap nasi untuk mengurangi porsi nasi Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.