Cara Agar Badan Berotot Alami dan Six Pack

 Kesehatan dan Gaya Hidup



[Total: 0    Average: 0/5]

Cara Agar Badan Berotot Alami dan Six Pack

Sekali lagi, kami ingatkan bahwa program memahat otot tak bisa dilepaskan dari tujuan anda. Tujuan itu antara lain adalah meningkatkan massa otot agar tubuh terlihat lebih kekar, mempertahankan massa otot, dan meningkatkan kekuatan otot agar daya eksplosif bertambah. Sudah menentukan tujuan latihan? Tahap selanjutnya adalah menentukan jumlah set, repetisi, tempo, dan waktu istirahat yang disesuaikan dengan tujuan pembentukan otot anda. Berikut kami berikan pedomannya.

cara-agar-badan-berotot-alami-dan-six-pack



  • ¦ Set

Jumlah set yang anda lakukan dalam sebuah latihan tergantung pada tujuan latihan anda. Jika tujuan anda ialah untuk meningkatkan kekuatan otot, maka jumlah set berkisar 3 – 5. Untuk meningkatkan massa otot, maka jumlah set berkisar 4 – 6. Untuk mempertahankan massa otot dan menurunkan berat badan, jumlah set yang dianjurkan ialah 3 – 4.

Baca Juga  Penyakit Arteri Koroner Adalah

 

  • ¦ RepetiSi

Untuk meningkatkan kekuatan otot, repetisi yang anda lakukan adalah 6 – 8 kali. Untuk meningkatkan massa otot, maka repetisinya akan lebih tinggi, yaitu 8 – 12 kali. kemudian, untuk mempertahankan massa otot, maka repetisinya sebanyak 15 – 20 kali.

 

¦ tempo

kecepatan mengangkat dan menurunkan beban juga sangat memengaruhi hasil latihan anda. Untuk membangun massa otot, maka tempo gerakan mengangkat dan menurunkan beban ialah 2 – 4 detik mengangkat – 1 detik menahan – dan 2 hingga 4 detik menurunkan beban. Jika anda ingin membangun kekuatan otot, maka temponya lebih sederhana, yaitu 1 detik mengangkat, 1 detik menahan, dan 1 detik menurunkan beban. atau, bisa juga menggunakan pola: 2 detik mengangkat – 1 detik menahan – 4 detik menurunkan. Untuk mempertahankan otot (muscle toning), tidak ada jeda untuk menahan beban. Temponya menjadi 1 detik mengangkat, lalu langsung menurunkannya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, jangan melakukan tempo secara monoton. Ubah tempo setiap beberapa minggu sekali. Cara ini berfungsi untuk menstimulasi perkembangan dan pertumbuhan serat otot baru.

Baca Juga  Tempat Wisata di Pulau Sumbawa

 

¦ iStiRahat

Lama waktu istirahat juga ikut menentukan hasil latihan anda. Waktu istirahat antar set biasanya ialah 30 – 60 detik untuk berbagai tujuan. Tapi, agar lebih spesifik, sesuaikan waktu istirahat sesuai tujuan pembentukan otot. Untuk membakar lemak, anda hanya boleh beristirahat kurang dari 30 detik antar set. Untuk mempertahankan massa otot (muscle toning), maka waktu istirahatnya adalah 30 – 45 detik. Untuk menambah massa otot, waktu istirahatnya kurang dari satu menit. khusus untuk meningkatkan massa otot, kekuatan atau tenaga, istirahat 60 detik atau bisa juga hingga 90 detik agar ada waktu buat sel otot mengisi energi kembali. Jika menggunakan berat badan sendiri (bodyweight), semakin berat berat badan anda, semakin sedikit repetisi yang dilakukan (6 – 8 kali), maka waktu istirahat antar set lebih lama (hingga 90 detik)

Baca Juga  Inilah Khasiat dan Kandungan Temulawak Menurut Para Ahli

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

Halo Gan. Selamat Datang di Teknorus.com . Btw Kenalin Nama Ane danang, udah lama sih jadi admin di teknorus. cuman postingnya masih banyakan admin alfi. Hehe. Hobi : Menulis, fotografi dan umm.....

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.