Macam Macam Olahraga Musim Dingin

  • Whatsapp

Macam Macam Olahraga Musim Dingin

 

1. Selancar indah

Pada tahun 1850, Edward Bushnell asal Philadelphia, Amerika Serikat memperkenalkan sepatu selancar es dari besi. Sepatu ini membuat penggunanya untuk melakukan gerakan-gerakan kompleks dan bermanuver. Kemudian Jackson Haines asal AS yang berada di Vienna, Austria menambahkan elemen dansa dan balet dalam olahraga ini. Olahraga selancar indah mulai dipertandingkan di Olimpiade sejak Olimpiade Musim Dingin 1908, London. Ada tunggal putra, tunggal putri, ganda campuran, dan dansa es. Setiap atlet harus menunjukkan keindahan dan teknik melalui berbagai gerakan yang dinilai oleh juri melalui sistem Code of Points (Cop) yang dibuat oleh ISU.

2. Selancar cepat trayek pendek

Sejak 1676 Belanda telah menyelenggarakan kompetisi selancar es, tetapi pertandingan resmi baru dilaksanakan pada 1863 di Oslo, Norwegia. Pada 1889 Belanda membuat kejuaraan dunia yang mempertemukan Rusia, AS, dan Inggris. Selancar cepat muncul pertama kali di Olimpiade Musim Dingin Chamonix 1924 dengan aturan dua peselancar beradu kecepatan. Selanjutnya AS dan Kanada membuat aturan baru untuk balap selancar es beramai-ramai yang terdiri dari 4 hingga 6 orang sekaligus. Pada 1992 aturan baru itu diresmikan di Olimpiade dengan nama short track speed skating atau selancar cepat trayek pendek.

Baca Juga  Demam Berdarah Dengue Adalah

3. Hoki es

Olahraga ini berasal dari Kanada pada awal abad ke-19. Menggunakan bola puck dengan bahan karet pada 1860. Hoki sendiri berasal dari kata Prancis, hocquet atau tongkat. Aturan permainan baru terdefi nisi secara jelas setelah dirumuskan oleh Robertson dan Smith asal Universitas McGill, Kanada pada 1879. Pada 1908 The International Ice Hockey Federation (IIHF) berdiri dan hoki es mulai dipertandingkan di Olimpiade Musim Dingin Chamonix 1924. Hingga kini aturannya sama, setiap tim yang berisi lima pemain dan satu penjaga gawang mencoba mencetak skor dengan menggiring serta menembak puck ke gawang lawan.

 

Seminggu Lima Kali Latihan

Dwiki dan para atlet lain yang turun di Asian Winter Games 2017 mempersiapkan diri secara khusus. Mereka berlatih di dalam dan di luar negeri, misalnya ke Thailand pada 27 November 2016. Mereka berlatih lima hari dalam seminggu. Baik di atas es maupun di luar es. Latihan dimulai pukul 08.30 dengan latihan pliometrik, beban tubuh, dan peregangan. Kemudian pada pukul 10.00 sebentar kemudian masuk ke lapangan es. Biasanya latihan di atas es dilakukan pada pagi dan siang karena sore hari lapangan es sudah ramai pengunjung. Setelah itu Dwiki mengaku melanjutkan latihan ke pusat kebugaran. Dan, porsi latihan di luar lapangan es lebih banyak Pelatihnya tidak hanya satu. Ada empat pelatih untuk cabang selancar indah dengan spesialisasinya masing-masing. Terdiri dari tiga pelatih di atas es untuk berbagai gerakan seperti melompat dan memutar, serta satu di luar es untuk melatih fi sik. Sedangkan Dwiki sendiri memiliki pelatih pribadi di pusat kebugaran sehingga total pelatihnya ada lima.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.